Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Kumpulan Khasiat Daun Jarak Untuk Penyembuhan Segala Jenis Penyakit

Kumpulan Khasiat Daun Jarak Untuk Penyembuhan Segala Jenis Penyakit – Jika sudah banyak yang mengetahui khasiat dari tanaman pohon jarak termasuk bagian-bagian tanaman tersebut, maka tentu orang akan menanam tanaman herbal yang satu ini.

Tahukah Sebenarnya Tanaman Herbal Jarak Memiliki Efek Racun Pada Manusia Jika Diracik Secara Tidak benar ? Lalu bagaimana cara mensiasatinya ? Berikut ulasan tentang manfaat tanaman jarak.

Kandungan Pohon Jarak

  1. Daun jarak adanya senyawa kaemfesterol, sitosterol, stigmasterol, amirin dan teraksrol.
  2. Getah tanaman jarak pagar mengandung flavonoid dan saponin serta kandungan jatrophie yang bersifat antijamur.
  3. Pada bagian biji tanaman jarak pagar ada kandungan beta glukanase yang memiliki aktivitas sebagai antifungi, tetapi bisa juga sebagai obat untuk kanker
  4. Ampas dari biji jarak yang sudah diperas minyaknya mengandung nitrogen, fosfat dan kalium
  5. Kulit batang jarak pagar mengandung tanin, malam, resin dan saponin.

Bila dilihat dari urutan nomor diatas bahwa dinyatakan jenis tanaman jarak pagar umumnya digunakan sebagai bahan untuk obat tradisional sebab ada banyak sekali tumbuhan jarak tumbuh di semua wilayah.

Ya, siapa sangka tanaman ini sudah dari semenjak dahulu sampai sekarang sering dijadikan bahan tradisional ramuan asli nusantara. Banyak orang yang paham dengan bahan-bahan pembuatan ramuan mereka mencoba berburu tanaman langka yang satu ini.

Tanaman jarak dengan nama botani (Ricinus Communis) merupakan tumbuhan liar setahun (annual) dan biasa terdapat di hutan, tanah kosong, di daerah pantai, akan tetapi sering dikembangbiakan diperkebunan.

Bagaimana tidak kalau tanaman tersebut ternyata menyimpan khasiat luar biasa terutama dari bagian daun tanaman biji tanaman batang tanaman hingga akarnya berguna sekali.

Ilmuan telah menemukan satu diantara jenis pengobatan alami sudah dari dulu dipakai oleh nenek moyang terutama bangsa Asia dan orang di seluruh dunia.

Sudah terkenal sampai kemana-kemana akan khasiat tanaman jarak dan biasanya orang lebih cenderung mengolah minyak jarak ketimbang daun jarak. Minyak jarak adalah hasil ekstraksi minyak dari biji pohon jarak yang kegunaannya sama juga sebagai pengobatan alami.

Tumbuh pohon bisa mencapai 7-9 meter berdiameter rata rata 10-40 cm. Tanaman jarak masih tergolong Euphorbiaceae dari golongan genus ricinus, subtribe ricininae.

Sebutan untuk pohon jarak di Indonesia berbeda-beda di setiap daerah. Di jawa barat misalnya dikenal sebagai kaliki, di Sumatera, tanaman jarak dikenal dengan nama Dulang ada juga menyebutnya dengan sebutan Gloah. Di Madura, jarak disebut sebagai kaleke.

Supaya tidak keliru untuk memahami manfaat dan khasiat daun jarak, berikut disajikan rincian penjelasan mengenai beberapa kegunaan daun jarak untuk proses pembuatan ramuan diantaranya sebagai berikut :

1. Daun jarak sangat mujarab untuk mengobati luka luar seperti sayatan lecet dan luka gores

Pernahkan terpikirkan oleh anda jika mengalami luka akibat cedera, jatuh memar terbentur dan sebagainya? Lalu anda membutuhkan sebuah obat luka yang sangat paten?

Tenang, tidak mesti membeli bentuk perawatan obat luka yang serba mahal, cukup dengan daun jarak luka cepat mengering dan membaik.

Luka yang dibiarkan tanpa adanya perawatan salep dan krim itu akan memicu borok yang semakin susah untuk cepat sembuh apalagi luka yang terjadi sangat parah.

Daun jarak selalu siap sedia untuk pertolongan pertama jika terjadi luka akibat cedera, kecelakaan tergores dan semacamnya. Menjadikan luka lebih mudah kering yang aman sehingga tidak memicu infeksi sama sekali.

