Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Ketela Pohon Baik untuk Imunitas, Pencegahan Kanker dan Manfaat Lain

Singkong dengan nama lain ketela pohon sudah sangat disukai semua kalangan masyarakat dari usia anak-anak hingga usia dewasa. Bahkan kalangan usia lanjut pun yang boleh dikatakan kondisi giginya sudah tidak mampu lagi mengunyah, masih tetap suka dengan yang namanya ketela pohon.

Termasuk kedalam jenis umbi-umbian (ubi kayu) nyatanya bisa diolah ke berbagai menu olahan masakan dan camilan sehat mengenyangkan. Rasanya yang sangat lezat bila dipadukan dengan bahan-bahan masakan membuat ketagihan orang menikmati ketela pohon setiap hari.

Bahkan di beberapa daerah di Indonesia, ketela pohon merupakan salah satu sumber makanan wajib (makanan pokok) selain daripada nasi. Dikatakan demikian karena ketela pohon menyimpan zat gizi paling lengkap bila dibandingkan dengan beras dari tumbuhan padi.

Seperti halnya di daerah Jawa masyarakat disana sering membuat olahan makanan pokok berbahan dasar ketela pohon untuk nantinya dipadukan bersama makanan lainnya.

Sejarah menyebutkan bahwa sebelum adanya nasi dari beras yang asalnya dari tumbuhan padi, manusia jaman dahulu mendapatkan sumber karbohidrat lewat ketela pohon.

Hingga sampai saat ini proses perkembangan budidaya ketela pohon masih terus berlangsung dan dibawah penelitian semua ahli.

Diyakini bahwa ketela pohon selain kaya akan sumber zat gizi bagi kebutuhan gizi setiap hari, namun fakta lain menyebut bahwa ketela pohon sangat ampuh sebagai bahan pengobatan alami.

Hal demikian, penjelasan mengenai ketela pohon untuk obat didapatkan adanya unsur obat tradisional dan membedakan ketela pohon dari sumber karbohidrat pada umumnya

Fakta Nutrisi Ketela Pohon

Ketela pohon dengan nama botani (Manihot Esculenta Crantz) merupakan sejenis tumbuhan yang memproduksi ubi yang mengandung bahan tepung.

Sebagai salah satu sumber nutrisi paling pokok bagi lebih dari banyak masyarakat yang tinggal di Afrika, Asia dan Amerika Latin. Hampir semua bagian dari tumbuhan ketela pohon bisa dimanfaatkan dalam beberapa cara pemanfaatan.

Nutrisi yang terkandung dalam ketela pohon berikut dibawah ini antara lain :

  1. Kalori
  2. Karbohidrat
  3. Protein
  4. Lemak
  5. Serat Makanan
  6. Vitamin C
  7. Mangan
  8. Potasium
  9. Folat
  10. Tiamin
  11. Magnesium
  12. Tembaga
  13. Vitamin B6
  14. Niacin
  15. Riboflavin
  16. Fosfor
  17. Vitamin K
  18. Seng
  19. Vitamin E
  20. Asam pantotenat
  21. kalsium
  22. zat besi
  23. Selenium dan sejumlah mineral penting lainnya.

Keunggulan Atas Kandungan Ketela Pohon Lain Dari Yang Lain

Meskipun tidak terlalu tinggi serat makanan ada pada ketela pohon, tapi ketela pohon rendah kalori yang bisa memungkinkan seseorang beralih makanan pokok nasi menjadi konsumsi harian makanan tersebut.

Ketala pohon alias singkong ini didalamnya terdapat sumber vitamin C yang cukup tinggi, antioksidan yang terkait dengan pencegahan kanker, kesehatan mata dan kulit.

Kandungan vitamin C dalam ketela pohon lebih banyak dibandingkan dengan vitamin C pada kentang, ubi jalar, berat merah, gandum, jagung dan pisang.

Manfaat Produk Olahan Ketela Pohon Bagi Kesehatan

Bukan sebatas dalam menu camilan saja, ketela pohon juga dapat diaplikasikan menjadi tepung tapioka yang kemudian dibuat sebagai bahan kebutuhan produksi makanan camilan dan masakan khas tidap daerah.

Ketela pohon terkenal dengan sebutan makanan bebas kolesterol, bebas gluten, kaya akan serat, mudah dicerna tubuh dan sumber kalsium, rendah garam, asam folat, mangan, zat besi.

