Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Khasiat Buah Simalakama Dari Tanaman Mahkota Dewa Sebagai Ramuan

Selama ini banyak yang mengira bahwa buah simalakama itu hanya sebatas ada dalam pribahasa atau pepatah orang zaman dulu saja. Padahal dalam kehidupan nyata buah simalakama ini benar-benar ada, tidak disangka memang kalau buah simalakama ini sebutan bahasa Melayu untuk tanaman mahkota dewa.

Banyak sekali nama-nama yang diberikan untuk tanaman mahkota dewa diantaranya makuto rojo, makuto ratu, obat dewa, pau (obat pusaka), Crown Of God atau bisa juga disebut boh anggota dewan.

Tanaman mahkota dewa (phaleria macrocarpa) dikenal sebagai salah satu tanaman obat asli Indonesia yang tumbuh habitat terbesarnya di wilayah Indonesia timur khususnya Papua atau Pulau Irian Jaya.

Dari namanya saja mahkota dewa, seakan-akan tanaman ini berasal dari singgasana para dewa di langit yang dilepaskan lalu turun kebumi. Betapa tidak dan saking terkejutnya sebab sudah banyak khasiat yang dirasakan pasca mencoba meminum ramuan buah mahkota dewa.

Nyaris tidak ada yang tidak sembuh dari bentuk perawatan alami yang satu ini melalui pemanfaatan mahkota dewa diantaranya mulai dari rasa pegal linu, alergi, flu, hingga kanker sehingga dijuluki predikat tanaman mahkota dewa.

Bagi kalangan pria dan wanita yang tingkat gairah seksnya menurun dan belum mampu mencapai keinginan diharapkan masih-masing pasangan, bisa mencoba memakai bahan alami tanaman herbal beberapa bagian dari mahkota dewa. Biasanya orang cenderung sering mengonsumsi bagian tanaman mahkota dewa untuk dibuat teh herbal.

Buah mahkota dewa yang memegang peran penuh dengan kualitas baik termasuk meningkatkan libido, vitalitas, menyembuhkan masalah kulit, membantu mengurangi gejala diabetes, menyembuhkan asam urat, menurunkan kolesterol tinggi, membantu mencegah penyakit jantung, membantu mencegah penyakit ginjal, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, pendetoksifikasi yang tepat serta masih banyak lagi

Tanaman mahkota dewa mengandung beberapa zat bioaktif terutama dalam bidang pengobatan alami antara lain :

  1. Alkaloid bersifat detoksifikasi yang menetralisir racun di dalam tubuh
  2. Saponin yang sangat berguna untuk pencegahan infeksi virus, bakteri dan jamur. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan meningkatkan vitalitas. Saponin juga mengurangi kadar gula darah serta mengurangi penggumpalan darah.
  3. Unsur flavonoid mahkota dewa yang berupa antioksidan mampu melancarkan sirkulasi darah ke seluruh tubuh dan mencegah terjadinya penyumbatan pada pembuluh darah. Selain itu, mengurangi kadar kolesterol tinggi serta mengurangi akumulasi lemak pada dinding pembuluh darah. Bermanfaat dalam mencegah faktor potensi penyakit jantung koroner, bersifat anti inflamasi, membantu mengurangi rasa sakit akibat pendarahan dan pembengkakan.
  4. Polifenol buah simalakama mahkota dewa sebagai anti histamin (anti alergi).

Berbagai pengetahuan mengenai manfaat mahkota dewa atas kandungan yang dimilikinya itu sudah diringkas berikut manfaatnya yaitu sebagai berikut :

  • Manfaat buah mahkota dewa sangat baik dalam membuang racun dari dalam tubuh (detoksifikasi)
  • Tanaman ini termasuk bagian mahkota dewa sangat berguna menangkal radikal bebas
  • Bersifat anti virus
  • Memperbaiki sistem kekebalan tubuh
  • Meningkatkan vitalitas dan libido pria dan wanita.
  • Efektif dalam membantu menurunkan gula darah berlebih
  • Mampu melancarkan sirkulasi darah.
  • Meningkatkan metabolisme tubuh
  • Anti inflamasi
  • Mengurangi rasa sakit
  • Menurunkan kolesterol tinggi
  • Mampu menghentikan alergi
  • Menghancurkan sel tumor
  • Mengobati pilek dan batuk (Flu)
  • Mengobati jantung koroner
  • Mencegah infeksi bakteri dan jamur
  • Mencegah pertumbuhan sel kanker dan tumor
  • Mengurangi penumpukan lemak di pembuluh darah
  • Mengobati gatal
  • Asam urat
  • Disentri dan hepatitis serta masih banyak lainnya atas khasiat yang ada pada mahkota dewa.

Daun dan buah mahkota dewa selama berpuluh-puluh tahun lamanya itu sama saja kategori tradisional bermanfaat dalam pengobatan berbagai jenis kanker terutama kanker payudara dan tumor otak.

Terdapat 2 unsur berupa phalerin dan asam galat pada tanaman mahkota dewa terbukti memberikan dukungan dalam proses pembersihan sel kanker.

Buah Phaleria Macrocarpa secara kompetisi mampu menghambat enzim amilase pankreas dan membran terkait hidrolase usus sebagai isomaltase, maltase dan sukrosa dengan menghambat enzim glukosidase. Berguna menunda penyerapan glukosa dan menurunkan faktor risiko hiperglikemia untuk jangka waktu lama.

Eksperimen para ahli menerangkan dengan reaksi kimia dilaporkan bahwa ekstrak mahkota dewa mampu menurunkan glukosa darah pada hasil uji coba penyakit diabetes.

Aktivitas antihiperlipidemik yang artinya tingkatan kadar kolesterol dalam tubuh dapat memicu masalah kesehatan terutama adanya efek kolesterol tinggi.

Buah mahkota dewa mengandung banyak senyawa aktif seperti adanya alkaloid, saponin, dan polifenol berupa asam galat yang ditemukan untuk mengatur kolesterol dalam tubuh.

Asam galat ini mampu menurunkan kadar kolesterol jahat dan meningkatkan kadar kolesterol baik. Daun dan buah mahkota dewa didapatkan mempunyai aktivitas anti bakteri yang cukup baik.

Flavonoid, saponin, polifeol, dan tanin dalam buah mahkota dewa sangat menghambat bakteri termasuk jenis bakteri bacillus cereus, bacillus subtilis, entrobacter aerogenes, escheriacia coli, klebsiella pneumonia, micrococcus luteus, pseudomonas aeroginosa, staphylococcus aures.

Unsur flavonoid sebagai salah satu unsur paling utama mahkota dewa dan bermanfaat sebagai penghalang dan mencegah pembentukan plak atheromatous pada pembuluh darah.

Selain itu, fungsi flavonoid akan memperlebar aliran darah dengan mengalirkannya ke jantung dengan jalan pembuluh darah.

Aktivitas anti inflamasi yang kuat pada tanaman mahkota dewa termasuk didalamnya berupa terpenoid, saponin, tanin dan flavonoid serta fenol sebagai cara mengurangi peradangan yang terjadi di dalam tubuh atau di luar tubuh.

Khasiat Buah Simalakama Dari Tanaman Mahkota Dewa Sebagai Ramuan

 

 

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.