Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Cara Perawatan Alami Sehat Kulit Melalui Minyak Biji Nigella Sativa

Dalam bahasan sebelumnya telah mendeskripsikan apa saja yang menjadi manfaat minyak biji nigella sativa salah satunya untuk perawatan rambut. Nah, baru kali ini kita bisa mengenal lebih jauh lagi tentang manfaat besar lainnya dari minyak biji nigella sativa (habbatussauda) yakni untuk kesehatan kulit.

Kulit yang sehat tentu banyak sekali ingin merasakan dan menjaga supaya kulit itu tetap sehat, bersih dan terhindar dari berbagai jenis penyakit kulit. Contohnya saja, kaum wanita yang selama ini melakukan perawatan kulit agar kulit wajah dan kulit tubuh lainnya bisa menghabiskan perawatan cukup mahal. Namun, itu perlu adanya kesesuaian antara kondisi kulit dan biaya yang nantinya dikeluarkan.

Dalam artian boleh saja melakukan perawatan mahal asal semua tidak menimbulkan efek buruk yang mungkin bisa saja terjadi. Cara perawatan kulit harus dilakukan bersama spesialis kulit atau dokter kulit. Jika ingin memiliki rupa kulit yang sehat dan terbebas dan kondisi buruk maka harus melakukan perawatan kulit.

Perawatan kulit akan berbeda dari perawatan lainnya, karena perawatan kulit memang membutuhkan waktu lama untuk memperoleh kulit indah menawan dan menjadi keinginan semua orang.

Ada hal yang menarik disini bahwa tidak semua jenis perawatan serba mahal itu menjamin kesehatan dan keindahan kulit, tetapi bentuk perawatan sederhana yang sifatnya alami pun bisa membantu menuntaskannya.

Diantara jenis perawatan sederhana dan terbilang cukup tradisional yaitu melalui perawatan kulit sehat dengan minyak biji nigella sativa alias minyak dari biji habbatussauda (jinten hitam arab). Biji tanaman ini berasal dari arab, namun sudah banyak yang dikembangkan di negara lain contohnya diĀ  USA dan Eropa.

Tapi sebelum itu, mengenai bentuk perawatan kulit yang bisa dilakukan ada penjelasan yang patut untuk bisa di simak terlebih dahulu, antara lain melalui pengenalan lapisan kulit tubuh manusia.

Dalam mengondisikan semacam itu, maka kulit manusia terdiri dari beberapa lapisan yang menyelimuti tulang dan organ di dalamnya yaitu sebagai berikut :

  • Epidermis adalah lapisan kulit manusia paling luar yang nampak sekali oleh mata.
  • Dermis merupakan lapisan dibawah permukaan epidermis kulit manusia. Isi dari lapisan dermis berupa jaringan ikat, folikel rambut, dan kelenjar keringat.
  • Hypodermis – jaringan subkutan yang lebih dalam yang terbuat dari lemak dan jaringan ikat.

Tahukah sebenarnya jika orang Arab mengenal biji tamanan ini semenjak beraba-abad lamanya sebagai ramuan ?

Menurut sejarahnya telah ada pengenalan minyak biji nigella sativa terutama negara-negara Timur Tengah. Ratu Cleopatra (permaisuri fir’aun) yang pada masa itu di Mesir terkenal akan kecantikannya selalu memakai minyak biji nigella sativa sebagai perawatan kulit.

Bahkan jika beranjak pergi ke mesir disana akan ada berbagai jenis sisa sisa artefak peninggalan berupa ramuan yang di awetkan atau di balsam, di semayamkan dalam Spinx dan Piramida mesir kuno bersama dengan makam-makam raja Fir’aun zaman dulu.

Nah, baik bila menyimak sejarahnya memang terkesan menarik untuk di simak, terlebih banyak dari kaum hawa khususnya ingin sekali melakukan perawatan kulit agar kulit terlihat sehat, menawan dan indah.

Perawatan kulit sama dengan perawatan tubuh setiap hari yakni membutuhkan berbagai nutrisi yang baik khusus untuk kulit. Biasanya orang yang makan beberapa jenis makanan tertentu akan mempengaruhi kulit mereka jika memiliki kondisi alergi terhadap makanan. Berbeda dengan cara perawatan alami sehat kulit melalui minyak biji nigella sativa yang bersifat alami dan aman.

Hal apa saja yang dibutuhkan oleh kulit terutama nutrisi yang baik bagi kesehatan kulit ?

Mendapatkan nutrisi vitamin C, E dan A juga antioksidan yang besar termasuk sel beta karoten bisa sangat bermanfaat tidak hanya untuk nutrisi harian, tetapi terutama untuk perawatan kulit.

Sumber lain yang bisa membantu agar kulit sehat alami dalam banyak hal berupa asam lemak omega 3. Fungsi daripada asam lemak omega 3 diantaranya menjaga lapisan luar kulit tetap kuat dan utuh, membantu melawan racun polutan eksternal dari luar.

Apa yang menjadi faktor perawatan kulit sehat dan memperbaiki kondisi kulit yang rusak ?

Ya, jawabannya tentu adalah nutrisi dari makanan atau dari ramuan tradisional berupa zat gizi vitamin A, B, C, kalsium, kalium, magnesium zinc dan nutrisi penting lainnya.

Tahukah jika vitamin dan Antioksidan kuat berperan aktif dalam menjaga kesehatan kulit manusia?

