Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Cara Meningkatkan Kadar Albumin Dalam Tubuh

Dalam kajian ilmiah kekurangan albumin diakibatkan diet yang sangat buruk khususnya kekurangan kadar protein di dalam tubuh. Mengonsumsi protein sangat tinggi terutama albumin sangat bagus, sebab kaya nutrisi protein secara umum dan senantiasa harus ada pada beberapa jenis sajian makanan.

Nutrisi albumin berupa protein tinggi dalam darah biasanya digunakan dalam menentukan nilai kesehatan gizi. Kadar albumin yang rendah dalam darah meningkatkan resiko terhadap beberapa penyakit dan kondisi yang menggangu kesehatan terutama keluhan kesehatan ginjal, pembengkakan dan kekurangan zat gizi.

Sementara itu, tingkat potensi berbagai masalah kesehatan yang diakibatkan rendahnya albumin dapat diatasi melalui konsumsi harian dan terapi khusus sebagai cara meningkatkan kadar albumin dalam tubuh sehingga tidak mudah terjadinya keluhan kesehatan.

■ Konsumsi makanan sumber protein tinggi

Dalam porsi makanan harus senantiasa wajib ada beberapa jenis makanan yang mengandung kadar protein tinggi, misalnya daging ayam, daging sapi, sosis, steak, daging ikan salmon, susu termasuk telur.

Apabila jika tidak ada sama sekali bisa menggantinya dengan beberapa jenis sayuran termasuk sayur hijau kecambah,  biji-bijian utuh, kedelai atau menambahkan tahu tempe dalam hidangan harian.

■ Sebisa mungkin untuk konsultasikan kepada ahli kesehatan

Dengan kegiatan terapi konseling terhadap ahli medis yang mana sudah barang tentu akan mendapatkan informasi-informasi cukup penting mengenai terapi cara meningkatkan kadar albumin dalam tubuh.

■ Upayakan untuk dapat menjaga berat badan

Fokus dalam makanan yang mengandung serat dapat mencegah bertambahnya berat badan. Hal ini dikarenakan makanan kaya akan serat seperti halnya buah dan sayuran pun mengandung beberapa jenis protein tinggi yang bisa menjadi cara meningkatkan kadar albumin dalam tubuh.

■ Tidak lupa untuk sarapan pagi setiap hari

Awali harimu dengan segelas sereal yang mengandung tinggi protein seperti oatmeal, telur, susu, biskuit, keju, roti gandum menjadikan energi semakin sehat setiap saat. Di dalam telur ada banyak kandungan protein yang bisa meningkatkan albumin dalam darah.

■ Konsumsi setiap hari keju dan olahan susu

Susu dan keju dapat diolah sedemikian rupa sehingga bisa menjadi cara meningkatkan kadar albumin dalam tubuh melalui terapi harian semacam itu. Di dalam keju dan susu terdapat kandungan potasium dan fosfor yang mampu menimbulkan risiko pada orang yang menjalani dialisis dengan albumin.

■ Mengonsumsi smoothies yang sehat

Di dalam minuman smoothies dari sayur dan buah-buahan segar adalah cara tepat juga sangat melezatkan. Dipadukan dengan yoghurt yang dibuat dari olahan susu sapi kaya berbagai sumber nutrisi dan zat gizi termasuk adanya kandungan tinggi protein.

■ Mengonsumsi berbagai vitamin dan suplemen peningkat kadar albumin

Selalu konsumsi suplemen untuk meningkatkan albumin dalam darah dan vitamin dari terapi yang dianjurkan oleh ahli medis. Dengan memperbanyak kalori tubuh membantu meningkatkan nutrisi protein dalam darah (albumin) termasuk diantaranya makanan berlemak dan kandungan karbohidrat.

Kadar albumin yang merupakan bentuk dari adanya protein diproduksi langsung di dalam hati dan disimpan sebagai partikel dalam darah. Dalam studi keilmuan medis dengan kegiatan konsumsi makanan tinggi protein hewani mau pun nabati bahwa sintesis albumin dan meningkatkan kadar albumin dapat mengurangi tingkat masalah kesehatan organ ginjal juga mencegah infeksi saluran kemih.