Khasiat ketela pohon yang baik untuk kesehatan ternyata masih dalam tahap pengembahan para ahli, namun hingga sampai saat ini diyakini kalau ketela pohon bisa mengobati kelelahan fisik, dehidrasi akibat diare, sepsis, dan aman di konsumsi wanita hamil.

Banyak yang mempercayai pula bahwa dengan mensiasati karbohidrat yang tinggi gula, ada alternatif lain yaitu dengan beralih ke ketela pohon. Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya jika ketela pohon rendah gluten yang cocok untuk kalangan penderita diabetes.

Vitamin C di dalam ketelah pohon cukup tinggi menjadikan makanan ini sumber nutrisi meningkatkan sistem kekebalan tubuh, mencegah penyakit kardiovaskular, dan masalah kesehatan kulit.

Adanya beta karoten membuat ketela pohon sumber tinggi antioksidan kuat yang memiliki tugas dalam mengurangi potensi paparan tabir surya, mengurangi gejala asma, mencegah kanker, cegah penyakit jantung, katarak, dan gangguan penglihatan lainnya.

Unsur mineral lengkap dalam ketela pohon

Ketela pohon merupakan sumber mineral yang sangat lengkap dari jenis ubi lainnya, antara lain terdapat kalsium, fosfor, mangan, zat besi dan kalium. Selain itu ada pula bahan mineral lain dan mineral dibutuhkan dalam perkembangan mau pun pertumbuhan fisik.

Mineral kalsium misalnya dibutuhkan untuk tulang dan gigi supaya kuat, zat besi untuk membantu dalam pembentukan dua sel hemoglobin dan mioglobin yang membawa aliran oksigen bersama darah ke jaringan tubuh.

Unsur mineral mangan membantu dalam pembentukan tulang, jaringan ikat dan hormon seks. Potasium sangat diperlukan untuk sintesis protein dan membantu pemecahan karbohidrat.

Serat makanan dalam ketelah pohon yang cukup tinggi dibandingkan dengan beras, membantu mencegah sembelit. Serat akan membuat perut kenyang, menurunkan risiko berat badan naik serta menurunkan risiko kolesterol tinggi.

Karbohidrat ketela pohon menjadi sumber energi yang baik bagi individu yang sering beraktivitas dan berolahraga. Aktivitas fisik tentu sangat mengurangi glikogen yang merupakan bentuk dimana glukosa disimpan di otot.

Saat seseorang konsumsi ketela pohon, karbohidrat yang ada pada ketela diubah menjadi glukosa dalam tubuh kemudian diubah lagi menjadi glikogen dan simpan dalam otot.

Glukosa zat ini akan dimanfaatkan oleh otot-otot dan organ hati. Kelebihan glukosa yang tidak digunakan dapat diubah menjadi lemak. Lemak adalah energi atau boleh dikatakan cadangan energi yang disimpan dalam jangka waktu yang lama.

Hasil sumber laporan ilmiah sejumlah ahli menerangkan bahwa ketela pohon dapat mengobati kanker oleh karena kandungan glukosida jenis linamarin dan lotaustralin, yang kemudian meningkatkan produksi vitamin B17 atau amygdaline.

Vitamin B17 inilah yang bertugas dalam membasmi kanker atau sel-sel kanker. Di dalam ketela pohon terdapat mineral mangan sebagai obat alami untuk membantu mengurangi gejala Arthritis (nyeri persendian).

Antioksidan dalam ketela pohon dapat membantu mengurangi peradangan dan mencegah gejala arthritis secara bertahap. Mangan pula dalam bagian kandungan ketela pohon bisa mendukung kesehatan jaringat ikat (otot) dan hormon seksual.

Makanan yang tergolong indeks glikemik yang rendah seperti pada ketela pohon cara agar tingkat kadar gula darah stabil. Ketela pohon cocok sebagai makanan bagi penderita diabetes akibat faktor obesitas.

Sumber saponin yang berupa fitosemikal ketela dapat membantu menurunkan kadar kolesterol yang tidak sehat dalam aliran pembuluh darah.

Efek antioksidan saponin ketela pohon mampu mencegah sekaligus memberikan perlindungan organ-organ dan sel -sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas.

Ketela Pohon Baik untuk Imunitas, Pencegahan Kanker dan Manfaat Lain

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.