Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Dibalik Kelezatannya, Tersimpan Selusin Manfaat Nutrisi Dari Buah Tropis Mangga

Buah-buahan sangat manis segar ketika sedang kehausan apalagi jika buah mangga yang bentuknya kontras oranye sesuai dengan daging buahnya itu terkesan sangat menarik untuk bisa disantap ketika siang hari atau waktu-waktu tertentu.

Misalnya saja saat cuaca atau udara begitu panas memungkinkan ingin sekali minum minuman dingin dan menyegarkan atau konsumsi jus buah dan sayuran.

Termasuk diantara cara yang tepat untuk menyegarkan kondisi gerah akibat cuaca panas diantaranya konsumsi buah mangga yang manis dan sudah matang. Buah mangga yang sudah matang dan terasa manis akan sangat lezat jika dibuat minuman atau bisa langsung dimakan.

Berbeda sekali dengan buah mangga yang hampir matang atau belum matang sama sekali akan terasa ketir dan biasanya orang sering membuatnya untuk bahan campuran rujak pedas.

Buah mangga itu sendiri menyimpan sejumlah manfaat kesehatan yang baik sebab terdapat kandungan nutrisi lengkap didalamnya.  B uah tropis Buah mangga berbentuk oval, teksturnya yang sangat lembut, berair, manis terutama pada daging buah yang sudah matang.

Tumbuhan tropis buah mangga habitat aslinya di iklim tropis seperti di benua Asia pada umumnya asli tumbuhan India dan Burma. Nama buah mangga itu sendiri diambil dari bahasa Tamil yaitu Mangkay atau mangay dari wilayah India bagian Barat.

Nama mangga berasal dari bahasa Malayam Maanga. Kata tersebut dibawah oleh bangsa Eropa oleh orang portugis khususnya dan diserap menjadi manga (bahasa portugis) mango bahasa inggris dan sebagainya.

Buah mangga atau tanaman mangga sejenis keluarga mangifera yang terdiri dari 35 – 40 jenis anggota dan suku Anacardiaceae. Nama ilmiah tumbuhan mangga adalah mangifera indica.

Berasal dari daerah perbatasan di sekitar India dan Burma, mangga menyebar ke Asia tenggara sekurang-kuranya semenjak 1500 tahun yang lalu. Buah mangga seperti yang dikenal memiliki berbagai versi julukan nama berupa pelem dan buah poh.

Kandungan Gizi Lengkap di Dalam Daging Buah Tropis Mangga

Satu diantara jenis buah lainnya buah mangga merupakan sumber polifenol yang cukup tinggi, dimana polifenol ini termasuk mikro nutrisi organik yang di dapat pada hampir semua tumbuhan dalam memberikan dampak kesehatan tertentu.

Komposisi buah mangga terdiri dari banyak energi terutama mengandung zat gizi lengkap diantaranya sebagai berikut :

  • Kalori
  • Karbohidrat
  • Protein
  • Lemak
  • Serat makanan
  • Vitamin C, E, A
  • Niasin (vitamin B3)
  • Asam pantotenat (vitamin B5)
  • Pyridoxine (vitamin B6)
  • Riboflavin (vitamin B2)
  • Folat
  • thiamin (vit B1)
  • Vitamin K
  • Mineral kalium
  • Fosfor
  • Kalsium
  • Magnesium
  • Sodium
  • tembaga
  • Zat besi
  • Mangan
  • Karotenoid
  • beta baroten
  • Alpa karoten
  • Potasium
  • Antioksidan kuat seperti zeaxanthin, quercetin, astragalin.

Sudah diteliti lebih lanjut secara ilmiah yang mana baik daripada senyawa fitokimia dari sifat fenolik yang biasanya ada pada semua buah-buahan menunjukkan adanya aktivitas penangkal radikal bebas. Semua jenis antioksidan dalam buah mangga berperan aktif dalam menangkal radikal bebas.

Bukti-bukti manfaat dari buah kaya nutrisi Buah Mangga Tropis Asli benua Asia

Buah mangga diperkaya dengan sejumlah vitamin dan mineral penting bersama serat dan antioksidan yang cukup banyak.

Berikut dibawah ini berdasarkan hasil penelitian secara alamiah dan ilmiah menunjukkan jika buah mangga kaya sumber nutrisi membantu meningkatkan kesehatan secara menyeluruh diantaranya ada selusin manfaat.

Apa saja selusin atau 12 manfaat buah mangga itu yang bisa di coba mengonsumsinya ? mari simak secara benar adanya diantaranya :

1. Buah mangga berkemampuan dalam mencegah penuaan karena bersifat anti aging

Waktu yang tepat dalam menuntaskan masalah kulit baik diwajah dan anggota badan yang ingin sekali tampak awet muda diantaranya dengan mencoba sifat daripada buah mangga.

Sifat dari buah mangga itu sendiri adalah agen anti aging yang fungsinya memberikan dampak dengan cara memperlambat proses penuaan sel kulit.

Tinggi akan kandungan vitamin A dan vitamimn C memberikan efek dalam meningkatkan produksi kolagen sementara itu kolagen berfungsi untuk memperlambat proses penuaan alami kulit dengan cara memberikan perlindungan bagi pembuluh darah dan jaringat ikat tubuh.