Apa yang bisa diambil manfaatnya dari pemakaian minyak biji nigella sativa (habbatussauda) untuk kulit kalian semua?

Inilah alasan kenapa minyak biji nigella sativa itu bisa bermanfaat untuk perawatan kulit sehat

Manfaat minyak biji nigella sativa untuk kesehatan dan perawatan kulit manusia :

  • Analgesik (penghilang rasa sakit)
  • Antibakteri (membunuh bakteri atau mencegah mereka berkembang biak)
  • Anti-Inflamasi (mencegah atau mengurangi peradangan)
  • Anti-Ulkus (mengobati bisul di lambung atau usus bagian atas)
  • Antikolinergik (memblokir asetilkolin neurotransmitter untuk memungkinkan fungsi yang tepat dari otot polos dalam tubuh)
  • Antijamur (membunuh atau mencegah penyebaran infeksi jamur)
  • Antihipertensi (menurunkan tekanan darah tinggi)
  • Antioksidan (memerangi radikal bebas yang merusak atau membunuh sel)
  • Antispasmodic (mencegah dan meringankan kejang)
  • Antiviral (membunuh virus)
  • Antihistamine (mengontrol reaksi alergi)
  • Bronchodilator (digunakan untuk mengobati asma)
  • Inhibitor glukoneogenesis (anti-diabetes)
  • Hepatoprotektif (melindungi hati)
  • Insulin Sensitizing (meningkatkan kemampuan tubuh untuk bereaksi terhadap insulin)
  • Interferon Inducer (mengatur respon imun dan membunuh virus)
  • Renoprotective (melindungi ginjal)
  • Biji nigella sativa mengandung Thymoquinone yang merupakan fitokimia dengan sifat anti-kanker, anti-peradangan dan meningkatkan kekebalan tubuh.
  • Biji nigella sativa tinggi akan asam lemak esensial, terutama asam Linolenic dan Linoleic. Asam linoleat adalah asam lemak omega 6 yang memiliki sifat antikanker.
  • Biji nigella sativa mengandung 15 asam amino yang dibutuhkan untuk banyak fungsi tubuh, termasuk delapan dari sembilan asam amino esensial.
  • Biji nigella sativa mengandung mineral termasuk kalsium, natrium, kalium dan zat besi.
  • Biji nigella sativa mengandung karoten yang merupakan senyawa yang diubah menjadi vitamin A oleh hati.
  • Biji nigella sativa mengandung vitamin B-kompleks seperti Thiamin, Niacin dan asam folat dan merupakan sumber yang baik dari Pyridoxine.
  • Biji nigella sativa mengandung Phytosterols yang merupakan senyawa yang terbukti menurunkan kolesterol.

Itu diatas mengenai penjelasan sifat yang dimiliki oleh minyak biji nigella sativa yang baik untuk kesehatan kulit dan tubuh. Selanjutnya, nigella sativa ini ramuan mujarab yang terkandung unsur vitamin, mineral, asam lemak omega 3, asam lemak omega 6 dan asam amino.

Lalu ada apa saja yang bisa di dapat dari minyak biji nigella sativa yang bermanfaat dalam perawatan kulit sehat itu ?

  1. Minyak biji nigella sativa berkhasiat sebagai ramuan dalam mencegah kulit kering dengan cara melembabkan setiap hari. Minyak biji nigella sativa (black cumin seed Oil) sumber vitamin B yang sangat baik dan membantu mempertahankan kelembaban kulit.
  2. Bisa membantu mencegah timbulnya jerawat di kulit wajah, punggung dan kulit tubuh lainnya, Terlalu banyak mengeluarkan kelenjar minyak lebih rentan terhadap jerawat. Hal itu dikarenakan oleh beberapa faktor salah satunya terlalu sering konsumsi makanan pemicu produksi minyak berlebihan.
  3. Asam lemak yang dimiliki oleh minyak biji nigella sativa sangat baik dalam membersihkan sisa-sisa minyak yang menempel di kulit sehingga kulit berminyak bersih dan terbesar dari wajah berjerawat.
  4. Minyak biji nigella sativa memproduksi sel-sel kulit sehat sebagai penyerap dan pelarut minyak berlebihan di wajah lalu membuangnya melalui pori-pori bersama keringat.
  5. Bukan hanya itu saja, minyak biji nigella sativa bisa membantu meminimalkan tanda-tanda penuaan pada diri seseorang dari mulai kulit, kerutan wajah dengan sifat antioksidan yang dimiliki mampu mempertahan elastisitas dan fleksibilitas kulit.
  6. Membantu menyerang radikal bebas penyebab penuaan dan kerusakan kulit.
  7. Mencegah kerutan dan keriput wajah, mencegah iritasi kulit kemerahan dan ruam-ruam alergi.
  8. Minyak biji nigella sativa bermanfaat dengan sifat anti inflamasi yang sangat baik.
  9. Membantu meningkatkan fungsi sistem kekebalan tubuh dan astringen yang kuat dalam melawan infeksi topikal.
  10. Membantu memudarkan dan menyamarkan bintik-bintik atau flek-flek hitam di wajah melalui nutrisi di dalamnya berupa vitamin A, asam amino, dan asam lemak yang ditemukan di Minyak Biji Nigella sativa.
  11. Bekerja sama dalam meregenerasi sel sel kulit yang mati dan membantu menghilangkan bekas luka.

 

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.