Edisi Terbatas Khusus Untuk Hari Bisa Kirim Barang Dulu Transfer Setelah Barang Diterima

Klik Dibawah

 

Faktor Faktor yang Mempengaruhi Kesehatan Jantung

Faktor-faktor yang mempengaruhi kesehatan jantung ada macam dan ada pula yang sangat menentukan mengenai terapi khusus dalam membantu menangani masalah kesehatan jantung. Jantung manusia dan segala sesuatu yang dapat mempengaruhi kesehatan jantung itu bersifat sementara dan ada pula yang sifatnya permanen. Banyak kalangan lanjut usia mengeluhkan kesehatan jantung karena akibat faktor-faktor yang mempengaruhi kesehatan jantung. Faktor-faktor yang mempengaruhi kesehatan jantung dalam hal ini memicu terjadinya masalah berupa penyakit jantung.

Organ dalam jantung memiliki fungsi yang cukup banyak sebab jantung adalah bagian dari organ yang sangat vital bahkan menurut fakta banyak orang yang mengalami penyakit jantung rentan terhadap resiko kematian lebih awal dibandingkan dengan kalangan normal pada umumnya. Terdapat sekian banyak jenis faktor-faktor yang mempengaruhi kesehatan jantung manusia sehingga pengaruhnya memicu permasalahan cukup serius dan bertahap pada penyakit jantung.

Ada pun mengenai faktor-faktor yang memicu terjadinya penyakit jantung antara lain sebagai berikut :

■ Menopause

Fenomena semacam ini hanya terjadi pada kalangan wanita paruh baya karena sistem reproduksinya sudah tidak lagi berfungsi sebagaimana mestinya. Dampak yang ditimbulkan dari menopause adanya akumulasi lemak dan mengakibatkan kolesterol, pada umumnya hampir sebagian besar dari kalangan wanita paruh baya mengalami masa menopause penyebab kolesterol. Apabila kolesterol ini berlebihan potensi yang bisa saja terjadi adalah penyakit jantung.

■ Kolesterol

Kolesterol yang secara berlebihan didalam sistem pembuluh darah akan menjadikan penyumbatan dalam aliran darah bersama oksigen menuju jantung mau pun menuju seluruh jaringan tubuh. Akumulasi dan penyumbatan kolesterol inilah menyulitkan fungsi jantung untuk memompa darah dalam aliran arteri (pembuluh darah). Kolesterol dapat di cek langsung dengan konsultasi pada pihak medis supaya diperoleh kepastian tentang bagaimana cara mengurangi tingkat kolesterol tersebut dari tubuh.

■ Diabetes

Tingkat gula darah tinggi dapat mempengaruhi jantung sehingga mengganggu fungsi sistem kerja jantung melalui adanya tekanan darah tinggi pula. Diabetes harus dilakukan program khusus dari medis akan membantu menyembuhkan tingkat gula darah yang naik. Selain itu gaya hidup yang sehat dan seimbang akan membantu mencegah penyakit jantung mau pun penyakit diabetes.

■ Darah tinggi

Kadar peningkatan darah tinggi sangat rentan mengalami resiko penyakit jantung. Supaya dapat menjadi salah satu sarana untuk tidak mengalami darah tinggi baik di usia muda dan usia senja maka hal yang harus dilakukan pada umumnya dengan diet makanan dan gaya hidup sehat dengan tidak tergantung pada jenis obat darah tinggi. Pada umumnya kalangan darah tinggi harus rutin check up ke spesialisnya supaya nanti bisa diatasi penyebab dan cara yang mesti dilakukan.

■ Stres dan depresi

Stres dengan depresi itu sangat berbeda pengertian dimana keduanya sangat jauh makna tetapi memang orang sering mengaitkan masalah tersebut keduanya. Stres merupakan suatu kondisi dimana mengharuskan tubuh untuk bisa memperbaiki masalah yang ada sementara depresi bukanlah bagian dari stres melainkan gangguan berupa psikis alias mental. Pada kenyataan hidup bahwa stres dan depresi berpotensi besar terhadap komplikasi penyakit kronis khususnya penyakit jantung.

■ Berat badan

Sebenarnya 9 dari 10 orang di negara tercinta ini yang memiliki kriteria obesitas sangat rentan beresiko terkena penyakit jantung khususnya usia lanjut dengan kondisi berat badan berlebihan. Tidak sekedar jantung yang dirasakan bermula dari adanya tingkat kolesterol berlebihan pada sistem pembuluh darah sehingga terjadi faktor penyakit jantung.

■ Etnis

Beberapa etnis tertentu yang dapat mengalami penyakit jantung dan sebagiannya lagi tidak sama sekali.

■ Ketergantungan merokok

Merokok sumber nikotin yang sangat susah dibersihkan di bagian dalam tubuh terutama di jantung dan paru-paru. Zat nikotin, tar akan bercampur dengan aliran darah sehingga merusak aktivitas oksigen bersama dengan darah menuju organ jantung begitu pun sebaliknya dapat dikatakan darahnya menjadi keruh kotor penuh dengan reaksi bahan kimia berbahaya.

■ Riwayat keluarga

Keluarga dan keturunan bisa menjadi pewarisan dari keluarga terutama ayah dan ibunya memiliki keluhan kesehatan penyakit jantung seumur hidup. Bisa saja pewarisan penyakit akan terus menerus diwariskan dengan adanya gangguan jantung suatu saat kelak keturunannya tumbuh dewasa.

■ Alkohol

Alkohol merupakan senyawa kimia berbahaya dimana banyak sekali kerusakan saraf yang ditimbulkan khususnya di bagian saraf pembuluh darah. Alkohol akan pula membersihkan darah yang menggangkut oksigen sehingga tidak ada oksigen sama sekali bagi jantung dan seluruh tubuh.

■ Faktor usia

Faktor usia sangat dbutuhkan pengetahuan mengenai faktor-faktor yang mempengaruhi kesehatan jantung. Jantung dan semua organ tubuh didalam akan mengalami penurunan fungsi secara menyeluruh dari tahap sederhana menjadi kompleks sehingga akhirnya menjadi gejala keluhan komplikasi kronis berupa gangguan jantung dan penyakitnya.

■ Faktor obat-obatan tertentu

Sekarang ini marak tersedia beredar informasi jenis obat berbahaya yang patut untuk diwaspadai karena tergolong obat-obatan keras. Banyak sekali jenis obat yang menjadi faktor yang mempengaruhi kesehatan jantung dan tekanan darah.  Beberapa dekongestan over-the-counter yang biasa ditemukan pada obat batuk dan pilek menyebabkan peningkatan pada tekanan darah dan denyut jantung, terkadang juga mengakibatkan rasa gugup dan kecemasan.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *