Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Ketahui Efek Samping Mengkonsumsi Buah Goji Berry

Siapa yang tidak mengenal buah mungil kecil kaya manfaat yang satu ini ? Ya buah goji berry, satu-satunya buah yang konon termasuk dalam jenis buah purbakala yang hidup pada daratan Cina. Umumnya masyarakat di Cina dan wilayah lain terdekatnya memanfaatkan buah goji berry ini dalam membantu meningkatkan kesehatan karena kaya akan zat gizi lengkap.

Buah goji berry memang sarat akan kandungan zat gizi lengkap dan manfaat baik untuk kesehatan. Namun dibalik itu semua, ketahui efek samping mengkonsumsi buah goji berry memang perlu adanya agar dapat melakukan pencegahan dan terhindar dari masalah kesehatan yang akan terjadi.

Sebelum ketahui efek samping mengkonsumsi buah goji berry kita mengenal lebih dulu apa itu buah goji berry dan manfaatnya terhadap tubuh kita? Disini akan diulas secara sederhana mengenai manfaat dan efek samping mengkonsumsi buah goji berry setiap hari.

Kendati pun masih banyak tahap-tahap penelitian penting para ahli akan khasiat dan dampak lain dari goji berry bagi kesehatan karena terbatas dan sejauh ini hanya teruji pada beberapa jenis keluhan kesehatan saja.

Hasil riset menunjukkan bahwa kandungan goji berry yang baik bagi kesehatan dapat mengurangi tingkat lebih besar keluhan kesehatan alzheimer dan masalah kesehatan psikis. Selain itu kandungan Lycium barbarum polysaccharides adalah berupa nutrisi karbohidrat kompleks yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh (imunitas) dan energi harian.

Hasil uji laboratorium di Tiongkok memperoleh riset kandungan manfaat dari buah goji berry yang dapat meningkatkan enzim antioksidan pada organ hati. Buah ini memiliki manfaat yang baik dalam program diet sehat sama seperti buah dan sayuran pada umumnya.

Buah berry itu sendiri kaya akan kandungan nutrisi lengkap dari mulai tinggi serat, vitamin C, vitamin A, zat besi dan dikenal sebagai bahan dasar pelengkap protein harian. Bahkan lebih daripada itu, dengan konsumsi buah berry secara teratur setiap harinya dapat mencukupi kebutuhan antioksidan dan vitamin dalam tubuh.

Buah goji berry terdapat kandungan karbohidrat kompleks yang mampu mencukupi energi dalam waktu cukup lama. Adanya zat antioksidan zeaxhantin mendukung perlindungan sel-sel tubuh dari pajanan buruk polusi dan radiasi termasuk polusi kendaraan bermotor sehingga cocok membersihkan udara kotor dari organ paru-paru.

Konsumsi buah goji berry dapat meningkatkan kualitas tidur seseorang, mencegah bad mood dan stres, meningkatkan performa fisik dan menurunkan lemak berlebihan. Dengan konsumsi buah goji berry juga sarat kandungan nutrisi cukup lengkap menjadikan sistem kekebalan tubuh kuat, sehat, mencegah pertumbuhan sel kanker serta memelihara kesehatan organ jantung.

Simak pembahasan terkait : Khasiat Buah Berry Walatra Jus

Nah, dalam hal ini sudah dibahas mengenai khasiat dan keunggulan buah goji berry yang walau pun para peneliti masih dalam tahap terbatas. Maka kita wajib ketahui kontra indikasi tertentu atau reaksi negatif dengan ketahui efek samping mengkonsumsi buah goji berry agar bisa di cegah sebelumnya.

Dalam penelitian pada ahli secara mendalam menunjukkan walau bagaimana pun goji berry itu sangat bermanfaat baik bagi kesehatan, tetapi perlu di ingat dengan ketahui efek samping mengkonsumsi buah goji berry diantaranya sebagai berikut :

■ Buah goji berry dapat meningkatkan interaksi obat-obatan tertentu

Karena goji berry anti-koagulan yang berasal dari alam, semestinya tidak sama sekali di konsumsi oleh kalangan yang mengencerkan darah. Jenis obat tertentu yang diresepkan dokter untuk membantu mengurangi penggumpalan dan menipiskan darah dengan serta merta memberikan jus campuran goji berry dapat mengakibatkan pendarahan internal yang berlebihan.

Siapa pun yang menggunakan obat diabetes atau hipertensi baik darah rendah yang diresepkan oleh ahli medis (dokter) harus selalu konsultasi terlebih dahulu dengan dokter sebelum hendak konsumsi minuman berbahan dasar goji berry karena besar kemungkinan mengakibatkan interaksi terhadap obat-obatan tertentu.

Warfarin sejenis obat-obatan khusus dalam mengobati penggumpalan darah yang terbentuk akibat deep vein thrombosis atau kondisi pulmonary embolus. Itulah alasannya apabila hendak mengkonsumsi warfarin, maka mesti menghindari konsumsi buah goji berry karena dapat menjadikan gejala penyakit tertentu.

