Edisi Terbatas Khusus Untuk Hari Bisa Kirim Barang Dulu Transfer Setelah Barang Diterima

Klik Dibawah

 

Fungsi Jantung Dalam Sistem Peredaran Darah Manusia

Berbagai fungsi jantung dalam sistem peredaran darah manusia itu merupakan suatu hal yang patut sekali untuk diketahui benar adanya. Fungsi jantung yang normal tentu sangat berpengaruh pada semua sistem fungsi anggota tubuh lainnya. Jantung yang berdegup dan berdetak akan memberi suplai darah bersama oksigen dan nutrisi pada setiap sel-sel tubuh.

Sistem peredaran darah manusia itu, salah satunya terdapat sistem pembuluh darah yang banyak, bercabang, menyilang, rumit dan begitu jauh permil jarak panjangnya pembuluh darah manusia. Tidak heran jika memang sistem peredaran darah manusia itu terdiri dari jantung dan pembuluh darah termasuk juga pembuluh darah arteri, vena dan kapiler.

Organ jantung merupakan bagian dari kunci pemompa berongga dan berotot pada sistem peredaran darah manusia. Jantung setiap hari bekerja melakukan gaya tekanan pada darah dengan memompa suplai darah oksigen ke seluruh tubuh dari jaringan pembuluh darah. Aliran sistem peredaran darah di awali dari jantung, maka akan kembali lagi kepada jantung. Dengan kata lain bahwa jantung merupakan titik siklus aliran darah pada anggota tubuh manusia.

Sementara itu, darah bergerak dalam siklus ke seluruh tubuh. Jantung memompa darah yang terdeoksigenasi dari ventrikel kanan ke paru-paru. Sel darah merah mengambil oksigen di mana mereka di kirim kembali ke ventrikel kiri jantung. Jaringan arteri menyilang dan bercabang mengalir ke unit yang begitu kecil dengan nama lain kapiler darah dan mengalir lagi ke pembuluh balik kanan. Hal demikian merupakan bagian dari jalur yang digunakan darah pada sistem peredaran darah manusia.

Fungsi jantung dalam sistem peredaran darah manusia sebagai siklus di dalam tubuh manusia dimana darah di umpan melalui pembuluh darah, jantung dan paru-paru. Peredaran darah membuat jaringan di dalam tubuh dipenuhi oksigen yang dimanfaatkan dalam energi pada proses respirasi seluler. Jadi pada dasarnya tidak ada satu titik pun yang mengawali laju peredaran darah dan mengakhiri laju peredaran darah.

Lain pula, tetapi yang berhubungan dengan hal ini adanya darah senantiasa terdiri dari sel darah merah, trombosit dan sel darah putih. Sel darah merah memiliki tanggung jawab untuk membawa aliran oksigen. Sedangkan sel darah putih sebagai bagian dari struktur paling penting dari sistem imunitas tubuh manusia. Tidak lupa trombosit pula lah dengan fungsi kerja menyalurkan darah ke dan dari paru-paru darah bersama oksigen di ikat oleh trombosit dan fungsi lainnya menghilangkan karbon dioksida.

Di bawah ini terdapat berbagai bagian-bagian dari organ jantung dan fungsi bagian jantung tersebut antara lain sebagai berikut :

Jantung memiliki bilik dan serambi yang tertutup oleh dinding yang tebal dan berotot diantaranya ventrikel kanan dan ventrikel kiri, juga serambi kanan dan serambi kiri. Hal demikian terletak berdekatan sama paru-paru dan hanya berada pada bagian tengah rongga dada. Bagian bawah jantung terbagi menjadi dua ventrikel yang tugasnya memompa darah keluar dari jantung. Sekat yang di sebut septum interventrikular inilah memisahkan antara kedua jenis ventrikel.

Terdapat pada bagian atas organ jantung dari dua macam serambi berupa atrium kanan dan atrium kiri. Atrium kanan dan kiri tugasnya menerima suplai darah yang masuk ke organ jantung. Sekat pemisah antara keduanya antara lain dengan nama septum interatrial yang dipisahkan dari ventrikel oleh katup atrioventrikular. Katup trikuspid memisahkan atrium kanan dari ventrikel kanan dan katup mitral memisahkan atrium kirim dengan ventrikel kiri.

