Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Kegunaan Penting Dari Lada (Merica) Hitam untuk Bahan Obat Tradisional

Lada Hitam – Mungkin diantara sebagian banyak orang yang tiba-tiba bersin akibat terhirup udara serbuk merica, itu sangat wajar sekali terutama bagi sensitif hidungnya atau alergi. Kerap kali tokoh film kartun di televisi yang mana bubuk merica itu terhirup, sering dijadikan bahan jebakan khusus sehingga si musuh akan bersin dan selamat dari kejaran musuh.

Sudahkah kamu tahu kalau lada alias merica itu mendapatkan predikat tertinggi sebagai The King of Spice atau rajanya rempah-rempah?

Rugi rasanya kalau selama ini belum pernah mencoba merasakan bumbu masakan yang satu ini, karena lada alias merica termasuk jenis bahan bumbu masakan yang mudah ditemui dan dijual banyak dipasaran.

Orang senang dengan lada, sebagai pengganti lain dari cabai dan bumbu pedas lainnya karena rasanya yang hangat menyengat sedikit pedas, membuat lada atau merica banyak digemari masyarakat pada umumnya.

Pada dasarnya lada mempunyai khasiat pengobatan yang sangat beragam mulai dari jenis pengobatan ringan hingga sudah sangat parah sekali. Lada atau merica di jual dengan harga relatif sangat murah meriah, terutama lada serbuk sebagai bagian dari kebutuhan bahan-bahan bumbu masakan di restoran-restoran cepat saji atau di rumah.

Lada didalam dunia botani sangat beragam varietasnya didasarkan wilayah tempat habitat tanaman tersebut berada. Misalnya saja, paling terkenal dengan jenis varietas lada hitam dan lada putih. Kedua varietas lada ini, dinobatkan sebagai bahan-bahan bumbu masakan yang sangat berkhasiat karena mempunyai sifat obat alami.

Perbedaan Lada Hitam VS Lada Putih

Lada disebut dengan merica (sahang) yang memiliki nama botani Piper Albi Linn merupakan sebuah tanaman yang kaya akan kandungan kimia seperti minyak lada, minyak lemak, dan pati.

Biji lada bersifat agak pahit, pedas, hangat dan antipiretik. Lada atau merica sebenarnya masuk ke dalam kategori komoditas bumbu masakan paling dibutuhkan sebagai bahan bumbu dapur.

Lebih dari 80% lada di Indonesia di ekspor ke negara luar sehingga lada di negeri kita ini paling banyak diminati masyarakat seluruh dunia dan kita wajib bangga.

Proses permulaan dalam media tanam lada asalnya dari biji lada itu sendiri yang umum digunakan untuk bahan bumbu masakan nantinya.

Baik lada putih dan lada hitam keduanya berasal dari tanaman piper nigrum, suatu jenis tanaman keluarga anggur berbunga yang acap kali hasil panennya di ambil buah (biji lada) lalu dikeringkan agar mudah di giling menjadi serbuk secara umum.

Terdapat perbedaan antara lada hitam dan lada putih dimana lada putih mempunyai cita rasa dan aroma yang sangat ringan dibandingkan dengan lada hitam yang cukup menyengat dan kompleks.

Itu karena terdapat lebih banyak kandungan di dalam lada hitam serta mempunyai daya simpan lebih lama dan rasa tidak akan pernah memudar di banding lada putih.

Sejarah Lada Hitam

Penjelasan mengenai sejarah adanya lada hitam bermula dari wilayah India Barat Daya. Menurut sejarah, perdagangan kuno masyarakat India dan negara-negara di barat sudah ada semenjak 1000 sebelum masehi.

Sejarah menyebutkan jika lada merupakan bahan-bahan paling berharga kala itu oleh masyarakat Eropa dan Belanda dan tidak ternilai harganya.

Catatan sejarah juga menyebutkan jika lada dulu dianggap sangat berguna sekali bagi kerajaan Yunani dan kekaisaran Romawi kuno kala itu yang mana lada digunakan sebagai nilai tukar belanja (mata uang).

Pemanfaat Lada Hitam dengan Lada Putih

Secara umum memang lada putih lebih terbiasa dimanfaatkan untuk bahan bumbu masakan. Hal demikian karena lada hitam kini sudah sangat langka sekali dan biasanya lada hitam untuk pemanfaatannya lebih cenderung kepada obat tradisional meskipun lada hitam fungsinya sebagai bumbu dapur.

Penelitian secara ilmiah mendapati jika lada hitam dieksplorasi kemungkinan manfaat esensial lada hitam dengan mengambil ekstrak minyak atsiri lada hitam.

Minyak atsiri lada hitam digunakan untuk bahan ramuan alami dalam menghilangkan efek rasa sakit dan nyeri, mampu menurunkan kolesterol tinggi, detoksifikasi tubuh dan meningkatkan sirkulasi darah serta banyak lagi.

Manfaat Lada (Merica) Hitam Dikhususkan untuk Bahan Obat Alami

Komposisi aktif dalam lada hitam terutama piperin telah terbukti mempunyai banyak dukungan pengobatan alami yang bersifat anti kanker, hal itu sebabnya banyak yang ingin sekali merasakan khasiat bumbu dapur tersebut.

Piperin adalah zat kimia yang ditemukan dalam merica atau lada yang mampu memberikan efek antiperadangan (berkhasiat untuk mencegah peradangan) dan antioksidan cukup kuat.

Banyak yang mengetahui khasiat lain dari lada hitam terutama pemakaian obat sakit gigi, sembelit, dan insomnia. Bagi sebagian orang percaya kalau lada hitam itu bisa untuk mengobati mata dan banyak industri farmasi mengolahnya untuk perawatan mata.

