Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Fakta Nilai Gizi dan Manfaat Kesehatan Ilmiah Lalap Labu Siam Organik

Fakta Nilai Gizi dan Manfaat Kesehatan Ilmiah Lalap Labu Siam Organik

Sering melihat banyak penjual pecel atau gado-gado betawi dan siomay mencampurkan lalap labu siam dalam daftar bahan jajanan tersebut. Labu siam memang ketika dimakan lebih terasa segar dan mengandung banyak air hal itu cocok untuk di buat lalapan atau sayuran pada masakan.

Labu siam atau dalam bahasa Inggris terkenal sebutan Chayote adalah sayuran hijau organik yang banyak di konsumsi oleh masyarakat Indonesia dan beberapa masyarakat di beberapa negara. Lalapan atau sayuran yang satu ini banyak versi nama setiap daerah seperti halnya orang Jawa di sebut Jipang.

Pada dasarnya labu siam bukan berasal dari negara kita melainkan asam habitatnya dari daerah Siam, negeri Thailand yang sudah menyebar luas ke berbagai daerah.

Termasuk sebagai salah satu suku labu-labuan (Cucurbitaceae) yang dapat di konsumsi buah matang dan masih muda. Tumbuhan labu siam merambat di tanah atau biasanya dibudidayakan di pekarangan rumah, pematang sawah dan ladang luas.

Pertumbuhan labu siam boleh dikatakan lebih cepat dibandingkan dengan sayuran yang lain sehingga banyak masyarakat berminat akan berkebun labu siam.

Tahukah anda bahwa labu siam itu sebagai menu masakan di restoran kelas dunia seperti di Meksiko dan Australia?

Di Meksiko biasanya masyarakat mengolah labu siam untuk bahan masakan di restoran mewah, sementara di Australia labu siam hijau biasanya diiris lalu dibaluri tepung panir dan digoreng seperti layaknya kentang goreng.

Di Indonesia, labu siam merupakan sayuran yang umum dibuat untuk bahan lalapan teman hidangan sambal dan nasi hangat. Rasanya yang segar bisa membantu mengurangi panas dalam dan mencegah dehidrasi. Hampir di semua pasar baik tradisional atau swalayan tersedia sayuran hijau yang satu ini.

Negara pengekspor terbesar di dunia untuk sayuran hijau labu siam ditempati urutan pertama oleh negara Costa Rica. Sebuah penelitian yang dilakukan oleh University of North Florida, AS menemukan bahwa labu siam mengandung banyak vitamin. Sayuran ini rendah kalori, tentunya kaya akan sumber mineral dan tinggi serat makanan.

Fakta Nutrisi (Nilai Gizi) dan Manfaat Kesehatan Lalap atau Sayuran Hijau Labu Siam Organik Berdasarkan Analisis Ilmiah

Sayuran hijau organik labu siam yang dimasukan kategori cucurbitaceae sama halnya dengan mentimun dan melon. Buah yang kaya sejumlah vitamin B kompleks dan vitamin K.

Adanya sumber vitamin C paling baik dari semua jenis sayuran dan unsur mineral penting berupa kalsium, zat besi, magnesium, fosfor, kalium dan seng.

Terdapat unsur serat, protein, vitamin pada labu siam yang dilengkapi pula asam amino penting diantaranya asam aspartat, asam glutamat, alanin, arginin, cistein, fenilalanin, glisin, histidin, isoleusin, leusin, metionin, prolin, serin, tirosin, treonin, dan valin.

Di dalam labu siam terdapat kandungan mineral lengkap yang membantu menjaga metabolisme tetap sehat, meningkatkan fungsi kerja sistem kekebalan tubuh yang kuat.

Sayuran labu siam memiliki kandungan mineral seng, magnesium, kalsium, fosfor dan kalium. Unsur mineral merupakan bagian dari hormon dan enzim tubuh. Kalsium dan magnesium dalam labu siam membantu tulang agar tetap sehat dan potasium mendukung fungsi saraf-saraf dan otot.

Hasil analisis para ilmuan menerangkan adanya khasiat luar biasa bagi kesehatan tubuh melalui pemanfaatan konsumsi labu siam diantaranya :

  • Ternyata labu siam cocok jika dikonsumsi pengidap penyakit maag atau radang lambung

Labu siam sangat aman di santap bersama olahan atau bentuk masakan lainnya untuk pengidap maag. Sebab labu siam tidak memicu gas sebagaimana ubi jalar apabila masuk ke dalam perut.

Diet labu siam ditujukan dalam meringankan fungsi kelancaran pencernaan makanan dan membantu menetralisir kelebihan asam lambung.

  • Sebagai menu diet rendah purin

Asam urat yang kerap kali dipicu oleh sejumlah makanan pemicu purin tinggi seperti halnya makanan berlemak, kacang-kacangan, beberapa jenis sayuran itu pun sama memicu adanya zat purin yang berdampak pada pembentukan kristal asam urat di ginjal, sendi dan saluran kencing.

Berbeda dengan sayuran yang satu ini berdasarkan hasil analisis para ahli menerangkan bahwa labu siam aman untuk diet rendah purin itu artinya boleh di konsumsi penderita asam urat.

  • Termasuk sumber makanan yang cocok untuk anak-anak masih kecil dan kalangan lanjut usia

Lalapan segar ini terbilang cukup mudah sekali di konsumsi ketika di makan apabila di kukus, di sayur lodeh atau rebus untuk cara penyajiannya.

