Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Kehebatan Khasiat Jus Ramuan Buah Mengkudu Secara Tradisional Alami

Jus Buah Mengkudu Pemicu Rasa Mual Tapi Berkhasiat

Racikan ramuan jus buah mengkudu bagi beberapa orang enggan sekali atau menolak untuk mengonsumsinya. Rasa enek (sebutan tidak enak) membuat orang ingin sekali muntah ketika meneguk segelas jus mengkudu.

Tapi, apa kata jika jus mengkudu yang rasa dan aroma menyengat hidung dan bisa membuat mual ternyata berkhasiat untuk membantu proses penyembuhan secara alami.

Bagi beberapa kalangan masyarakat meyakinkan bahwa jus buah mengkudu dapat mengobati berbagai macam penyakit. Mengkudu termasuk jenis buah-buahan berwarna hijau yang banyak ditemukan di Australia, India, dan Asia Tenggara termasuk di Indonesia.

Buah mengkudu matang akan terlihat hijau putih berbintik itu menandakan matang dan siap untuk di buat jus ramuan. Buah mengkudu mengandung cukup banyak kandunga zat obat salah satunya mineral kalium berperan membantu mempertahankan sistem imunitas tubuh agar sehat.

Tidak di duga sama sekali kalau ternyata untuk kalangan wanita yang ingin memperoleh perawatan kecantikan alami bisa memanfaatkan buah mengkudu. Industri kecantikan secara umum mengolah buah mengkudu matang sebagai pelembap dan menyamarkan penuaan dengan dibuat krim atau semacamnya.

Buah yang sangat menakjubkan ialah mengkudu karena antioksidan tertinggi juga sifat anti inflamasi yang terdaftar pada bagian buah penyembuhan secara tradisional.

Pepatah mengatakan “lebih baik terlambat daripada tidak sama sekali” istilah ini berlaku bagi orang yang mesti mencoba jus ramuan mengkudu sebagai pencegahan penyakit. Karena jus mengkudu mampu meredakan nyeri sendi dan masalah kesehatan lainnya.

Sifat obat dan dimanfaatkan untuk perawatan kecantikan dari buah mengkudu patut dimanfaatkan mulai dari sekarang. Tanaman mengkudu satu dari jenis tanaman pohon yang ditemukan habitat asalnya di Kepulauan Pasifik, Asia Tenggara, Australia dan India.

Biasanya tumbuhan ini asalnya tumbuh pada aliran lava gunung sehingga untuk mendapatkannya tentu sangat sulit. Akan tetapi, kini sudah banyak orang yang mencoba menanam dan membudidayakannya sebagai bagian dari pengembangan obat tradisional lokal.

Bahkan tidak hanya buahnya saja, mulai dari batang daun, akar semuanya diteliti dan memperoleh hasil kajian para ahli bermanfaat sebagai bahan pengobatan alami.

Jus mengkudu karena rasa pahit dan begitu memicu rasa mual ketika meminumnya perlu dipadukan dengan rasa manis seperti campuran madu murni. Dengan demikian, rasa mual ketika meneguk minuman herbal tersebut bisa dicegah.

Adanya fakta nutrisi buah mengkudu

Segelas jus buah mengkudu mengandung sumber nutrisi herbal diantaranya :

  1. Karbohidrat
  2. Kalori
  3. Vitamin C
  4. Seng
  5. Niacin
  6. Folat
  7. Kalsium
  8. Magnesium
  9. Zat besi
  10. Potasium
  11. Asam amino serin, arginin, metionin
  12. Antioksidan lengkap seperti anthocyanin, beta karoten, katekin, koenzim Q10, flavonoid, asam lipoat, lutein, lycopene dan selenium.

Manfaat racikan ramuan jus buah mengkudu

Sebenarnya untuk cara meracik buah mengkudu itu sangat mudah sekali, cukup dengan cara mengkudu matang itu diperas dan diambil sarinya melalui saringan.

Bisa pula dengan cara dihaluskan atau ditumbuk baru kemudian diambil air mengkudu sebagai ramuan dan pemakaianya boleh dicampur bahan alami seperti madu atau gula untuk menghindari rasa pahit dan mual saat di teguk.

1. Jus buah mengkudu tedapat sumber antioksidan yang cukup kuat

Seperti yang sudah dijelaskan diatas sebelumnya jika buah mengkudu terutama segelas jus mengkudu itu terdapat sumber nilai pengobatan dari sifat antioksidan.

Antioksidan mengkudu lebih banyak diantaranya antthocyanin, beta karoten, katekin, koenzim Q10, flavonoid, asam lipoat, lutein, lycopene, selenium dan vitamin E juga C.

Antioksidan membantu mengurangi kerusakan sel-sel tubuh karena akibat stres oksidatif. Stres oksidatif bisa berasal dari radikal bebas yang dimaksudkan sebagai molekul tidak normal dan terbentuk secara alami ketika tubuh mengubah makanan menjadi energi.

2. Jus buah mengkudu sangat bermanfaat untuk mengurangi peradangan dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh dari serangan penyakit

Kajian ilmiah memperoleh adanya manfaat detoksifikasi berdasarkan kandungan jus mengkudu berupa enzim quinone reductase telah menunjukkan sifat anti inflamasi yang kuat, menjadikan jus buah mengkudu sebagai makanan anti peradangan yang cocok sekali.

Adanya unsur-unsur 17 asam amino dalam jus mengkudu sangat dibutuhkan dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan menjaga agar tubuh tetap kuat dari serangan penyakit.

3. Manfaat jus buah mengkudu bisa menghilangkan rasa sakit akibat pertumbuhan tumor ganas

Mengkudu bersifat antikanker dikarenakan terdapatnya antraquinones yang secara alami dibentuk senyawa fenolik, bisa membantu mencegah glukosa memasuki sel tumor, mencegah metastasis, akhirnya mengakibabkan sel tumor bunuh diri.

Antrakuinon dalam mengkudu bisa mengurangi rasa sakit dan kelelahan fisik akibat adanya kanker dan bisa mengurangi pertumbuhan sel tumor ganas.

4.Khasiat mengkudu yang diolah menjadi jus buah mengkudu bisa untuk membantu mengurangi kolesrol jahat

Buah mengkudu dilaporkan berdasar pada penelitian dapat membantu mengurangi kadar kolesterol tinggi.

5. Kajian menunjukkan jika jus buah mengkudu ini bisa memperbaiki sel-sel tubuh yang rusak

Buah mengkudu mengandung alkaloid sehat yang berperan aktif untuk menjaga keseimbangan dan kesehatan sel-sel tubuh. Kajian memperoleh adanya alkaloid mengkudu menghasilkan xeroin yang tugasnya mengaktifkan enzim regenerasi sel-sel tubuh.

Jus mengkudu mengandung proxeronin adalah koloid khusus yang mendukung pelepasan xeronin di saluran usus setelah kontak dengan enzim spesifik yang didapat dalam jus mengkudu.

6. Manfaat buah mengkudu baik untuk mencegah penyakit akibat infeksi parasit dan virus

Mengkudu mempunyai kandungan kimia obat sangat melimpah secara alami bisa membasmi infeksi virus dan jamur dengan senyawa fenolik dan aromatik khas yang dimilikinya. Menjadikan jus buah mengkudu itu sebagai pengobatan yang bisa melawan sumber penyakit akibat infeksi virus atau pun parasit.

 

 

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.