Edisi Terbatas Khusus Untuk Hari Bisa Kirim Barang Dulu Transfer Bayar Setelah Barang Diterima

Klik =>>> GO-SEND GRAB

   

Khasiat Daun Tapak / Telapak Kaki Kuda untuk Kesehatan

Sudah tahukah kamu mengenai daun tapak kaki kuda hari ini ? Jika belum Yuk simak baik-baik karena bahasan kali ini berkenaan dengan khasiat daun tapak / telapak kaki kuda untuk kesehatan.

Siapa saja yang belum mengenal daun tapak kaki kuda?

Daun tapak kaki kuda memang diartikan dari bentuk daunnya yang hampir mirip dengan tapak (telapak kaki kuda). Nama umum orang biasa menyebutnya dengan antanan, pegagan diambil dari nama ilmiahnya Centella Asiatica.

Tumbuhan merambat dan akar yang menjalar biasanya tumbuh di perladangan sawah, area ketinggian gunung dan wilayah yang tergenang air.

Seumpama tinggal di desa-desa dan perkampungan masih banyak warga yang mengonsumsi daun tapak kaki kuda untuk nantiya dimanfaatkan sebagai bahan lalapan teman makan nasi hangat.

Di perkampungan ada dua jenis daun tapak kaki kuda yang terkenal yaitu daun tapak kaki kuda berwarna merah dan berwarna hijau. Daun tapak kaki kuda berwarna merah sudah sangat sulit ditemukan tapi khasiat antara keduanya memang sama baiknya bagi bahan ramuan.

Kenapa banyak orang memilih daun tapak kaki kuda ini sebagai lalapan yang disukai ?

Ya dari segi rasanya sedikit rasa manis dan bercampur pahit itu karena terdapat kandungan kimiawi tertentu yang bermanfaat pahitnya untuk bahan campuran ramuan atau jamu.

Khasiat daun tapak / telapak kaki kuda untuk kesehatan khususnya bisa pula untuk perawatan kecantikan

Tidak disangka memang daun yang selama ini hanya orang mengetahui sebagai lalapan ternyata bisa dimanfaatkan sebagai jamu alias obat tradisional.

Perlu untuk diketahui bahwa tidak semua ramuan itu memberikan reaksi langsung atau bahkan bisa saja berdampak negatif apabila tidak sesuai dengan aturan dan dosis yang dianjurkan.

Seperti halnya gambaran bahwa konsumsi daun tapak kaki kuda boleh saja dilakukan pemakaian dalam jangka pendek, tetapi bila dikonsumsi terus menerus untuk jangka waktu yang lama dan berkepanjangan tentu sangat tidak boleh sama sekali.

Maka dari itu, sangat penting bagi yang hendak mengkonsumsi ramuan daun tapak kaki kuda agar mencoba konsultasi terlebih dahulu dengan pihak dokter. Ramuan sebenarnya memang bersifat alami namun biasanya ramuan juga memerlukan pertimbangan dan keseimbangan dalam pemakaian.

Ini dia manfaat yang dapat dirasakan langsung melalui pemakaian ramuan daun tapak kaki kuda

Secara tradisional daun tapak kaki kuda dimanfaatkan dalam mencegah dan mempercepat penyembuhan luka ringan, Centella Asiatica sebagai nama medisnya itu memiliki bahan kimia berupa Triterpenoid yang cukup baik dalam proses penyembuhan luka.

Kimia triterpenoid itu sendiri kaya akan kandungan antioksidan sehingga membantu dalam penutupan luka, menguatkan sifat kulit dan meningkatkan suplai aliran darah pada luka.

Kandungan triterpenoid dari tumbuhan daun tapak kaki kuda dapat bermanfaat untuk mengurangi tingkat kecemasan arti umumnya gundah gulana bagi beberapa kalangan khususnya kalangan lanjut usia.

Apa saja mitosnya tentang daun tapak kaki kuda yang bermanfaat bagi kesehatan?

Daun tapak kaki kuda menurut mitosnya itu dari versi negara lain bahwa daun tapak kaki kuda sering dijadikan santapan hewan besar seperti misalnya gajah. Maka alih-alih para leluhur zaman dulu menyebutnya dengan “ramuan umur panjang” karena gajah pemakan daun tersebut bisa berumur ratusan tahun dan awet muda.

Ada mitos lainnya menurut versi luar negeri bahwa harimau yang mengalami luka atau terluka sering berguling-guling di dedaunan tapak kaki kuda, itu sebabnya orang luar negeri memanfaatkan sebagai bahan pengobatan luka atau penyakit kulit.

Di Sri langka dan negara terdekatnya india memanfaatnya sebagai bahan ramuan dicampurkan bahan ramuan lainnya dalam membantu mengobati berbagai jenis keluhan kesehatan.

