Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Lidah Buaya Nyatanya Bermanfaat untuk Segala Penyakit, Kecantikan dan Rambut

Keunggulan Tanaman Lidah Buaya Lain Daripada yang Lain Khususnya untuk Penyembuhan Penyakit dan Perawatan Kulit

Industri farmasi herbal sekarang sudah merambah ke berbagai pelosok dalam negeri, padahal herbal berasal dari alam yang dekat dengan pelosok-pelosok daerah. Faktanya belum banyak yang merasakan khasiat dari produk herbal itu sendiri seperti contoh lidah buaya nyatanya bermanfaat untuk segala penyakit, kecantikan dan rambut.

Memang nenek moyang bangsa kita sudah mengetahui lebih awal akan khasiat dari lidah buaya, tapi masih belum banyak generasi penerus seperti halnya kita yang kurang paham akan pentingnya khasiat tanaman tersebut.

Luar negeri seperti yang paling terkenal pengobatan Tiongkok mengolah tanaman lidah buaya dan membudidayakan agar bisa dijadikan sumber industri herbal ternama. Belum lagi, di negara tersebut, banyak sekali industri-industri herbal yang sudah mendunia.

Lalu bagaimana dengan masyarakat kita?, bukankan alam sudah menyediakan apa yang mesti dimanfaatkan dan dinikmati seluruh orang? Ya, patut untuk senantiasa disyukuri dan bisa dirasakan semua keterdiaan alam di muka bumi khususnya di nusantara.

Habitat asli tanaman lidah buaya tersebar luas hampir banyak di benua Asia, khususnya di Indonesia penanaman dan budidaya tanaman lidah buaya sudah banyak diolah menjadi produk-produk perawatan kesehatan dan kecantikan.

Khasiat lidah buaya ternyata memang diyakini berdasarkan sejarah yang menyebutkan mampu menyembuhkan berbagai jenis penyakit kulit dan efektif untuk keluhan kesehatan lainnya.

Perkembangan yang senantiasa terus berlanjut memberikan keunggulan tersendiri bagi tanaman lidah buaya yang diyakini secara tradisional turun temurun orang Indonesia bisa menangani beberapa kondisi kesehatan terutama masalah penyakit kulit.

Bagian-bagian tanaman lidah buaya yang secara umum dimanfaatkan sebagai bahan pengobatan antara lain yaitu gel dan lateks. Gel ini di dapat pada sel-sel yang berada di bagian tengah kulit lidah buaya, sedangkan lateks didapat dari sel-sel yang tepat berada di bawah lapisan kulit lidah buaya.

Lidah buaya dimanfaatkan sebagai obat, gel lidah buaya yang memiliki warna bening seperti jeli yang digunakan sebagai kandungan utama salep, losion, krim dan semacamnya. Sedangkan lateks sendiri biasanya diolah untuk membuat zat-zat kering seperti suplemen dan bahan serbuk obat lainnya.

Tanaman lidah buaya pun sering dimanfaatkan sejumlah kalangan masyarakat sebagai bentuk yang masih utuh dalam arti tidak diolah sama sekali contoh digunakan untuk merawat kesehatan rambut dan kulit. Banyak orang yang mempercayai kalau lidah buaya bisa menjadikan rambut lebih indah dan kulit menjadi lebih halus.

Khasiat lidah buaya lainnya terutama agar dapat membantu mengobati secara alami keluhan penyakit asma, sakit maag, sembelit, diabetes dan efek penyembuhan keluhan penyakit akibat proses penuaan seseorang.

Fakta Ilmiah Tentang Kandungan Tanaman Lidah Buaya

Tanaman lidah buaya yang memang dari segi namanya mirip dengan lidah buaya tetapi bukan termasuk, karena ini adalah tanaman. Tumbuhan yang salah satu kerabat dari kaktus ini, memiliki nama botani Aloe Barbadensis Miller.

Asal geografis tanaman lidah buaya seperti dikatakan sebelumnya berasal dari Asia, tapi sudah menyebar ke wilayah Mediterania dan sebagian besar termasuk Amerika, Afrika, Eropa dan Australia.

Diyakini jika lidah buaya salah satu tanaman paling aktif secara biologis yang mempunyai lebih dari 76 komposisi yang berpotensi sebagai bahan obat dan diantaranya dari mulai kandungan vitamin, mineral, sakarida, asam amino, antrakuinon, enzim, lignin, saponin dan asam salisilat.

Lidah buaya pun menyediakan lebih dari 22 asam amino yang diperlukan dalam kebutuhan harian asam amino essensial. Banyak sekali vitamin dan mineral penting lidah buaya untuk pertumbuhan dan fungsi yang baik dari semua sistem tubuh manusia.

