Edisi Terbatas Khusus Untuk Hari Bisa Kirim Barang Dulu Transfer Setelah Barang Diterima

Klik Dibawah

 

Cara Mengobati Penyakit Jantung Lemah Secara Alami

Cara mengobati penyakit jantung lemah secara alami sudah banyak yang menyajikan informasi semacam ini, karena cara mengobati penyakit jantung lemah secara alami paling sangat dianjurkan baik oleh kalangan ahli terapi mau pun ahli medis sekali pun. Penyakit jantung lemah itu sendiri memang ada yang sifatnya sementara, ringan, sedang, permanen dan ada pula yang bersifat kronis alias begitu berat sama sekali.

Tubuh pada dasarnya memiliki berbagai otot otot antara lain otot tulang, otot halus dan otot kardiak. Otot kardiak merupakan paling ada hanya pada organ tertentu diantaranya organ jantung. Organ jantung memiliki fungsi cukup vital dengan segenap fungsinya dan otot jantung yang berkerja. Organ jantung berhubungan erat dengan sistem pembuluh darah arteri dan pembuluh darah vena. Kedua pembuluh darah ini kerap menjadi potensi membahayakan disebabkan terdapat faktor penghambat dan pemicu gangguan jantung.

Diantara yang menjadi faktor pemicu penghambat dan gangguan kerja jantung dimana kedua pembuluh darah sering dilalui oleh zat kolesterol berlebihan yang menumpuk dan menyumbat aliran darah bersama dengan oksigen. Tubuh menjadi normal dan bekerja sebagai mana mestinya maka jantung harus senantiasa memompa 100.000 kali dalam setiap harinya dan semua itu bergantung pada otot jantung (otot kardiak).

Sudah pernahkah mendengar sebelumnya mengenai nama lain dari kondisi jantung lemah atau kardiomiopati?

Nama lain dari penyakit jantung lemah, lemah jantung dalam bahasa medis sebagai kardiomiopati sangat berhubungan dengan kondisi otot jantung. Melemahnya jantung sebagai akibat dari faktor otot jantung dan arteri jantung, termasuk pula katup jantung dan darah tinggi. Kendati demikian terdapat beberapa tingkatan gangguan otot jantung yang bisa diakibatkan oleh penyakit lain. Lemah jantung dapat menjadi pemicu terjadinya detak jantung yang lemah dan tidak terkendali sehingga bisa terjadi pada penderita berupa gagal jantung.

Penyebab lemah jantung atau kardiomiopati tidak mampu memompa darah dan bersama oksigen ke seluruh tubuh begitu pun sebaliknya dari seluruh tubuh menuju jantung. Tidak hanya dipengaruhi oleh otot jantung saja bahwa gangguan kardiomiopati alias jantung lemah banyak sekali diantaranya sebagai berikut :

■ Memiliki riwayat keluhan kesehatan darah tinggi kronis.

■ Akibat kerusakan jaringan jantung dari dampak serangan jantung yang sebelumnya pernah terjadi pada si penderita.

■ Keadaan genetika dari faktor keturunan.

■ Detak dan denyut jantung yang berdegup cepat tidak terkendali untuk waktu tidak sedikit.

■ Terjadi masalah di wilayah katup jantung misalnya katup jantung yang bocor.

■ Kekurangan vitamin dan mineral yang dapat merusak sistem aliran pembuluh darah misalnya vitamin V1 dan B kompleks.

■ Terjadi penumpukkan zat besi pada beberapa otot jantung dengan istilah medis Hemochromatosis

■ Prihal gangguan pada metabolisme misalnya diabetes, kelebihan berat badan dan penyakit kelenjar getah bening mau pun kelenjar tiroid.

■ Penyalahgunaan obat-obatan terlarang dan ketergantungan merokok, minuman beralkohol tinggi selama bertahun-tahun baik sudah dihentikan pemakaiannya mau pun efek samping dari kebiasaan tersebut.

■ Efek samping dari pemakaian jenis obat tertentu misalnya obat khusus sistem saraf penenang, penurun panas, pereda nyeri otot yang memang menurut pemerintah dan medis sudah diberhentikan dari izin edarnya.

■ Efek samping dari jenis obat kemoterapi dan terapi radiasi untuk mengobati kanker.

■ Gangguan yang dapat mengakibatkan produktivitas protein abnormal atau yang di kenal sebagai Amyloidosis.

■ Gangguan yang terjadi pada jaringan ikat tubuh.

■ Kondisi sebagian besar yang menjadikan peradangan cukup serius pada organ selain jantung dan jantung berupa gumpalan sel-sel tertentu.

■ Adanya faktor lain berupa infeksi hepatitis C, sirosis hati, hepar, liver yang dapat melukai bagian jantung karena jarak sangat berdekatan sehingga memicu lemah otot jantung.