Pengenalan ramuan ini menurut sejarahnya memang sudah ada ketika abad ke 17 kala itu peradaban Afrika, India, Prancis dan Indonesia termasuk negara Asia mengalami kemajuan dalam bidang pengobatan dan yang terkenal kala itu pengobatan Ayurvedic.

Memang benar ternyata khasiat daun tapak kaki kuda bisa saja terbukti melalui hasil uji klinis dan ternyata kini banyak yang mengenalnya untuk kemudian dijadikan sebagai bahan ramuan tradisional.

Dalam pengobatan tradisional negeri Tiongkok, Cina telah memanfaatkan bahan ramuan tersebut untuk meningkatkan sifat awet muda dan kecantikan, pengobatan pilek, flu, demam dan virus yang memasuki tubuh.

Orang thailand vietnam masyarakat di desa-desa mengkonsumsinya mentah dalam bahan salad dan lalapan. Daun tapak kaki kuda sangat baik dalam membantu mencegah diare, lesi luka kulit, demam, haid wanita dan penyakit kronis.

Daun tapak kaki kuda mengandung asam amino, beta karoten, asam lemak dan phytochemical. Unsur alami daun tapak kaki kuda sebagai penawar efektif untuk perawatan kulit rusak, dan sifat anti penuaan kulit secara kuat.

Khasiat lainnya daun tapak kaki kuda bagus untuk meningkatkan sirkulasi darah dan sintesis kolagen termasuk regenerasi jaringan kulit. Kolagen sangat dibutuhkan banyak untuk meningkatkan perawatan kulit kencang dan halus. Kolagen dalam tubuh akan berkurang seiring pertambahan usia sehingga membutuhkan unsur kolagen dari daun tapak kaki kuda.

Daun tapak kaki kuda bersifat alami ini mampu mencegah radikal bebas pemicu kerusakan jaringan kulit, sangat kaya akan antioksidan dan mencegah penuaan awal di struktur dasar kulit.

Elastisitas kulit yang kendur dapat dibantu dengan pemakaian atau konsumsi langsung melalui tahapan proses tertentu dengan daun tapak kaki kuda.

Centella Asiatica atau daun tapak kaki kuda bisa mengurangi penyakit kulit eksim, psoriasis, penyakit pembuluh darah vena atau kerutan strech mark. Bekerja dengan meningkatkan antioksidan di area yang terluka dan mengencangkan kulit sampai kuat lalu mengatur sirkulasi darah dengan lancar.

Beberapa cara yang dapat ditempuh dengan pemakaian konsumsi daun tapak kaki kuda secara racikan alami diantaranya :

  • Sakit gigi
    Cara : 45 gram akar tapak kuda kering direbus dengan air. Dinginkan dan minum.
  • Wasir berdarah ( Ambeien)
    Cara : 30 gr herba segar ditambah 360 gr usus, tim, makan.
  • Bisul dan koreng (eksem)
    Cara : Lumatkan daun tapak kuda segar. Balurkan pada bisul, eksim, atau tempat yang sakit.
    Cara lain: rebus daun tapak kuda segar, lalu gunakan airnya untuk mencuci bagian yang sakit.
  • Rheumatik
    Cara : 45 gram tanaman tapak kuda segar direbus dengan arak ketan dan air dalam jumlah yang sama. Setelah itu dinginkan dan minum.
  • Eczema / eksim
    Cara : Akar segar 30 gr, rebus, minum.

Nah, itu dia diatas mengenai cara pembuatan ramuan daun tapak kaki kuda untuk sebagian kecil saja keluhan kesehatan. Sebenarnya dari segi pemanfaatannya bisa untuk seluruh jenis keluhan kesehatan dari mulai bersifat ringan bahkan pada tingkat parah sekali pun.

Penyembuhan telah menggunakan Centella asiatica untuk mengobati berbagai penyakit selama ribuan tahun termasuk kusta, eksim, psoriasis, infeksi pernapasan, bisul, pilek, hepatitis, epilepsi, kelelahan, demam, asma dan sipilis.

Dalam pengobatan Cina, Centella asiatica juga dikenal sebagai ramuan “air mancur kehidupan” karena konon meningkatkan umur panjang.

Khusus untuk beberapa khasiat daun tapak kaki kuda untuk kesehatan otak dan jaringan pembuluh darah diantaranya sebagai berikut :

1.Membantu mengurangi thrombus dan mengembalikan kelancaran serebral vascular.
2.Menutrisi dan melunakkan pembuluh darah sehingga mencegah arteriosclerosis.
3.Mengembalikan fleksibilitas pembuluh darah.
4.Mengaktifkan sel pembuluh darah baru guna menggantikan jaringan sel yang telah rusak, mengembalikan fungsi otak.

Kelompok Pemakai :
1.Penderita trombosis otak, arteriosclerosis otak, gejala stroke.
2.Sakit kepala, pusing, hemiplegia, malaria, anggota badan lumpuh, kelelahan fisik dan jiwa serta gejala lainnya.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *