Edisi Terbatas Khusus Untuk Hari Bisa Kirim Barang Dulu Transfer Setelah Barang Diterima

Klik Dibawah

 

Fungsi Lambung Dalam Sistem Pencernaan Manusia

obat penyakit asam lambung, gejala asam lambung kronis, asam lambung naik jantung berdebar, makanan penyebab asam lambung, asam lambung naik kepala pusing, macam macam penyakit lambung, ciri-ciri penyakit lambung, pengertian lambung

Fungsi Lambung Dalam Sistem Pencernaan Manusia – Lambung hal yang mesti di ketahui secara pasti dan terperinci dari mulai fungsinya hingga segala jenis hal yang menyangkut organ sistem pencernaan di lambung termasuk jenis penyakit yang sering terjadi pada lambung. Berbagai jenis penyakit pada organ lambung seperti asam lambung, radang lambung, luka lambung, tukak lambung, gastritis, gastroenteritis hingga munculnya kanker lambung.

Fakta Unik Seputar Sistem Pencernaan Lambung

Makanan yang di cerna melalui proses pencernaan dengan di kunyah dan di lumat di dalam mulut, baru setelah itu melewati kerongkongan setelah itu baru memasuki area lambung. Makanan yang di dalam organ lambung di cerna dan di pecah sedemikian rupa menjadi molekul makanan yang mudah di cerna oleh organ pencernaan lainnya. Bahkan lambung organ yang sangat sensitif ini mampu melindungi tubuh manusia dari infeksi pada saluran pencernaan.

Fakta unik tentang lambung dimana organ pencernaan ini mampu beradaptasi dengan makanan dalam jumlah kapasitas cukup besar. Organ lambung merupakan organ pencernaan yang sangat elastis dan mampu melebarkan kapasitas ruangannya, meski pun cairan dan makanan cukup besar.

Pada dasarnya lambung memiliki peranan cukup aktif sebagai sistem pertahanan tubuh yang pertama dengan senantiasa memproduksi asam klorida dalam upaya pembasmian infeksi bakteri atau virus yang masuk bersama dengan makanan. Kandungan asam klorida juga memiliki peranan yang cukup besar dengan menyediakan enzim protease dengan manfaat memecah menjadi molekol-molekul halus sehingga mudah sekali di serap oleh tubuh.

Organ lambung menyimpan atau menahan sedikitnya satu setengah liter makan atau pun minuman khususnya pada orang dewasa. Setiap dua minggu organ lambung memproduksi lapisan baru mukosa supaya terhindar dari kerusakan organ lambung. Ukuran organ lambung pada setiap orang sama dan tidak ada perbedaan ukuran tidak terkecuali di batasi oleh rentang usia misalnya organ lambung bayi dan organ lambung manula.

Fungsi lambung dalam sistem pencernaan manusia diantaranya sebagai area menyimpan makanan dan mencerna makanan menjadi sari makanan untuk lebih mudah di serap oleh tubuh. Secara umum lambung dibedakan menjadi beberapa wilayah diantaranya sebagai berikut :

Fundus. bagian tengah, area yang membulat.

Pilorus. Bagian bawah, wilayah yang menghubungkan usus 12 jari (duodenum).

Kardia. Salah satu bagian atas, area pintu masuk makanan dari kerongkongan itu sendiri.

Berhubungan dengan organ sistem pencernaan lambung, maka dinding lambung dilapisi oleh daerah empat lapisan pelindung atau lapisan lambung itu sendiri diantaranya :

■ Submucosa. Merupakan area dinding lambung dengan adanya pembuluh darah arteri dan vena yang berfungsi menyalurkan nutrisi dan oksigen ke sel-sel perut sekaligus membawa nutrisi yang di serap, urea, dan karbon dioksida dari sel-sel perut.

■ Muscularis merupakan lapisan otot lambung yang membantu perut dalam melancarkan pencernaan mekanis. Lapisan ini dapat di bagi menjadi 3 lapisan otot yaitu lapisan otot melingkar, lapisan otot memanjang dan lapisan otot menyerong.

