Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Hati Hati, Meminum Obat Sakit Gigi Sebabkan Kelainan Kulit Wajah

gambar ilustrasi dari pasien sakit gigi menderita kelainan kulit

Memilih obat sakit gigi itu sebetulnya harus sesuai anjuran dokter bahkan walau pun itu memilih jenis pengobatan lain seperti obat tradisional harus sesuai anjuran para ahli.

Bisa saja terjadi seperti halnya kasus parah ini dialami oleh salah seorang wanita yang dilaporkan mengalami kelainan kulit pasca meminum obat khusus sakit gigi.

Seluruh wajah wanita  tersebut menjadi rusak dan hancur tak beraturan gara gara dirinya memunum obat untuk membantu meredakan sakit gigi.

Wajahnya itu terlihat bentukan rusak memerah, bibir bengkak pasca reaksi alergi terhadap obat yang sudah dirinya konsumsi.

Pasalnya hal mengerikan itu terjadi karena asal mula dirinya menyatakan telah meminum obat saraf khusus untuk membantu mengurangi kondisi dirinya sedang sakit gigi.

Jadi tanpa adanya anjuran dokter dirinya langsung meminum obat saraf khusus yang ia gunakan sehari hari sehingga berakibat patal pada bentuk kelainan kulit wajah yang sedang dirinya alami sekarang.

Nur nabilah seorang pasien yang menjalani perawatan intensif di rumah sakit di Malaysia mengatakan bahwa dirinya oleh dokter di vonis mengalami kelainan kulit Steven Johnson Syndrome karena reaksi terhadap jenis obat saraf yang dirinya gunakan.

“Sungguh mengerikan ketika saya harus menemui ahli bedah mulut saat dokter tersebut melepas dan mebersihkan sel-sel kulit mati di bibir sampai habis.

“Hal tersebut dilakukan supaya bibir bisa sembuh lebih cepat”.

“Bayangkan ketika kalian mengeluarkan kulit mati di bibir anda, itu sudah terasa sakit, apa lagi bila ada orang lain yang mengeluarkannya untuk anda,”ujar Nur Nabilah di sebuah unggahan Facebook yang sudah viral di Malaysia.

Simak bahasan : Obat sakit gigi untuk dikumur langsung di telan

Konsultan Ilmu kesehatan University Putra Malaysia, Prof Madya Dr Norashikin Syamsudin mengatakan ada beberapa jenis obat yang mempunyai efek samping alias kontra indikasi yang umum seperti mual dan mengakibatkan muntah.

Profesor itu pun menambahkan bahwa efek samping sebeneranya dari jenis obat tertentu tersebut tidak lah memiliki bahaya cukup berbahaya.

Akan tetapi, beliau mengatakan bahwa alergi terhadap jenis obat tertentu berakibat pada tingkatan keparahan kondisi pasien.

Dr Norashikin syamsudin mengatakan bahwa diagnosis dengan kelainan kulit seperti Steven Johnson Syndrome dianggap kasus serius namun tidak membahayakan nyawa dalam berbagai kasus yang terjadi.

Akan tetapi dirinya menambahkan bahwa diagnosis semacam itu dapat mengakibatkan patal apa bila seseorang memiliki kelainan kesehatan berupa Toxic Epidermal Necrolysis (TEN).

Dalam hasil laporan wartawan malaysia menyoroti bahwa terdapat pertanyaan mengenai bagaimana seseorang bisa mengetahui bahwa mereka memiliki reaksi alergi terhadap obat tertentu jika mereka pernah melakukan sebelumnya.

Dokter pun mengatakan bahwa akan sulit bagi seseorang untuk mengetahui apakah mereka alergi terhadap obat sebelum meminumnya.

“Salah satu cara supaya bisa mengetahui apakah anda memiliki reaksi alergi terhadap obat adalah melalui riwayat kesehatan keluarga” ucap Profesor Dr Norashikin saat ditemui wartawan.

Menurut Dr Norashikin syamsudin penelitian terbaru mengenai SJS (steven johnson syndrome dan TEN mengungkapkan bahwa pengaruh  genetik yang kuat dapat mengakibatkan seseorang mengalami reaksi buruk terhadap pengobatan tertentu.

Bukan hanya faktor genetika, beliau mengatakan faktor yang dapat meningkatkan risiko reaksi alergi terhadap pengobatan adalah infeksi virus, terlalu banyak memakai obat pada satu waktu, penyakit dalam, atau minum obat tradisional atau herba.

Dia menambahkan pula bahwa ketika sekarang orang tidak peduli dengan pengobatan yang mereka konsumsi, padahal ini membuat akan sulit menentukan alergi yang terjadi apa pun.

“Misalnya antibiotik adalah jenis pengobatan, anda harus tahu nama anti biotik yang anda pakai. Anda bisa mengenali nama obat dari kemasannya”kata Dr Norashikin syamsudin.

Beliau Dr Norashikin menambahkan lagi bahwa pengetahuan dan pemahaman semacam itu harus penting karena akan membantu dokter meresepkan obat yang tepat.

Ia lalu kembali menuturkan juga menyarankan bagi pasien harus berkonsultasi terlebih dahulu sebelum konsumsi jenis obat yang di pakai. Dokter juga harus menanyakan kepada pasien apakan mereka alergi terhadap obat lainnya.

Dr norashikin juga menyarankan untuk semua masyarakat supaya lebih memperhatikan kesehatan mereka untuk menghindari alergi obat-obatan, karena alergi obat dapat berakibat fatal.

“Anda minum obat untuk menjadi lebih baik, tapi itu bisa berbahaya jika anda salah minum yang mengakibatkan reaksi alergi.”

“Dari segi alergi, beberapa obat dapat merusak, atau mengakibatkan efek jangka panjang seperti cacat permanen”ujar dokter.

“Anda memiliki hak untuk bertanya kepada dokter Anda dan hak untuk mengetahui jenis obat apa yang diresepkan untuk Anda,” tambahnya.


Itulah diatas beberapa pernyataan dokter dan ahli medis terkait dengan permasalah alergi terhadap jenis obat obatan tertentu dan kasus pasien yang mengalami keluhan kelainan kulit setelah dirinya mengkonsumsi obat sakit gigi.

Mudah-mudahan ulasan ini bermanfaat sekali bagi anda semua, maka sangat disarankan untuk berkonsultasi terlebih dahulu sebelum mencoba konsumsi jenis obat-obatan tertentu entah itu obat dari apotik mau pun obat tradisional pun sama.

Sumber kutipan berita diambil dari berita internet : http://kaltim.tribunnews.com/2018/01/09/sakit-gigi-kemudian-minum-obat-wajah-wanita-ini-malah-jadi-hancur-tak-berbentuk?page=all

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.