Edisi Terbatas Khusus Untuk Hari Bisa Kirim Barang Dulu Transfer Setelah Barang Diterima

Klik Dibawah

 

Jenis Batu Empedu Di Dalam Tubuh Kita

Jenis batu empedu di dalam tubuh kita itu memang ada jenis dan pengobatan berbeda meski pun keduanya menjadi bentuk batu pada organ empedu terutama di bagian kantung empedu. Batu empedu yang selama ini menyakitkan tubuh itu, di bagi lagi menjadi dua jenis bebatuan berdasarkan faktor pemicu dan cara mengatasinya yang berbeda pula.

Menurut catatan hasil kajian ilmiah pakar kesehatan bahwa jenis batu empedu di dalam tubuh kita sangat perlu diketahui secara jelas sehingga bisa diperoleh kepastian tentang cara mengatasi dan menghancurkanya dari kantung empedu tubuh kita. Batu empedu bisa mengakibatkan aliran dan saluran empedu tersumbat dan bisa berpindah pada sistem pencernaan tubuh manusia.

Terumbatnya saluran empedu akibat adanya berbagai jenis batuan di kantung empedu yang mengeras sehingga mudah sekali terinfeksi bakteri dan iritasi. Gejala yang akan dirasakan ketika empedu terinfeksi virus, bakteri dan sejenisnya berupa rasa sakit dan menyebar langsung ke bagian tulang belikat, gejala lainnya sakit kuning, liver, hepar, demam tinggi, meriang, gatal-gatal dan rasa lemas, maka kejadian ini dinamakan dengan kolangitis akut.

Bahwa berdasarkan semua catatan sumber kajian ilmiah pakar kesehatan dibidangnya masing-masing yang mana jenis batu empedu di dalam tubuh kita di bagi menjadi dua jenis batuan antara lain :

■ Batuan pigmen empedu merupakan bagian dari kondisi medis seperti penyakit hati (sirosis) dan penyakit darah berupa enemia sel sabit. Batuan pigmen empedu memiliki warna gelap dan berupa butiran batu kecil di produksi dari aktivitas bilirubin asalnya cairan di organ hati dan kantung empedu.

■ Batuan kolesterol empedu memiliki warna lebih umum kuning kehijauan dan secara umum paling banyak orang yang mengalami jenis batu empedu macam ini.

Di bawah ini berdasarkan hasil catatan medis mengenai faktor-faktor potensial mengalami kejadian batu empedu diantaranya sebagai berikut :

■ Usia sekitar di atas 40 tahun.

■  Sedang dalam masa kehamilan sangat penting melakukan pemeriksaan kesehatan secara berkala sebab potensinya relatif memicu pembentukan batu empedu.

■ Pengidap penyakit diabetes.

■ Terlalu sering konsumsi makanan berlemak sehingga meningkatkan aktivitas kolesterol pada empedu.

■ Faktor obesitas lebih rentan potensi batu empedu.

■ Riwayat memiliki keluhan kesehatan dari sistem pencernaan.

■ Faktor genetika (keturunan) bisa berpotensi juga.

Batu empedu merupakan butiran batu kecil yang asalnya bisa dari kolesterol berlebihan dan di buat pula dari organ empedunya langsung. Bagi sebagian besar kalangan yang memiliki batu empedu tidak semua memicu berbagai gejala dari keluhan batu empedu. Akan tetapi, batu empedu dapat memicu terjadinya rasa sakit akibat infeksi di organ empedu dan cukup serius dalam membutuhkan pertolongan secepatnya.

Jenis batu empedu di dalam tubuh kita ada begitu banyak dan bervariasi ada yang berukuran kecil layaknya butiran pasir bahkan ada juga yang sebesar bola pingpong, bayangkan saja jika sudah berukuran besar tentu rasa sakit akan semakin parah sekali. Pemicu yang lebih umum dari aktivitas jenis batu empedu di dalam tubuh kita berasal dari aktivitas kolesterol berlebihan yang menumpuk dan lama kelamaan mengeras di dalam cairan kantung empedu.

Jenis batu empedu dalam tubuh kita setiap kalinya akan terus menerus berlangsung terjadi dengan segenap gejala yang ada mulai dari rasa nyeri dan sakit pada bagian perut, luka dan infeksi di empedu hingga memicu berbagai komplikasi cukup parah bagi yang terserang batu empedu.

Berikut di bawah ini beberapa komplikasi yang dapat memicu terjadinya jenis batu empedu di dalam tubuh kita antara lain :

■ Kolesistitis akut atau peradangan dan pembengkakan di bagian kantung empedu, terjadi ketika cairan empedu menumpuk dan mengeras menjadi batu sehingga menyumbat saluran keluarnya cairan empedu.

■ Abses/nanah di kantung empedu

Adanya nanah di dalam organ tubuh terkadang bisa saja terjadi, dikarenakan faktor infeksi kronis adanya aktivitas bakteri, virus dan sejenisnya setelah kantung empedu mengalami kerusakan.

■ Kanker kantung empedu

Komplikasi patal yang mungkin sangat jarang terjadi pasca mengalami batu empedu diantaranya kanker kantung empedu. Jenis kanker kantung empedu perlu melakukan tindakan operasi pengangkatan kantung empedu sangat diperlukan sebagai langkah pencegahan sehingga pengidap tidak memiliki sama sekali kantung empedu dalam tubuhnya.

■ Pankreatitis Akut

Peradangan pankreas akan mengakibatkan tersumbatnya saluran cairan empedu dan berbagai gejala akan senantiasa dirasakan oleh penderita. Rasa sakit di bagian perut tengah dekat ulu hati, lalu rasa nyeri akan menjalar ke bagian belakang punggung pasca makan makanan pemicu batu empedu.

■ Peritonitis

Peritonitis merupakan peradangan cukup serius pada lapisan beberapa bagian dalam dengan sebutan lain peritoneum. Sebagai bagian dari komplikasi batu empedu yang cukup serius maka terjadi kantung empedu pecah dan mengalami peradangan.

Itulah mengenai jenis batu empedu di dalam tubuh kita dan dampaknya bagi kesehatan yang mesti segera di cegah secepatnya. Semoga uraian kali ini bermanfaat bagi kita semua bahwa sangat penting menjaga kesehatan dengan selalu mensyukuri apa yang ada dan tidak berlebihan dalam memanfaatkan kekayaan alam ini.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *