Edisi Terbatas Khusus Untuk Hari Bisa Kirim Barang Dulu Transfer Bayar Setelah Barang Diterima

Klik =>>> GO-SEND GRAB

   

Kelebihan Susu Kambing Etawa Dibanding Susu Sapi

Susu kambing dengan susu sapi jelas sangat berbeda dari tingkat kandungan rasa dan tekstur yang dimiliki antara keduanya. Susu kambing dengan banyak orang memilih susu kambing etawa memang menjadi sorotan pertama, banyak yang kini mencoba konsumsi jenis susu yang satu ini.

Puluhan industri di dunia terkait dengan kebutuhan konsumen yang menginginkan adanya suatu bentuk perawatan kesehatan dengan jalan konsumsi susu kambing etawa dibanding susu sapi.

Susu sapi biasanya hanya sebagai minuman sarapan biasa sementara susu kambing etawa dari bidang manfaatnya dimanfaatkan untuk usaha kesehatan dengan jalan mengonsumsinya setiap hari.

Namun, sebelum membahas apa saja kelebihan susu kambing etawa dibanding susu sapi, terlebih dahulu mengenal perbedaan diantara keduanya.

Susu kambing etawa memang hampir sama dengan susu domba tapi berbeda sekali dengan susu sapi pada umumnya. Susu kambing etawa dan susu domba bisa dimanfaatkan untuk kebutuhan bahan makanan atau minuman seperti halnya susu sapi, di buat keju, dibuat yoghurt dan bahan lainnya.

Kelebihan Susu Kambing Etawa Dibanding Susu Sapi

Kelebihan Susu Kambing Dibandingkan Susu Sapi

Susu kambing etawa termasuk dalam sumber nutrisi yang sarat kandungan protein cukup tinggi dibanding susu sapi. Kandungannya sedikit gula (laktosa), lebih banyak kalsium daripada susu sapi, lebih komplit vitamin termasuk vitamin B6, kandungan vitamin A dan adanya kalium dibanding susu sapi biasa.

Susu kambing etawa dengan sumber protein cukup tinggi daripada susu sapi memudahkan proses pencernaan dalam tubuh lebih cepat. Tidak memicu sifat reaksi alergen sebagaimana layaknya susu sapi, bahkan dari segi rasanya cukup kuat sehingga sangat memudahkan mana susu kambing etawa asli dan susu kambing etawa palsu.

Susu kambing etawa merubah karoten menjadi vitamin A makanan lebih tepat sehingga lebih bagus susu kambing etawa daripada susu sapi.

Susu kambing etawa menghasilkan lebih banyak kandungan warna putih, krim dan mentega putih sehingga berbeda dengan mentega dari susu sapi yang berwarna kuning.

Kandungan lemak yang sangat rendah dalam susu kambing etawa dibandingkan susu sapi, karena tidak terdapat kandungan aglutinin sebuah senyawa dalam susu sapi yang memicu akumulasi lemak di dalam tubuh.

Unsur lemak yang lebih rendah dan kecil di dalam susu kambing etawa menghasilkan dadih (yoghurt) yang lebih lembut dan menjadikan enzim dari sistem pencernaan memecahnya lebih cepat. Susu kambing juga memiliki tingkat asam lemak rantai pendek dan menengah yang lebih tinggi, sehingga proses pencernaan menjadi lebih cepat dan lebih mudah serta menghasilkan energi yang lebih cepat pula.

Gula dalam kandungan susu dikenal dengan nama laktosa. Beberapa orang diantaranya ada yang tidak toleransi dalam mengonsumsi susu terutama susu sapi. Susu sapi sangat banyak kandungan laktosa yang mengakibatkan individu bisa membuat gejala intoleransi atas ketidaknyamanan ringan hingga parah sekali.

Lain pula dengan susu kambing etawa yang mana kandungan laktosa sangat rendah ketimbang susu sapi. Menjadikan susu kambing etawa sebagai pilihan yang baik dari kalangan yang sensitif terhadap kandungan laktosa berlebihan di dalam susu.