■ Bilik kanan (ventrikel kanan) merupakan bagian yang memompa darah kotor artinya darah yang mengangkut karbondioksida menuju organ paru-paru. Ventrikel kanan terletak di bagian bawah serambi kanan (atrium kanan) dan di bagian samping kanan bilik kiri. Aliran darah dari atrium kanan (serambi kanan) akan melalui katup trikuspid untuk sampai di bilik kanan.

Darah yang kaya akan karbondioksida ini akan di pompa menuju paru-paru melewati katup pulmonalis dan melaju aliran arteri pulmonalis. Jika bagian organ jantung bilik kanan tidak dapat berfungsi sebagaimana mestinya, maka tidak mampu memompa secara tepat dan penyakit yang beresiko berupa gagal jantung bagian kanan.

■ Serambi kanan (atrium kanan) darah kotor yang tidak mengandung banyak oksigen memasuki serambi kanan melalui pembuluh darah vena cava superior dan inferior. Mulai dari serambi kanan, aliran darah di pompa menuju bilik kanan. Ketika usia masih dalam bentuk janin bayi, adanya lubang khusus yang memungkinkan aliran darah kaya akan oksigen dari ibunya secara langsung dari serambi kanan ke serambi kiri sebab jantung belum terbentuk secara normal.

Seusai bayi lahir ke dunia, maka jantung bayi sudah dapat berfungsi dan tidak lagi mengambil aliran darah bersih kaya oksigen dari ibu bayi. Lubang yang awalnya terbuka menjadi tertutup kembali pasca ia lahir dan membuat sekat sendiri antara serambi kanan dan serambi kiri.

■ Bilik kiri (ventrikel kiri) adalah bagian dari organ jantung yang paling tebal dan memiliki fungsi memompa aliran darah bersih untuk menuju keluar jantung ke seluruh tubuh. Biliki kiri organ jantung berada di bagian bawah serambi kiri dan dipisahkan dengan katup mitral. Saat terjadinya kontraksi, darah nantinya akan mengalir kembali lagi ke serambi kiri melalui katup mitral lalu memasuki bilik kiri.

Penyakit yang sering berkaitan dengan bilik kiri organ jantung adanya tekanan darah tinggi (hipertensi) sehingga mengharuskan terganggunya sistem fungsi kerja bilik kiri jantung.

■ Serambi kiri (atrium kiri) memliki tugas untuk menerima darah “bersih” dari paru-paru melalui vena paru-paru untuk dialirkan ke bilik kiri jantung. Namun serambi juga dapat berfungsi sebagai pompa yang lemah sehingga membantu aliran darah dari serambi ke bilik.

■ Dua katup jantung yang memisahkan ventrikel dan pembuluh daran besar yang membawa darah keluar dari jantung diantaranya katup pulmonalis sebagai pemisah sekat antara ventrikel kanan dan arteri pulmonalis yang menuju ke paru-paru dan katup aorta memisahkan sekat ventrikel kiri dari aorta pembuluh darah besar di dalam tubuh manusia.

Arteri membawa darah keluar dari jantung diantaranya pembuluh darah paling tebal dengan dinding otot yang berkontraksi supaya darah melaju keluar dari jantung dan menuju seluruh tubuh. Dalam sistem peredaran darah yang kaya akan darah bersih berupa oksigen di pompa dari organ jantung ke aorta. Kurva arteri besar ini naik dan kembali lagi dari ventrikel kiri lalu melaju ke depan kolom tulang belakang perut. Dua bagian arteri koroner bercabang pada awal aorta dan membelah jaringan arteri yang lebih kecil dan memberikan suplai oksigen bersama nutrisi ke otot jantung.

Sangat berbeda sekali pada aorta, pembuluh darah utama lainnya dalam tubuh, arteri pulmonalis membawa sedikit sekali darah bersih alias darah yang sedikit dengan intensitas oksigen bagi tubuh. Dari ventrikel kanan, arteri pulmonalis terbagi menjadi cabang kanan dan cabang kiri menuju paru-paru dimana darah mengambil banyak sekali oksigen.

Dari uraian tahapan pembahasan di ata kita dapat mengetahu bahwa fungsi jantung dalam sistem peredaran darah manusia sangat berkaitan dengan pembuluh darah. Maka sangat penting sekali bagi tubuh untuk mencukupi kebutuhuan darah bersih yang kaya akan oksigen. Olah raga di pagi hari secara teratur merupakan langkah awal dalam membantu meningkatkan kesehatan dan sistem kerja organ jantung.

 

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *