Edisi Terbatas Khusus Untuk Hari Bisa Kirim Barang Dulu Transfer Bayar Setelah Barang Diterima

Klik =>>> GO-SEND GRAB

   

Fungsi Albumin untuk Proses Penyembukan Luka di Kulit

Masalah fungsi albumin untuk penyembuhan luka atau tidaknya memang albumin itu memiliki sifat penyembuhan yang baik dalam proses regenerasi jaringan tubuh yang rusak. Albumin yang merupakan protein tinggi di dalam plasma darah dengan fungsi utama mengangkut molekul-molekul kecil melewati plasma dan cairan sel.

Keunggulan tersebut berhubungan pada komponen metabolisme asam lemak bebas dan bilirubin juga berbagai macam obat yang kurang larut dalam air. Namun mesti diangkut melalui darah dari satu organ ke organ lainnya supaya bisa dimetabolisme atau diekskresi.

Fungsi selanjutnya dari albumin ialah berupa efek tekanan osmotik di dalam kapiler sehingga albumin dapat menjaga keberadaan air dalam plasma darah dengan demikian volume darah akan tetap stabil. Jika kadar albumin rendah maka akan terjadi penimbunan cairan dalam jaringan diantaranya bengkak di kedua kaki dan penimbunan cairan pada rongga perut.

Albumin memiliki manfaat dalam proses pembentukan jaringan sel-sel tubuh yang baru. Pembentukan jaringan tubuh yang baru sangat penting ketika masa pertumbuhan dan mempercepat penyembuhan jaringan tubuh diantaranya pasca menjalani prosedur operasi bedah, luka bakar dan saat sedang sakit terbaring lemah.

Senyawa albumin dalam bidang farmasi senantiasa dimanfaatkan dalam membantu mempercepat pemulihan jaringan sel tubuh yang rusak diantaranya akibat operasi, pembedahan, dan luka bakar. Keunggulan lain dari albumin dalam membantu menghindari sembab paru-paru dan gagal ginjal.

Albumin memang selama ini setiap orang juga memiliki kadar albumin tertentu dalam tubuhnya dan hanya diproduksi pada organ hati dan dikeluarkan langsung ke sirkulasi darah. Intensitas albumin yang sedikit dalam tubuh dapat diakibatkan karena beberapa pemicu mulai dari malnutrisi, penyakit kronis, malabsorbsi, luka bakar stadium berat, ketika menjalani prosedur operasi, kelainan fungsi ginjal, paru-paru dan sebagainya.

Dampak plasma albumin yang kurang sekali akan berkaitan pada fungsi mempertahankan sel dalam sirkulasi darah dan apabila keadaan berat sehingga mempengaruhi fungsi pengantaran nutrisi ke dalam jaringan dengan membentuk edema (pembengkakan di kaki), low serum kalsium kendatipun tidak adanya masalah metabolisme kalsium.

Bagian yang sangat dibutuhkan dalam proses kesembuhan pada luka merupakan bagaimana cara tercepat mengeringkan luka dan perbaikan jaringan tubuh yang rusak. Bahan baku yang diperlukan sangat membutuhkan sekali adanya nutrisi penting bagi proses penyembuhan dan yang mengangkut semua nutrisi ialah protein.

Diantara berbagai nutrisi paling berperan untuk penyembuhan adalah protein tinggi. Bagi usia muda, tubuh membutuhkan protein dalam bentuk asam amino dari otot-otot tubuh. Hal demikian sebab otot dan massa tubuh pada usia muda relatif padat dan didapatkan banyak stok protein yang cukup.

Albumin sebagai bagian dari protein dalam bentuk asam amino yang terlarut dalam darah. Peran aktif albumin bersama vitamin K dapat membantu proses mempercepat luka mengering dan mempercepat penutupan pada area jaringan tubuh rusak. Berpadu pula pada hemoglobin yang bekerja mensuplai oksigen pada area luka untuk membantu proses awal pembentukan sel-sel tunas pada luka.

Tubuh sangat memerlukan asam amino essensial seperti glutamin dan arginine yang berperan besar membentuk glutathione. Senyawa fitonutrien yang sebenarnya perlindungan pada sel yang befungsi juga untuk merangsang regenerasi sel sekaligus pelindung DNA.

Pada dasarnya manusia membutuhkabn kadar normal protein sekitar 0.8 gram perkilogram beran badan setiap harinya. Sementara pada kalangan diatas 50 tahun umumnya memerlukan asupan protein antara 1 gram perkilogram berat badan setiap harinya.

Maka asupan protein dan kadar yang tepat sesuai kebutuhan dalam proses penyembuhan luka sangat kompleks. Asupan protein pun berhubungan dalam kemampuan tubuh dalam menyerap protein. Maka sangat penting bagi yang ingin konsumsi sejumlah protein tinggi tepatnya adalah kandungan albumin cukup tinggi juga.

Albumin yang cukup tinggi bisa didapatkan pada ikan gabus dan putih telur yang membantu dalam proses penyembuhan luka. Akan tetapi albumin saja tidak cukup untuk membantu proses dalam penyembuhan luka dan penyakit kulit. Biasakan untuk konsumsi protein yang tidak hanya pada hewani saja melainkan pada jenis protein nabati yang kaya sumber zat gizi.


Posted By : Jelly Gamat di Kota Bandung, Jawa Barat

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.