Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Cara Menurunkan Demam Pada Orang Dewasa Tanpa Obat

Cara menurunkan demam pada orang dewasa tanpa obat – Tidak hanya balita saja yang mengalami gejala demam, namun demam pada orang dewasa bisa saja terjadi dan hal itu memang harus segera dilakukan perawatan. Orang biasa untuk menurunkan panas dan demam dengan cara berbeda dari mulai penyembuhan dengan obat hingga melalukan suatu terapi khusus.

Demam pada orang dewasa tentu akan sangat berbeda dengan demam yang terjadi pada kalangan balita atau anak anak, sebab gejala pada orang dewasa selain demam akan membutuhkan pengobatan lebih singkat dibandingkan dengan pengobatan anak-anak yang lama.

Demam memang mesti diobati tetapi, demam juga bisa tidak melakukan pengobatan apa pun yaitu dengan terapi khusus yang membantu awal permulaan mengalami demam. Kita mengetahui secara jelas jika demam menjadi pemicu suhu panas tubuh begitu terasa dan memerlukan penurunan suhu panas tersebut.

Demam adalah istilah lain dari seseorang yang menjelaskan tentang suhu tubuh berada di atas angka 38 derajat celsius. Demam merupakan bagian dari proses sistem kekebalan tubuh yang sedang melawan infeksi akibat virus, bakteri atau parasit.

Terdapat sebagian besar jenis obat yang dipasarkan di apotik dan toko obat semua tempat yang menjual obat demam khusus dewasa dan anak baik dalam bentuk minuman sirup, tablet, kapsul, pil bahkan butiran serbuk.

Namun itu semua, perlu menjadi penting untuk senantiasa diwaspadai sebab konsumsi pemakaian obat demam penurun panas yang di konsumsi jangka panjang bersifat keras dan bereaksi efek samping.

Berbeda dengan jenis obat resep dokter yang harus dikonsumsi pada hari itu juga dan tidak menggunakan dengan waktu jangka panjang. Supaya lebih memahami pentingnya konsumsi obat resep dokter dengan jenis obat di apotik, akan lebih baik jika konsumsi obat resep dokter saja.

Pembahasan semula tentang bagaimana cara menurunkan demam pada orang dewasa tanpa obat itu banyak sekali informasinya. Kita bisa mengetahui berdasarkan situs situs web kesehatan dan situs dokter di internet, di buku dan sebagainya.

Faktor faktor yang mempengaruhi terjadinya demam pada orang dewasa

Sekian banyak faktor pemicu demam dari mulai infeksi virus, bakteri dan faktor penularan lainnya. Sebagian besar demam bisa pulih tergantung bagaimana sistem kekebalan tubuh itu kuat dalam melawan infeksi tersebut.

Ada banyak faktor yang mendukung terjadinya demam seperti suhu lingkungan, perubahan cuaca, konsumsi jenis obat-obatan tertentu, konsumsi makanan, faktor keracunan makanan, aktivitas yang melelahkan dan sebagainya.

Semua infeksi yang ditimbulkan berakibat pada suhu panas demam sekujur badan. Dari mulai infeksi tulang, infeksi saluran pernafasan, infeksi telinga, infeksi virus, infeksi bakteri, infeksi saluran pencernaan dan infeksi lain.

Demam itu ada yang bersifat ringan dan ada pula yang sangat berat seperti contoh demam berdarah dengue (DBD) yang tidak bisa dibantu dengan perawatan obat generik biasa, namun DBD perlu adanya perawatan terkait demam dari spesialis dokter.

Orang hanya mengetahui demam sebagai kenaikan suhu panas saja, padahal kondisi demam ada berbagai macam dari mulai demam kejang, demam scarlet, demam kuning, demam rhematik dan demam berdarah.

Lalu bagaimana cara menurunkan demam pada orang dewasa tanpa obat ?

Cara menurunkan demam pada orang dewasa tanpa obat sekali lagi akan beda dengan cara menurunkan demam pada anak. Umumnya orang dewasa akan lebih cepat pulih dibandingkan dengan anak-anak, namun tidak menutup kemungkinan ada juga demam pada orang dewasa terus menerus berlanjut.

Demam bukanlah salah satu jenis keluhan kesehatan berbahaya, tetapi demam bisa meningkat karena terlalu lama tidak melakukan pengobatan atau pencegahan.

Ada banyak orang dewasa atau anak-anak yang mengalami demam kemudian suhu panasnya tidak cepat mereda sama sekali. Maka dari itu, cara menurunkan demam pada orang dewasa tanpa obat khususnya tidaklah mesti sumber acuan referensi yang baik karena hanya dengan pengobatanlah demam itu bisa sembuh.