Dengan demikian, tekstur yang empuk memudahkan kalangan anak-anak dan lanjut usia bisa menikmati sebagai pelengkap kebutuhan zat gizi dari sayuran organik.

  • Labu siam menyediakan sumber vitamin esensial

Sumber nutrisi dari labu siam sangat banyak diantaranya terdapat vitamin Esensial termasuk folat dan vitamin C. Folat merupakan vitamin yang mudah larut dalam air sehingga sangat dibutuhkan bagi kesuburan wanita dan pencegahan kanker.

Dimanfaatkan sebelum masa kehamilan berlangsung mampu mengurangi risiko cacat lahir janin. Unsur vitamin C dalam labu siam sebagai antioksidan yang mampu melawan radikal bebas pemicu risiko penyakit jantung dan beberapa tipe kanker.

  • Membantu melancarkan program diet penurunan berat badan yang sehat

Nah, bagi sebagian kaum wanita ingin sekali diet kurus bisa mencoba dengan konsumsi sayuran labu siam organik. Tdak kalah menarik untuk segi rasa sangat menggiurkan apabila di buat smoothies bersama sayuran lainnya.

Terkandungan kalori rendah memungkinkan tidak memicu pertambahan berat badan dan tidak ada sama sekali kandungan lemak jenuh, kolesterol juga tidak ada sehingga cocok bagi yang ingin bersemangat berusaha menurunkan berat badan.

Terdapat kandungan serat cukup tinggi membuat seseorang merasa kenyang dalam kurun waktu lebih lama tanpa banyak kalori.

  • Tidak mengandung kolesterol sehingga baik untuk fungsi kerja jantung dan pembuluh darah

Sumber sayuran yang aman tidak memicu gas salah satunya labu siam yang di rebus atau di kukus ternyata bermanfaat untuk mengontrol kadar kolesterol dalam tubuh.

  • Serat makanan di dalam labu siam berkhasiat dalam mengendalikan glukosa dalam darah

Gizi lengkap dalam labu siam khususnya serat makanan mampu menurunkan kolesterol jahat dan pencegahan diabetes serta mendukung pembersihan sistem kardiovaskular dari efektivitas kolesterol dan trigliserida.

  • Labu siam ini mempunyai daya kemampuan dalam meningkatkan stamina dan energi yang sangat baik

Di dalam labu siam adanya sumber nutrisi mineral kalium yang sangat baik berupa elektrolit dalam mendukung stamina fisik. Kandungan potasium pun sama di dalam labu siam berkhasiat meningkatkan proses pembentukan energi.

  • Kemampuan yang bersifat obat ini ada pada labu siam untuk perawatan kecantikan

Sebenarnya labu siam mengandung jumlah flavonoid yang cukup tinggi, memungkinkan seseorang melawan zat radikal bebas dan zat paparan berbahaya pemicu penuaan kulit seseorang.

  • Lalapan organik labu siam membantu mengobati batu ginjal

Seperti dalam sumber penelitian di Amerika Serikat bahwa labu siam dipastikan aman untuk pengobatan batu ginjal secara alami.

  • Kandungan serat makanan dari labu siam efektif membantu mencegah sembelit (susah buang air besar) dan melancarkan keluarnya cairan urin

Asupan serat makanan berupa labu siam diperlukan tubuh dalam membantu melancarkan proses pencernaan makanan yang tepat guna mencegah sembelit dan selain itu baik untuk melancarkan pengeluaran air urin.

  • Khasiat labu siam bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah tinggi

Konsumsi secara teratur labu siam setiap hari dipercaya oleh analisis para ahli dapat membantu menurunkan tingkat tekanan darah tinggi secara keluruhan di dalam tubuh.

Kajian ini didasarkan oleh penelitian di Universitas Purdue dalam studi klinis menerangkan bahwa labu siam dimanfaatkan dalam bentuk teh dan dipastikan dapat menurunkan tingkat tekanan darah tinggi.

  • Labu siam nyatanya bermanfaat baik untuk mencegah penyakit jantung

Labu siam mengandung cukup banyak vitamin penting yang secara keseluruhan baik untuk kesehatan tubuh. Diantara senyawa tersebut adalah vitamin C yang bisa didapatkan dalam kandungan lalapan organik labu siam.

Vitamin C sebagai antioksidan mampu mencegah perkembangan penyakit yang diakibatkan oleh kerusakan arteri yang bisa dilakukan radikal bebas dan salah satunya mencegah penyakit jantung terjadi.

  • Kemampuan labu siam dalam mencegah anemia (kuran darah)

Saat seseorang mempunyai kondisi kekurangan dalam sel darah merah alias anemia, ini karena ada kekurangan zat besi dan vitamin B2 di dalam tubuh.

Labu siam mengandung 2 senyawa zat besi dan vitamin B2 di manfaakan untuk mengurangi gejala anemia dengan kerja menstimulasi sel darah merah hemoglobin.

Perlu di ingat bahwa lalapan hijau ini mengandung getah dengan sifat anestesi bisa memicu gatal. Namun cara mensiasatinya cukup dengan membersihkan terlebih dahulu dan di kupas untuk kemudian di kukus maka getahnya akan bersih.

Fakta Nilai Gizi dan Manfaat Kesehatan Ilmiah Lalap Labu Siam Organik

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.