Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Khasiat Semanggi Merah untuk Kesehatan Menopause Tulang & Jantung

Khasiat Semanggi Merah untuk Kesehatan Menopause Tulang & Jantung – Sangat disayangkan kalau gulma tumbuhan yang satu ini dibiarkan bebas tumbuh di ladang atau persawahan.

Banyak sekarang ini sudah mengenal akan khasiat dari tumbuhan semanggi terutama baik untuk kesehatan wanita dan kesehatan lainnya.

Tanaman semanggi itu ada banyak jenisnya dan paling banyak diambil manfaat adalah daun semanggi yang orang membuatnya sebagai ramuan tradisional. Daun semanggi itu sejenis tumbuhan paku air dari marga Marsilea.

Di Indonesia semanggi sekarang sudah sangat langka tapi mungkin masih bisa dicari di daerah pelosok dalam negeri terutama di kampung-kampung yang masih terdapat ladang dan sawah.

Sesuai dengan judul kalau tumbuhan semanggi itu berkhasiat dalam arti sangat bermanfaat untuk pengobatan tradisional.

Daun semanggi saja dapat mengobati berbagai penyakit diantaranya pengecilan organ hati, sakit amandel, infeksi saluran kencing, melancarkan buang air kecil, batuk dan sesak napas hingga sariawan.

Sebenarnya untuk tanaman obat itu sudah ada pemanfaatannya dari dulu untuk keperluan bahan pengobatan tradisional. Orang zaman dulu, sebelum mengenal obat generik mereka serta merta membuat racikan ramuan dari bahan dasar tanaman.

Sekarang ini sudah banyak yang mengenal akan khasiat dari tanaman semanggi mulai dari daun, akar, batang sampai bagian bunga berkhasiat untuk obat.

Kendati pun semanggi termasuk dianggap gulma oleh masyarakat namun faktanya di negara asing terutama negeri Cina mereka banyak yang membudidayakan tanaman yang satu ini sebagai tanaman hias atau bahan obat.

Nah, pada topik kali ini salah satu dari sekian jenis tanaman semanggi ada varietas semanggi yang dikhususkan terutama jenis tanaman gulma semanggi merah.

Sama seperti tanaman semanggi pada umumnya, semanggi merah juga sangat bermanfaat di dalam bidang pengobatan alami salah satunya baik dalam mengurangi gejala menopause wanita, kesehatan tulang dan jantung.

Khasiat Tumbuhan Semanggi Merah yang Bisa Diketahui Mampu Mencegah Kanker

Tumbuhan semanggi merah berasal dari Eropa, Asia Utara dan Afrika semanggi merah tersebar luas di seluruh Amerika Serikat.

Sebagai tanaman pakan semanggi merah dibudidayakan untuk binatang, dan tanaman yang berfungsi untuk kesuburan tanah bagi tanaman lain.

Semanggi merah sebagai ramuan kuno yang sudah ada sejak lama, jenis semanggi merah ini diperkenalkan bukan kali pertama di era serba modern ini. Ternyata khasiat tanaman semanggi merah berkhasiat untuk semua pengobatan kanker.

Para peneliti dari National Cancer Institute memang memperoleh sifat anti tumor di dalam semanggi merah. Manfaat semanggi merah yang luar biasa ini berasal dari genistein biokimia tanaman yang mampu untuk mencegah pertumbuhan tumor.

Genistein merupakan biokimia yang dianggap menguntungkan dan terdapat kandungan antioksidan isoflavon estrogenik yang bermanfaat untuk pengobatan.

Selain isoflavon, semanggi merah mengandung golongan senyawa antikanker fitoestrogen lain yang disebut coumestans terutama dalam bentuk biochanin.

Isoflavon sebagai kaitannya dengan efek alami pada penghentian sel-sel kanker dan membasmi perkembangbiakan sel kanker.

Jenis jenis kanker yang paling mungkin bisa disembuhkan dengan perantara alami tanaman semanggi merah yaitu kanker prostat, kanker payudara dan kanker endometrium.

Semanggi merah berkhasiat untuk mengurangi gejala menopause

Bukan hanya dianggap sebagai ramuan penunjang pengobatan kanker alami yang efektif, semanggi merah telah mendapatkan penelitian dalam bidang medis yang terkait dalam estrogen hormon manusia.

Isoflavon yang didalam semanggi merah sudah terbukti memproduksi efek seperti estrogen dalam tubuh. Khasiat semanggi merah umumnya dimanfaatkan untuk membantu mengurangi gejala menopause atau perimenopause.

Gejala menopause dialami dengan rasa panas yang sangat dengan berkeringat dan detak jantung begitu cepat yang berlansung sekitar 2 sampai 30 menit setiap terjadi serta kesehatan payudara.

Banyak manfaat dari semanggi merah terutama mengurangi risiko osteoporosis yang berkembang pada wanita dikemudian hari. Isoflavon sebagai antioksidan yang diperoleh dari semanggi merah sudah dihubungkan dengan peningkatan kolesterol HDL “baik” pada wanita pra dan pasca menopause.

Ramuan tersebut bisa didapat dalam berbagai bentuk termasuk daun kering, kapsul dan bentuk tincture atau ekstrak sebagai pengobatan topikal (pengobatan luar).

Isoflavon dan genistein, semanggi merah pun mengandung kalsium, kromium, magnesium, niasin, fosfor, kalium, tiamin dan kandungan vitamin C.

Secara historis tanaman semanggi merah ini difungsikan untuk mengobati batuk rejan dan tenggorokan sakit, bronkhitis dan membantu mengobati masalah kesehatan kulit.

Pemakaian semanggi merah sebagai obat herbal sudah diaplikasikan dalam berbagai perawatan dari mulai internal (di konsumsi langsung) atau secara topikal obat luar.

Cara perawatan topikal untuk tumbuhan semanggi merah biasanya efektif membantu menghilangkan penyakit kulit eksim dan psoriasis hingga luka atau kanker kulit.

Sifat penghilang rasa sakit dari semanggi merah kemungkinan karena kehadiran senyawa anti inflamasi eugenol, myricetin dan asam salisilat dalam bunga. Asam salisilat biasanya digunakan dalam bidang medis sebagai obat eksim kulit.

Semanggi merah sudah lama dimanfaatkan sebagai pembersih darah khusus untuk pengobatan potensial kanker.

Bunga merupakan bahan unggulan dalam formula herbal semanggi merah karena sifat obat anti kanker. Selain itu bunga semanggi merah, terdiri dari senyawa biochanin A, asam caffeic, asam klorogenat, coumarin, formononetin, genistein dan isorhamnetin semuanya menunjukkan beberapa sifat anti kanker.

Satu hal yang mesti diingat bahwa tanaman semanggi merah merupakan ramuan pengencer darah karena konsentrasi coumarin yang didapatkan dalam bunga.

Dari kasus-kasus trombosis dan kondisi lain dimana darah menggumpal menghalangi pembuluh darah, teh semanggi merah bisa menjadi solusi yang bermanfaat.

Akan tetapi, untuk kalangan yang mengonsumsi obat pengencer darah, mencampurkan semanggi merah ke dalam campuran bisa menjadi ide yang sangat buruk.

 

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.