Interaksi obat diabetes dimana kalangan penderita penyakit diabetes mesti konsumsi obat dosis harian dalam membantu mengontrol kadar gula darahnya. Buah goji berry telah terbukti mempengaruhi fungsi pankreas dan produksi insulin. Reaksi pengaruh tersebut justru saling interaksi berlawanan yang diakibatkan konsumsi obat resep ahli medis dengan efek samping goji berry.

■ Efek samping buah goji berry dapat mengganggu kualitas tidur dan pola tidur

Sama dengan sifat yang ada pada kafein dan ginseng yang memberikan rangsangan untuk selalu waspada. Hindari konsumsi buah goji berry ketika malam hari atau sebelum tidur dan hanya boleh di konsumsi kala siang hari saja.

■ Efek samping selanjutnya dari goji berry dapat menjadi alergi serbuk sari

Terdapat kaitan beberapa hasil penelitian yang mana gejala alergi dapat meningkat pada individu bagi yang mengkonsumsi jus goji berry dan berlaku pada kalangan yang alergi serbuk sari.

■ Dampak berbahaya dari konsumsi goji berry meningkatkan hipertensi

Goji berry apabila di konsumsi secara berlebihan  dapat mengganggu kadar tekanan darah tubuh dan mengakibatkan hipertensi terutama pada pasien hipertensi.

■ Menurunkan semangat dan energi menjadi berkurang

Konsumsi buah goji berry yang sangat berlebihan dapat mengganggu tingkat energi seseorang. Kendati pun peningkatakan sejumlah energi, dalam batas tertentu baik untuk melakukan aktivitas, alasan yang berlebihan energi dapat menjadikan lebih hiperaktif dan mudah gelisah serta mengakibatkan gangguan pada konsentrasi berfikir dan pola aktivitas tertentu.

■ Bahaya goji berry dapat memicu reaksi pusing di kepala

Buah Goji berry yang berwarna merah mengandung atropin dalam jumlah yang relatif tinggi. Akibat kelebihan asupan konsumsi buah goji berry, maka kepala akan mudah pusing, ketidaknyamanan pada mata, penglihatan menjadi tidak jelas, kabur dan berhalusinasi.

■ Menyebabkan kelebihan aliran darah dalam batas normal

Buah merah yang satu ini ternyata dapat meningkatkan kecepatan aliran darah ke dalam tubuh. Jika dimakan berlebihan, kecepatan aliran darah naik melampaui batas normal dan mengakibatkan kondisi buruk pada setiap individu, diantaranya umum seperti hal penyakit hemofilia pada beberapa kalangan manula.

■ Terjadi masalah pada sistem pencernaan makanan

Gangguan kesehatan yang diakibatkan karena konsumsi buah goji berry selanjutnya ialah menjadi gangguan pada sistem pencernaan. Kondisi tersebut memicu gejala mual, muntah diare atau bahkan bisa saja keracunan untuk kalangan yang sistem kekebalan tubuhnya sangat lemah.

■ Terlalu tinggi kadar mineral selenium terhadap reaksi tubuh

Tingginya kadar selenium pada buah goji berry akan memberikan dampak buruk pada janin yang sedang di kandung. Oleh sebab itu, wanita hamil dan menyusui senantiasa berhati-hati apabila hendak konsumsi buah goji berry, segera lakukan konsultasi dengan spesialis kesehatan.

Kandungan zat mineral selenium pada buah goji berry bisa memicu cacat lahir, menurunkan jumlah kesuburan sperma pada pria dewasa dan memungkinan infertilitas pada seorang pria.

Dalam hal ini sebenarnya buah goji berry tidak sama sekali bereaksi efek samping yang berlebihan. Bahkan manfaat dari konsumsi buah goji berry jauh lebih tinggi dibandingkan dengan efek sampingnya. Mengkonsumsi buah goji berry dalam batas yang wajar dapat membantu meningkatkan dan pemeliharaan kesehatan setiap harinya.

Goji berry sebagai mana buah berry kaya zat gizi penting memiliki banyak nutrisi diantaranya vitamin C, serat, protein, zat besi, mineral kompleks, vitamin A, ZinC dan sumber anti oksidan terbesar setelah buah blueberry yang sifatnya mampu menangkan radikal bebas penyebab kerusakan sel-sel tubuh.

Nah dalam hal perlu di ringkas lebih lanjut mengenai kalangan mana saja yang tidak dianjurkan sama sekali mengkonsumsi buah goji berry diantaranya sebagai berikut :

■ Wanita yang sedang hamil dan ibu menyusui tidak mesti konsumsi buah goji berry

■ Kalangan yang memiliki keluhan gula darah rendah dan keluhan diabetes

■ Kalagan yang memiliki tekanan darah rendah mau pun darah tinggi

■ Alergi terhadap serbuk sari dan alergi pada buah goji berry

■ Kalangan yang memiliki keluhan masalah trombosit darah karena seperti pasien sedang konsumsi obat resep dokter untuk jangan sekali-kali konsumsi buah goji berry berlebihan.

Jadi, dalam hal in apabila hendak menikmati buah kaya manfaat kesehatan goji berry, mesti dilakukan batas yang wajar dalam mengkonsumsi setiap harinya. Efek samping akibat terlalu banyak konsumsi buah goji berry dapat memicu beberapa keluhan kesehatan.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.