Diatas merupakan kegiatan dari adanya terapi sebagai cara meningkatkan kadar albumin dalam tubuh yang terdapat pada aliran darah untuk membantu merawat kesehatan. Ada pun asupan makanan berikut dibawah yang bisa menjadi terapi perantara untuk mewujudkan peningkatan kadar albumin dalam darah yakni :

Sumber sayur mayur kadar protein tinggi baik dalam peningkatan albumin darah

○ Sayuran hijau brokoli

Di dalam brokoli ada begitu banyak kandungan protein dan didukung dengan unsur-unsur lainnya berupa vitamin A, B zat besi dan zinc.

○ Bayam

Bayam termasuk sayuran hijau kaya akan zat besi dan kategori komposisi albumin terbaik, sebab kandungan protein cukup tinggi dalam sayur bayam ini mampu menyehatkan dan memelihara fungsi kesehatan organ hati manusia untuk produktivitas albumin.

○ Asparagus

Mungkin sangat jarang mengenal sayuran hijau yang satu ini, sebab asparagus baik untuk meningkatkan fungsi otak dan kecerdasan otak anak pada periode pertumbuhan si kecil. Di dalam kandungan asparagus terdapat kandungan protein yang cukup baik bagi kesehatan.

○ Sayuran kentang

Sayuran kentang adalah satu diantara jenis makanan sumber albumin terbaik. Kentang bundar utuh menyimpan bahan alami protein tinggi. Kentang yang sangat sehat untuk kemudian di rebus atau pun di kukus maka zat proteinnya tidak akan hilang tetap utuh bahkan tidak akan terkontaminasi pada kandungan lemak jenuh.

○ Kacang kapri

Kacang kapri mengandung 8.9 gram protein pada setiap 1 cangkir dimana di dalamnya terkandung vitamin A, B C dan fosfor yang dapat membantu mencegah kerusakan jantung dari kondisi kekurangan zat albumin dalam plasma darah.

○ Sayuran kembang kol

Kembang kol memiliki kandungan kaya  protein dalam beberapa massa tertentu melalui pengukuran ahli juga uji lab klinis.

○ Kecambah/tauge

Kecambah atau tauge sangat banyak kandungan protein termasuk kandungan serat dan senyawa anti bakteri yang mampu menghentikan pertumbuhan sel kanker pada stadium awal.

○ Jagung manis

Baik itu jagung manis atau pun jagung pada umumnya bisa membantu meningkatkan kadar albumin dalam plasma darah. Sama juga dengan kecambah kalau albumin ini mampu secara efektif mencegah dan memblokir pertumbuhan sel kanker.

Adanya kandungan berbagai vitamin, serat dan protein tinggi di dalam jagung manis. Jagung manis umumnya orang sering mengonsumsi dengan cara di tumis dan di buat bahan campuran sayur.

○ Buncis

Kadar protein dalam buncis sangat baik bagi kesehatan sel-sel darah, sebab buncis ini mampu meningkatkan kinerja organ hati dalam hal memproduksi jumlah albumin di dalam tubuh secara optimal.

○ Jamur

Kandungan jamur terdapat selenium, asam pantotenat, riboflavin, fosfor, kalium dan zinc. Jamur sangat rendah kalori dan proteinnya cukup banyak mencapai kadar protein hampir sama dengan daging ikan dan daging sapi.

Asupan makanan jamur sangat bagus dalam masa pertumbuhan anak-anak karena memiliki kadar karbohidrat kompleks juga aman bagi hormon-hormon di dalam tubuh. Namun, terapi semacam ini perlu dibatasi karena yang namanya jamur bisa saja mengakibatkan efek masalah kesehatan tertentu jika secara berlebihan dalam mengonsumsinya.

Sumber peningkat kadar albumin dalam beberapa jenis buah-buahan

○ Buah pisang

Buah yang paling umum dan tentunya paling dekat keberadaannya untuk bisa dikonsumsi sebagai terapi cara meningkatkan kadar albumin dalam tubuh hanya perlu konsumsi buah pisang setiap hari.

Pisang adalah buah yang kadar albuminnya cukup baik dan menjadikan sumber energi cukup lama dalam menjalankan aktivitas. Pisang kuning yang sudah matang terdapat kandungan 100 gram protein sebagai pencetak rekor terbanyak kandungan protein untuk jenis buah-buahan.

○ Buah manggis

Buah yang terasa manis dan asam ini memiliki warna yang kontras dan terkesan menarik bahkan buah ini terkenal manjur untuk mencegah pertumbuhan sel kanker dan penyakit degeneratif seperti diabetes dan kanker. Buah manggis menyimpan sejumlah protein cukup sehingga dapat menjadi terapi cara meningkatkan kadar albumin dalam tubuh.