2. Selain untuk kecantikan buah mangga juga berperan aktif dalam mencegah gejala anemia

Buah mangga kaya akan kandungan zat besi sehingga memungkinkan bagian dari semua kalangan yang anemia sangat membutuhkan zat besi.

3. Kandungan buah mangga bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Sistem kekebalan tubuh manusia merupakan salah satu pertahanan yang pertama dan penting dalam melawan infeksi yang terjadi sehingga menjadikan tubuh tidak mudah terserang penyakit.

Nyatanya buah mangga mengandung unsur beta karoten yang bisa membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh yang sehat.

Sama halnya dengan sel beta karoten yang diubah menjadi vitamin A di dalam tubuh dan vitamin A dapat membantu melawan radikal bebas yang bisa merusak kesehatan tubuh.

Sudah diteliti lebih lanjut secara kajian ilmuan yang mana baik senyawa fitokimia dari sifat fenolik buah mangga menunjukkan terdapat aktivitas penangkal radikal bebas.

4.  Efektif dalam menurunkan tingkat gula darah pada penderita diabetes

Hasil kajian sekarang ini banyak menunjukkan fakta riset sebelumnya yang mana dihubungkan dengan penurunan gula darah di kalangan orang dewasa yang obesitas.

Efek anti diabetes ekstrak buah mangga dapat dihubungkan pada kemampuan buah mangga menghambat enzim amilase dan enzim glukosidase, enzim hidrolisis karbohidrat yang terjadi bisa mengurangi efek gula darah tinggi.

5. Sangat cocok digunakan untuk mengendalikan tekanan darah tinggi

Disebabkan mangga merupakan makanan yang kaya sejumlah magnesium dan potasium serta rendah unsur sodium memberikan cara tersendiri dalam menurunkan tekanan darah tinggi.

6. Buah mangga bisa membantu meningkatkan fungsional kesehatan otak dan saraf pusat

Diyakini sebagai satu diantara makanan untuk otak yang luar biasa, mangga dibekali sejumlah vitamin B6 yang penting dalam mempertahankan dan meningkatkan fungsi sehat otak dan saraf pusat.

Vitamin B6 dan vitamin B kompleks berperan penting menjaga neurotransmitter otak yang sehat dan membantu dalam mendukung suasana hati (mood) yang baik sehingga meningkatkan kualitas tidur yang normal.

7. Kemungkinan besar manfaat buah mangga sangat erat hubungannya dalam mencegah gangguan penglihatan mata terkait pertambahan usia seseorang

Sebagai bagian dari buah yang kaya sejumlah nutrisi berupa antioksidan zeaxanthin dengan bekerja menyerap sinar biru berbahaya sehingga memainkan peran perlindungan aktif dalam kesehatan mata.

8. Mangga mampu meningkatkan kesehatan tulang

Buah mangga mengandung komposisi vitamin K yang baik untuk kesehatan tulang dan hubungan pemanfaaan vitamin K adalah pencegahan risiko patah tulang, pengeroposan tulang dan sebagainya.

Vitamin K dalam buah mangga berfungsi untuk menyerap kalsium yang tepat bagi kepadatan tulang serta kandungan kalsium didalam buah mangga.

9. Mencegah potensi penyakit jantung

Ada kalanya unsur pektin, serat larut yang bisa membantu menurunkan kadar kolesterol secara alami dalam darah terutama pada buah mangga matang.

Tidak kalah pentingnya terdapat unsur natrium yang rendah dan banyak vitamin seperti vitamin B bersama-sama mengurangi risiko penyakit jantung.

10. Manfaat buah mangga bisa mengurangi risiko perkembangan sel kanker

Seperti yang disebutkan jika buah mangga mengandung pektin yang tinggi, yang tidak cukup dalam membantu menurunkan kadar kolesterol saja, melainkan berperan juga mencegah kanker prostat. Senyawa alami pektin bersama-sama dengan galektin 3, berupa protein yang bertugas untuk tahap pencegahan kanker.

Kegiatan asupan beta karoten dalam buah mangga bisa membantu melindungi terhadap kanker prostat, kanker payudara dan pengobatan alami semua jenis kanker.

Komposisi bioaktif yang terdapat di beberapa bagian buah mangga juga sudah memperoleh riset aktivitas anti kanker di beberapa tipe sel tumor yang berbeda.

11. Berbeda dari yang lain jika buah mangga mampu mencegah sembelit

Mangga memiliki kandungan serat yang dibutuhkan secara harian. Fungsi daripada serat makanan diantaranya menawarkan manfaat sebagai obat alami untuk sembelit (susah buang air besar).

12. Fungsi buah mangga mampu mengurangi sesak napas (asma)

Kalangan masyarakat yang mengonsumsi nutrisi tertentu seperti beta karoten dapat menurunkan risiko pengembangan asma. Seperti yang terdapat pada daftar gizi mangga penuh dengan unsur beta karoten. Maka buah mangga dengan demikian bertindak sebagai agen pereda sesak napas (asma).

Dibalik Kelezatannya Tersimpan Selusin Manfaat Nutrisi Dari Buah Tropis Mangga

 

 

 

 

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.