Berikut penjelasan tentang adanya fakta nutrisi yang sangat baik dari lidah buaya untuk kesehatan :

  • Kandungan lidah buaya adanya unsur vitamin, antioksidan kuat, vitamin A, C dan E juga adanya vitamin B12, asam folat dan kolin.
  • Beberapa enzim diantaranya ada 8 enzim yang berperan aktif, termasuk enzim aliiase, alkalin fosfatase, amilase, bradikinase, carboxypeptidae, katalase, selulase, lipase dan peroksidase.
  • Unsur kandungan mineral didalamnya seperti kalsium, tembaga, selenium, kromium, mangan, magnesium, kalium, natrium, dan seng dalam lidah buaya,
  • Menyediakan 12 anthraquinones atau senyawa yang dikenal dalam laktasif. Diantaranya berupa Aolin, emodin yang bertindak untuk analgesik, antibakteri dan antivirus.
  • 4 asam lemak terdapat pada lidah buaya termasuk kolesterol, caempesterol, beta sitosterol dan lupeol semuanya memberikan hasil yang bersifat anti peradangan yang baik.
  • Adanya hormon yang dikenal dengan sebutan Auxin dan giberelin terdapat pada lidah buaya membantu proses penyembuhan luka dan bersifat anti inflamasi.
  • Kandungan gula alami yang aman seperti monosakarida (glukosa dan fruktosa) dan polisakarida.

“Terbukti Nyata Tentang Fakta Ilmiah dan Alamiah Dari Tanaman Lidah Buaya untuk Kesehatan”

Manfaat kesehatan tanaman lidah buaya untuk perlu anda ketahui lebih lanjut diantaranya :

  • Hidrasi tubuh

Tanaman lidah buaya bisa bermanfaat karena sejumlah kandungan air yang cukup dalam mencegah dehidrasi. Tubuh yang terhidrasi dengan baik dapat membantu proses detoksifikasi dan produksi urine.

Dalam memulihkan kondisi kesehatan seseorang dari dehidrasi apa salahnya untuk mencoba jus lidah buaya yang mampu membersihkan asam laktat yang menumpuk pasca berolahraga.

  • Alkalisasi tubuh

Tanaman lidah buaya merupakan bagian dari salah satu makanan atau sumber nutrisi yang bersifat alkali. Konsumsi secara teratur lidah buaya membantu alkalisasi tubuh dan menyeimbangkan keasaman dalam tubuh.

Kondisi tubuh yang asam berlebihan dapat memicu berbagai sumber penyakit berdasarkan hasil kajian ilmiah para ahli.

  • Jus lidah buaya ternyata bisa membantu mengatasi sembelit.

Lidah buaya membantu mengurangi efek konstipasi berlebihan dengan membantu meningkatkan kadar air dalam usus, dan meningkatkan peristaliasis di usus manusia.

Nutrisi yang terdapat pada tanaman lidah buaya pun membantu menormalkan bakteri sehat dalam usus, dan menjaga flora normal usus tetap seimbang dan sehat.

  • Tanaman lidah buaya sangat membantu untuk mengatasi penyakit kulit dan menjadikan kulit sehat

Sumber makanan yang terkandungan sifat antioksidan yang cukup kuat ternyata ada pada tanaman lidah buaya. Sumber antioksidan yang cukup ini membantu dalam memberikan perlindungan bagi kesehatan kulit. Senyawa-senyawa penting dalam lidah buaya terlah terbukti dalam menetralisir efek radiasi UV, memperbaiki kesehatan kulit, mencegah garis-garis halus dan kerutan di wajah.

Kandungan alami menyehatkan dari tanaman lidah buaya dipercaya mampu membantu dalam mengurangi frekuensi munculnya jerawat, serta membantu mengatasi penyakit kulit seperi psoriasis dan dermatitis.

  • Lidah buaya bisa mencukupi kebutuhan gizi harian

Jus lidah buaya kaya akan kandungan nutrisi yang menyehatkan badan, dan meminumnya sekali pun sangat baik dan tepat dalam mencegah masalah kurang gizi seperti kekurangan vitamin B, C, E dan asam folat. Jus ini juga mengandung unsur kalsium, kronium, sodium, selenium, magnesium, potasium dan mangan. Bagi yang Vegetarian jus lidah buaya ternyata sangat efektif sekali sebab adanya unsur vitamin B12.

  • Membantu untuk mengatasi nyeri ulu hati dan asam lambung

mengkonsumsi jus lidah buaya diyakini bisa membantu dalam mengurangi intensitas rasa nyeri ulu hati. Senyawa yang ada pada lidah buaya bermanfaat mengendalikan kadar asam lambung dan memerangi ulkus lambung.

  • Lidah buaya bisa melancarkan sistem pencernaan makanan

Terdapat banyak enzim alami yang mampu membantu proses pemecahan gula dan lemak dalam tubuh. Jus segar kaya manfaat lidah buaya bisa mengatasi iritasi pada lambung dan penderita kolitis ulseratif.

Sudah dijelaskan seblumnya diatas tentang berbagai kegunaan dan unsur nutrisi yang terdapat pada tanaman lidah buaya.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.