Kontraksi dan ketiga macam lapisan otot tersebut mengakibatkan Gerak Peristaltik. Gerak peristaltik merupakan gerakan lambung bergelombang yang menjadikan makanan dalam lambung diaduk-aduk.

■ Lapisan lambung selanjutnya yang paling luar adalah serosa manfaatnya lapisan tersebut yang melindungi perut bagian dalam. Sel-sel di dalam lapisan ini memiliki cairan dalam mengurangi gaya gesekan yang terjadi antara perut dengan anggota tubuh lainnya.

Di dalam lapisan mocosa terdapat beberapa jenis sel yang memiliki fungsi dalam pencernaan diantaranya sebagai berikut :

Sel goblet (Goblet Cell).

Sel Parietal (Parietal Cell).

Sel Chief (Chief Cell).

  1. Sel Goblet bermanfaat dalam memproduksi mucus atau lendir dalam menjaga lapisan terluar sel supaya tidak merusak enzim pepsin dan asam lambung.
  2. Sel parietal bermanfaat dalam membuat asam lambung [Hydrochloric acid] yang berfungsi dalam mengaktifkan enzim pepsin. Diperkirakan bahwa sel parietal memproduksi 1.5 mol dm-3 asam lambung yang menjadikan tingkat keasaman dalam lambung mencapai pH.2.
  3. Sel chief berfungsi dalam memproduksi pepsinogen diantaranya enzim pepsin dalam bentuk tidak aktif. Sel chief memproduksi dalam bentuk tidak aktif supaya enzim tersebut tidak mencerna protein yang terdapat dalam sel tersebut yang mengakibatkan kematian pada sel lambung.

Pada area dinding lambung sebelah dalam terdapat kelenjar-kelenjar yang memproduksi getah lambung. Bentuk, warna, aroma dan selera terhadap makanan secara refleks akan menimbulkan sekresi getah lambung. Getah lambung mengadung asam lambung, Hcl, pepsin, mucin dan renin, Manfaat lain dari asam lambung telah teruji secara klinis yang senantiasa membasmi mikroorganisme dan mengaktifkan enzim pepsinogen menjadi pepsin.

Musin adalah mukosa protein yang melicinkan  makanan.

Pepsin adalah enzim yang dapat merubah protein menjadi molekul yang sangat kecil.

Renin adalah enzim khusus yang cukup tersedia pada mamalian, berfungsi untuk kaseinogen menjadi kasein.

Hcl (asam klorida) adalah enzim yang memiliki manfaat dalam membunuh kuman dan bekteri pada makanan.

Sistem kerja enzim dan pelumatan oleh otot lambung mengubah makanan menjadi lembut. Otot-otot lambung bagian pilorus depan, maka pilorus akan membuka otomatis, sehingga makanan bisa lewat. Makanan yang bersifat basa di belakang pilorus akan merangsang pilorus untuk membuka. Akibatnya, makanan yang asam dari lambung masuk ke duodenum. Demikian seterusnya. makanan melewati pilorus menuju duodenum segumpal demi segumpal agar makanan tersebut dapat tercerna efektif. Setelah 2 sampai 5 jam, lambung kosong kembali.
Pada lambung terdapat kelenjar oksintik (bahasa Inggris: oxyntic gland) yang memproduksi hormon GHS. Hormon lain yang disekresi antara lain adalah GHIH.

Cukup sekiranya informasi tentang fungsi lambung dalam sistem pencernan manusia. Mungkin banyak sekali informasi lainnya yang bisa anda kunjung situs penyedia produk herbal jellygamatbandung.com. Mudah-mudahan uraian kali ini bisa bermanfaat bagi semua para pembaca sekalian.

Sumber referensi [berbagai sumber]

Fungsi Lambung Dalam Sistem Pencernaan Manusia