Cara perawatan luka dengan daun jarak sangat mudah dilakukan cukup mengambil beberapa helai daun jarak lalu dicuci hingga bersih dan menumbuknya hingga mengeluarkan getah, nah getah daun tumbukan jarak kemudian ditempelkan hingga beberapa saat sampai luka cepat kering.

2. Mampu mengobati penyakit rematik

Diantara jenis keluhan kesehatan yang ramai untuk zaman sekarang banyak dialami adalah penyakit rematik. Penyakit rematik itu banyak jenisnya tetapi paling lazim biasanya rematik di persendian tangan dan kaki.

Kalangan lanjut usia mendominasi jenis keluhan semacam ini, karena selain faktor penurunan sistem daya tahan tubuh juga akibat faktor lainnya yang mempengaruhi. Biasanya penyakit rematik diakibatkan adanya faktor kurang beraktivitas secara fisik atau sangat jarang berolahraga sama sekali.

Usaha untuk membantu dalam mengobati penyakit ini agar sembuh diantaranya dengan jalan penggunaan daun jarak. Orang yang sudah paham cara meracik daun jarak tentu akan dicampurkan dengan bahan-bahan atau daun-daun racikan ramuan untuk nantinya diseduh.

3. Daun jarak ternyata bisa melancarkan buang air besar

Bagi yang merasakan sembelit, susah sekali mengeluarkan feses alias tinja keras, jangan sempat-sempat mengejan terlalu berlebihan. Sebab mengejan berlebihan akan memicu iritasi di bagian lubang anus.

Ada solusi praktis dan alami mesti di coba di rumah dalam upaya melancarkan sembelit diantaranya menggunakan daun jarak. Memang rasa daun jarak sungguh begitu pahit melebihi pahitnya daun lain, tetapi ramuan tradisional tentu tidak akan mengecewakan bagi yang sudah terbiasa konsumsi racikan ramuan daun jarak.

4. Khasiat daun jarak bisa mengobati penyakit kulit

Nah, seperti yang sudah dijelaskan pada poin nomor 1 daun jarak atau pun minyak jarak yang dioleskan bisa mengatasi penyakit kulit dari yang sudah parah hingga biasa-biasa saja. Rasa gatal, panu, kudis, kurap, eksim dan lain-lain bisa disembuhkan hanya dengan memanfaatkan daun jarak.

5. Mengobati peradangan di luar dan dalam tubuh

Peradangan secara umum terjadi bukan hanya di persendian saja, peradangan bisa timbul akibat dari sakit gigi kemudian memicu peradangan serius.

Jadi anda bisa memanfaatkan sederhana saja melalui pemakaian ramuan daun jarak untuk meredakan dan menghilangkan rasa sakit atau nyeri akibat peradangan di gigi.

Semua orang tidak ingin mengalami sakit gigi, itu sebabnya banyak orang lebih diam daripada mencegah sakit gigi saking luar biasanya sakit gigi itu.

6. Daun jarak ampuh mengatasi demam

Bukan soal obat minum sirup pereda demam yang tersedia bebas dijual di pasaran, tapi amat penting agar berhati-hati dalam mengonsumsi obat demam terutama bagi si kecil.

Kondisi demam sangat sering terjadi pada anak-anak ketimbang dewasa, tapi tidak menutup kemungkinan jika demam itu bisa saja terjadi pada orang dewasa.

Kandungan obat alami dalam daun jarak bisa membantu menurunkan suhu panas tubuh secara alami tanpa bahan-bahan apapun cukup dengan memberikan seduhan minuman dari daun jarak dan tunggu reaksi sembuh secepatnya.

Dan tidak lain disebabkan kandungan yang terdapat pada daun jarak memberikan khasiat pengobatan alami yang mampu menyembuhkan beberapa jenis penyakit.

Terdapat berbagai macam cara dalam mengolah daun jarak agar bisa menjadi obat alias ramuan herbal yang terbukti manjur bagi semua jenis penyakit.

Pada umumnya daun jarak diolah atau diracik melalui cara pengukusan dibuat lalapan bersama sayuran lainnya untuk sarapan. Bisa pula di tumbuk dihaluskan untuk penyembuhan luka pada bagian luar tubuh seperti di bagian permukaan kulit.

Kumpulan Khasiat Daun Jarak Untuk Penyembuhan Segala Jenis Penyakit

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.