Di bawah ini ada beberapa cara menurunkan demam pada orang dewasa tanpa obat melalui langkah langkah pertolongan pertama berikut ini :

  • Asupan antibiotik khusus yang sudah diresepkan oleh dokter

Faktor yang menjadikan orang dewasa mengalami demam secara umum akibat infeksi bakteri, virus dan faktor penularan.

Infeksi bakteri atau virus tersebut mengakibatkan keluarnya zat pirogen yaitu sebagai salah satu unsur pemicu peningkatan suhu panas tubuh.

Dengan jalan asupan antibiotik dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh dapat menghambat perkembangbiakan bakteri dan virus termasuk mikro organisme yang menghasilkan pirogen.

√ Mencukupi cairan di dalam tubuh agar terhindar dari dehidrasi berkepanjangan

Demam akan mengakibatkan kehilangan banyak cairan tubuh, sehingga air putih jernih matang dengan sejumlah unsur mineral akan membantu mencukupi cairan elektrolit sangat dibutuhkan.

Akibat kehilangan cairan di dalam tubuh yang berdampak pada peningkatkan suhu panas dan memicu demam tinggi.

Gejala yang menandakan dari kondisi komplikasi dehidrasi akibat demam antara lain :

  • Suhu panas orang dewasa melebihi intensitas suhu normal pada umumnya.
  • Mulut dan bibir yang sama sekali terlihat kering pecah pencah merah mengelupas.
  • Wajah terlihat sangat pucat pasi dan terlihat sayu.
  • Orang demam yang mengalami dehidrasi akan merasakan sering haus dalam beberapa saat.
  • Air seni yang dikeluarkan akan berwarna kuning pekat disertai dengan penurunan kegiatan berkemih.
  • Saat mengeluarkan air seni maka air seni itu akan terlihat menguap karena efek panas selama di dalam tubuh.
  • Melemahnya otot, otot terasa kaku, gemetaran ketika bangkit, merasakan keringat dingin terus berlangsung.
  • Nyeri dan kram otot, kaku leher saat dibaringkan diatas bantal, kepala terasa sakit seolah olah dipukul.
  • Penglihatan menjadi sedikit kabur terutama demam yang terjadi pada orang dewasa dan lansia.
  • Mudah sekali mengantuk dan mudah lelah.

√ Mengompres dahi dengan air hangat

Selama ini banyak sebagian besar orang mengompres dahi alias kening dengan air es, padahal itu tindakan sangat salah (keliru) untuk perawatan medis.

Demam dengan menggunakan kompres air dingin alias air es akan memicu suhu panas itu meningkat, sebaliknya bila menggunakan air hangat maka suhu panas itu akan mereda (turun).

Mandi dengan air hangat bisa membantu proses penurunan suhu panas tubuh pada orang dewasa. Madi disini, sangat berbeda dengan mandi air hangat biasa. Maksud mandi air hangat adalah dengan mengusap atau membasuh ke beberapa anggota badan melalui handuk basah air hangat.

Mengompres dengan air hangat tidak selalu pada bagian kening atau dahi saja, bisa lebih baik jika di kompres di area yang sering terasa panas contohnya dibagian ketiak, leher dan pangkal paha (selangkangan).

Dengan cara mengompres dibagian tersebut, orang yang sedang demam akan merasakan betah dan nyaman itu karena suhu panas yang berpusat diarea tersebut berlangsung menurun.

√ Memperbanyak konsumsi sayuran dan buah buahan yang kaya akan sumber vitamin

Vitamin dan nutrisi penting yang lengkap sangat dibutuhkan untuk kalangan yang sedang sakit. Seperti halnya vitamin C sebagai salah satu nutrisi penting bersifat anti biotik alami.

Dengan vitamin C akan bermanfaat dalam meningkatkan sistem kekabalan tubuh dan antibodi dari serangan infeksi, membantu meningkatkan produsi sel darah putih dalam tubuh.

Menurut beberapa hasil penelitian tidak ada masalah yang berkaitan antara konsumsi vitamin C dengan obat demam, namun perlu adanya penjelasan spesifik prihal apa yang harus dlakukan untuk mencukupi kebutuhan vitamin bersamaan dengan obat penurun panas.

Nah, itulah beberapa cara diatas sebagai langkah awal atau pertolongan pertama yang bisa dilakukan di rumah khusus untuk cara menurunkan demam pada orang dewasa tanpa obat.

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.