Disebabkan lada hitam ini mempunyai sifat karminatif, maka lada hitam bisa menghambat kondisi gejala perut kembung di bayi dan orang dewasa. Selain itu, sifat pengobatan alami dari merica bisa membantu dalam pemecahan sel-sel lemak dalam tubuh yang memungkinkan tubuh mudah hangat dan metabolisme berjalan lancar.

Sistem kekebalan tubuh dapat ditopang melalui adanya bantuan mineral seperti potasium dari lada hitam. Gunanya adalah mengontrol denyut jantung dan tekanan darah, dan kalsium lada hitam baik untuk tulang dan gigi.

Seng mineral penting dari kandungan lada hitam mendukung pertumbuhan sel dan antioksidan cukup kuat yang bisa melindungi tubuh dari kerusakan radikal bebas.

Manfaat zat besi adalah membawa oksigen dari paru-paru keseluruh tubuh dan membantu otot-otot dengan supai oksigen dan penyimpanan di dalam. Sementara itu, magnesium para ilmuan mengatakan bahwa lebih dari 300 enzim menggunakan sebagai koofaktor.

Hal dekimian bahwa magnesium bertugas membantu memelihara pembuluh darah agar tidak rusak, membangun tulang, merupakan sifat anti inflamasi. Adanya kalium di dalam lada hitam membantu meningkan kelancaran organ sistem pencernaan makanan dan melindungi usus dari infeksi.

Di dalam lada hitam begitu banyak unsur kimia dari minyak essensial hasil ekstraksi terutama piperin, monoterpenes sabinene, pinene, terpenene, limonene, dan mercene yang memberikan aroma khusus.

Aroma terapi dari minyak essensial lada hitam dapat membantu meringankan gejala nyeri otot, radang sendi dan bersifat kuratif untuk sembelit dan gangguan pencernaan makanan.

Salah satu kajian yang didanai oleh McCormick Science Institute mengenai manfaat kesehatan potensial lada hitam yang dicatat permata kemampuannya untuk meningkatkan fungsi saluran pencernaan makanan.

Diantara senyawa piperine, terbukti mempunyai janji manjur untuk mengatasi masalah kesehatan pigmen kulit seperti vitiligo.

Unsur kimia piperin lada hitam mampu meningkatkan tubuh untuk menyerap betakaroten, selenium dan vitamin B berarti pyridoxine, riboflavin, thiamin dan niacin).

Studi yang menunjukkan bahwa pertumbuhan beberapa jenis bakteri terhambat ketika lada hitam diteliti memiliki sifat pengobatan dari tindakan anti inflamasi, antioksidan dan mengurangi demam serta peningkatan sistem kekebalan tubuh.

Menelaah Manfaat Lada Hitam Bagi Kesehatan Tubuh

Beberapa manfaat dibawah ini kemungkinan akan kamu dapat berkat mengonsumsi lada hitam diantaranya sebagai berikut :

  • Lada Hitam berkhasiat untuk mencegah peradangan luar dan dalam tubuh

Satu diantara khasiat lada hitam terutama dibuat menjadi minyak esensial lada hitam bagi kesehatan sebagai anti radang. Para peneliti menyimpulkan kalau lada hitam terdapat piperin yang kemungkinan efektif sebagai anti radang pada fase inflamasi akut.

  • Mengatur kadar gula darah

Bumbu dapur lada hitam kemungkinan bersifat pengobatan diabetes secara alami dan tekanan darah tinggi.

Hal demikian didasarkan atas sebuah studi yang dilaksanakan ketika tahun 2013 yang menyatakan bahwa minyak esensial lada hitam dapat mencegah 2 enzim pemecah pati menjadi glukosa secara alami. Kemampuan alami tersebut sangat penting untuk penderita diabetes tipe 2 dan hipertensi karena kemungkinan dapat membantu pengaturan kadar gula darah dan menunda penyerapan glukosa.

  • Orang yang disfagia (kesulitan dalam menelan dan minum ditenggorokan) dapat dibantu pencegahannya dengan lada hitam

Penyakit disfagia adalah kondisi seseorang sangat susah sekali dalam menelan makanan dan jika dipaksakan akan memicu rasa sakit di tenggorokan. Biasanya orang yang mengalami disfagia cenderung pada kalangan lanjut usia dan orang yang sedang sakit.

Salah satu kajian para peneliti memaparkan jika aroma yang dihasilkan minyak lada hitam dapat merangsang refluks tubuh agar mudah menelan makanan.

  • Lada hitam ternyata mampu membantu mengendalikan pertumbuhan sel tumor alias kanker

Dari hasil keilmuan berdasarkan uji coba peneliti didapati bahwa lada hitam membantu upaya untuk mencegah pertumbuhan sel tumor berdasarkan tinjauan medis.

Kandungan kimia piperin ini berpotensi mencegah perkembangan kanker payudara wanita dan sejauh ini masih dalam tahap penelitian lebih lanjut.

  • Mengonsumsi lada hitam akan terlindungi dari infeksi bakteri

Sifat anti bakterial lada hitam sangat baik untuk melawan infeksi bakteri didalam tubuh terutama bakteri Coli dan Stafilokokus yang umumnya memicu gejala bisul dan masalah pencernaan makanan.

Mengenai uraian diatas kita sudah bisa dapat memperoleh bukti kajian tentang adanya manfaat lada hitam yang baik untuk kesehatan atau pengobatan. Sangat disayangkan kalau belum pernah mencoba sama sekali bumbu masakan aromatik yang tersebut.

 

 

 

 

 

 

 

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.