Perlu adanya komitmen dari tindakan konsultasi dengan praktisi kesehatan (dokter) mengenai kelayakan jenis susu apa yang cocok untuk bisa di konsumsi.

Alergi susu bukan pertama kali adanya gejala yang satu ini, bahkan biasanya tingkat pasien yang selalu mengalami gejala alergi susu adalah kalangan bayi dan wanita mengandung. Reaksi fisik terhadap 1 atau lebih protein di dalam susu yang paling umum adalah alpha S1-casein yang diperoleh dari susu kambing atau sapi.

Susu sapi mengandung alpha S1-casein yang menjadi faktor pemicu gejala alergi paling parah, sementara susu kambing memiliki alpha s2-casein yang tidak memicu tingkat reaksi alergi apa pun terhadap sebagian kecil kalangan.

Untuk susu sapi dan susu kambing etawa, keduanya memiliki tingkat kandungan 80% protein berupa kasein dan sisanya 20% whey protein. Protein kasein yang didapat dari susu bisa dibagi lagi menjadi 4 jenis utama antara lain :

  • Alpha
  • Beta
  • Gamma
  • Kappa casseins

Terdapat perbedaan cukup banyak dalam komposisi susu kambing etawa dan susu sapi dengan kandungan lebih banyak kasein diantara keduanya.

Susu kambing etawa memiliki tingkat lebih tinggi kasein beta daripada susu sapi, sementara susu sapi mengandung lebih banyak kasein alfa, khususnya alpha-s1-kasein yang diyakini dan telah dibutikan oleh para ahli sebagai salah satu protein yang bertanggung jawab menyebabkan alergi susu sapi.

Prebiotik susu kambing etawa

Prebiotik merupakan suatu unsur bahan makanan yang tidak mudah di cerna yang mendukung pertumbuhan dan aktivitas bakteri baik dan ramah dalam sistem pencernaan. Maka dari itu, tentu sangat layak dalam menjadikan kesehatan sistem pencernaan terutama di usus agar terhindar dari infeksi.

Oligosakarida merupakan jenis prebiotik alami yang ditemukan dalam sejumlah bahan makanan, terdapat 4-5 kali lebih banyak oligosakarida dalam susu kambing dibandingkan susu sapi.

Inilah beberapa spesifikasi data persentase kandungan antara susu sapi dengan susu kambing etawa diantaranya :

Susu kambing etawa :

169 kalori per porsi
10 gram lemak
9 gram protein
10.9 gram karbohidrat
33% MDR kalsium – sebanyak kalsium seperti susu sapi, protein berukuran berbeda sehingga lebih mudah dicerna
memiliki lebih banyak tryptophan daripada susu sapi
mengandung laktosa, tetapi tidak sebanyak susu sapi

Komposisi akurat Susu sapi:

147 kalori per porsi
8,1 gram lemak
8 gram protein
13 gram karbohidrat
33% MDR kalsium

Memang dari segi kegunaan susu sapi boleh dikatakan bagus untuk bahan susu formula bayi ketimbang susu kambing etawa, Akan tetapi, boleh saja mencoba untuk mengonsumsi susu kambing etawa karena sifatnya itu yang tidak menimbulkan gejala alergi seperti yang dimiliki susu sapi.

Kenapa susu sapi lebih layak sebagai bahan susu formula bayi dan tidak susu kambing etawa saja ?

Susu sapi lebih tinggi kandungan vitamin B12 yang begitu banyak orang membutuhkan karena kandungan di dalam tubuh sangat kurang. Alasan susu kambing etawa kurang cocok bagi susu formula karena tidak memiliki kandungan asam folat sehingga membuat pantas susu sapi sebagai susu formula bayi dan ibu hamil.

* Sangat Penting disimak : Apabila Anda memiliki dugaan atau konfirmasi alergi terhadap susu sapi, tidak disarankan untuk mengkonsumsi susu kambing etawa terkecuali secara khusus sudah disarankan untuk melakukannya oleh dokter atau praktisi kesehatan. Kesamaan yang signifikan ada antara sapi dan protein susu kambing, maka ada risiko reaktivitas silang.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.