○ Buah jambu biji merah

Buah jambu biji merah sebagai terapi cara meningkatkan kadar albumin dalam tubuh memang sangat tepat, sebab kaya akan protein cukup tinggi. Keunggulan lainnya dalam jambu biji merah ialah mendukung keberadaan zat anti inflamasi yang membantu meningkatkan fungsi pencernaan yang baik.

○ Buah alpukat

Di dalam buah alpukat terdapat 2 gram protein/100 gram yang di dalamnya pun ada kandungan vitamin E. Kandungan vitamin E mampu menormalkan jaringan kulit dari dalam sehingga saat albumin dalam intensitas yang normal pada darah, maka vitamin E akan semakin bekerja optimal dan cepat untuk penyembuhan luka dan jaringan kulit yang mengalami kerusakan.

○ Buah Jeruk Manis

Buah jeruk manis dan matang pun tidak kalah pentingnya, sebab memiliki kandungan protein cukup banyak. Kandungan jeruk kaya akan vitamin C dan zat anti bakteri yang sudah teruji secara klinis mampu melindungi jaringan tubuh dari dalam termasuk meningkatkan kesehatan pada organ hati dalam memproduksi kadar albumin.

○ Buah segar markisa kaya sumber albumin

Buah markisa mengandung banyak sumber albumin protein tinggi dan diperkaya dengan vitamin A dan C juga mineral utuh lainnya yang mendukung produktivitas protein dalam melindungi jaringan ginjal, hati dan sistem pencernaan.

○ Buah naga

Salah satu buah yang kini digemari oleh masyarakat kebanyakan karena segar dan menyehatkan baik untuk di buat smoothie jus siang hari yang terik ditambah campuran buah-buahan segar lainnya. Nutrisi protein yang sama pada buah naga dan bisa beraneka macam warna daging buah ada yang merah, kuning dan putih.

Kandungan protein  albumin cukup banyak pada jenis daging

○  Daging ikan tuna

Daging ikan tuna yang hidup diperairan laut terdapat kandungan protein cukup besar dan bermanfaat baik sebagai makanan kaya sumber albumin aman bagi segala usia.

○ Daging ikan lele mau pun ikan gabus

Daging ikan lele sama halnya dengan ikan gabus mengandung sumber albumin cukup tinggi. Daging ikan lele baik bagi perkembangan otak anak dan dewasa dengan memberi perlindungan pada jaringan otrak dan jantung di segala usia.

○ Minyak hati ikan hiu dan minyak ikan salmon

Minyak ikan mengandung sumber albumin terbanyak dan nutrisi penting lainnya termasuk omega 3.

○ Daging unggas (ayam, itik, angsa, bebek, burung)

Daging ungga semuanya kaya akan sumber zat protein tinggi dan albumin, sangat bagus untuk pertumbuhan dan perkembangan hormon anak dan meningkatkan kesehatan otak anak.

○ Daging sapi, daging kambing, daging kelinci dan semua jenis daging hewan ternak

Terdapat beberapa makanan yang semuanya kaya sumber albumin terbanyak termasuk daging hewan ternak seperti daging ayam, daging sapi, daging kelinci, daging kalkun semuanya dapat meningkatkan albumin dalam darah untuk membantu proses penyembuhan.

Produk olahan susu sumber terbanyak albumin bersama protein dan vitamin

Yoghurt, susu kambing, susu sapi, keju, sereal, oatmeal dalam mengonsumsinya banyak kandungan protein tinggi. Keju asli terbukti mampu meningkatkan albumin dalam darah relatif lebih efektif jika dibandingkan produk olahan susu pada umumnya.

○ Sumber terkaya albumin pada biji-bijian utuh dan kacang-kacangan

Biji-bijian utuh termasuk gandum dan berah merah sumber terbanyak kandungan proteinnya yang bagus untuk memelihara kesehatan. Kandungan biji-bijian dan kacang-kacangan sangat rendah sehingga rendah kalori dan bisa sebagai alterntif pengganti nasi putih.

Itulah beberapa cara meningkatkan kadar albumin dalam tubuh melalui terapi konsumsi diet sehat dan konsumsi beberapa makana sumber terbaik protein tinggi. Sangat penting dengan adanya protein ini bisa membantu mempercepat proses penyembuhan jaringan tubuh yang rusak dan mencukupi kebutuhan nutrisi protein setiap hari.

Created Pos : Jelly Gamat di Daerah Bandung

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.