Mengenai hal lain yang menjadikan terjadinya faktor lemah jantung atau kardiomiopati diantaranya didasarkan oleh jenis faktor pengaruh gejala sebagai berikut :

■ Lemah jantung Restriktif

Salah satu jenis penyakit yang sangat langka akibat adanya penumpukkan protein abnormal dan zat besi pada otot jantung. Tidak hanya itu, dapat dikarenakan oleh kondisi amyloidosis, sarcoidosis kelainan pada sel darah yang dapat merusak kinerja jantung, gangguan pada jaringan ikat tubuh dan gangguan lain yang tidak diketahui sumber penyebabnya. Jantung lemah jenis ini sering kali rentan menjangkit kalangan manula meski bisa saja terjadi pada segala usia.

Jenis lemah jantung terjadi sebagai salah satu akibat kekakuan otot jantung sehingga jantung tidak dapat mengembang dengan baik dan berujung pada terhambatnya aliran darah ke dalam jantung.

■ Jantung Lemah Hypertrophic

Bagian dari salah satu keadaan sebagian potensi besar akibat faktor genetika yang diturunkan oleh keluarga dan dapat menjangkit pada semua jenis umur termasuk anak-anak. Gangguan yang timbul akibat menebalnya otot jantung secara tidak biasa terutama pada ventrikel kiri jantung. Penebalan ini berakibat pada jantung yang sukar dalam memompa darah.

■ Lemah jantung Dilated

Akibat terlalu sering konsumsi jenis obat-obatan tertentu atau efek samping penggunaan obat dalam jangka panjang dapat memicu potensi besar terjadinya penyakit lemah jantung jenis ini. Tidak hanya itu, untuk jenis lemah jantung semacam ini bisa saja terjadi akibat dampak kemoterapi, alkohol, infeksi peradangan otot dan pembuluh darah, keadaan berat jantung koroner dan pemicu yang tidak dapat diduga sebelumnya secara pasti.

Secara umum untuk jenis penyakit jantung lemah dilated sering menjangkit kalangan pria paruh baya dan pengidap dengan riwayat jantung lemah di dalam genetika. Gangguan ini terjadi dikarenakan adanya daerah ventrikel jantung di bagian samping kiri pengidap tidak mampu melakukan kontraksi dan memompa darah dengan normal. Kendati demikian mengakibatkan ventrikel bagian samping kiri meluas dan menghambat darah mengalir ke luar jantung.

■ Lemah jantung Arrhythmogenic right ventricular

Sama juga sebelumnya dengan jenis jantung lemah Restriktif dimana salah satu gejala lemah jantung cukup langka dan parah. Penyakit ini bisa saja diakibatkan oleh faktor pemicu genetika keturunan dari riwayat keluarga dan kelainan pada protein yang merekatkan sel otot jantung.

■ Jantung lemah iskemik

Merupakan gejala dimana saat jantung tidak mampu lagi memompa darah ke seluruh tubuh karena arteri koroner. Pembuluh darah ke otot jantung sempit dan mengakibatkan terjadi penyumbatan.

■ Jantung lemah/lemah jantung beralkohol adalah akibat karena terlalu sering konsumsi alkohol berlebihan dalam jangka waktu cukup lama alias kecanduan. Akibatnya jantung tidak lagi memompa darah dan menjadi besar.

■ Jantung lemah peripartum hanya cukup terjadi selama dan sesudah masa kehamilan. Sangat langka terjadi ketika jantung melemah untuk waktu cukup lama sekitar lima bulan lebih pasca melahirkan dan di dalam bulan-bulan terakhir masa kehamilan. Jika muncul pasca persalinan terdapat kadang kala jantung lemah postpartum sebagai bagian dari bentuk jantung lemah yang melebar dan mengancam nyawa seseorang dan sampai saat ini masih dalam tahap riset penelitian para ahli.

■ Lemah jantung membatasi salah satu bentuk paling umum terjadi ketika ventrikel membeku dan tidak biasa rileks untuk memberikan volume cukup darah. Jaringan parut di bagian organ jantung bisa menjadi pemicu sesudah melaksanakan transplantasi jantung.

■ Lemah jantung non kompaksi sering biasa di sebut dengan spongiform kardiomiopati salah satu penyakit lemah jantung langka yang hadir ketika lahir. Ini bersumber dari perkembangan tidak normal otot jantung di dalam rahim.

Sel otot jantung yang tidak normal dan mati setelah itu digantikan berubah oleh sel baru yang berlemak dan berserat (jaringan parut),  menyebabkan ruang jantung memompa dan menyebarkan darah ke seluruh tubuh. Penyakit ini dapat terjadi pada segala usia dan penderita umumnya memiliki ritme denyut jantung yang terganggu. Pada umumnya penderita penyakit jantung lemah mempunyai potensi besar gagal jantung dan penyakit jantung lainnya.

Berikut di bawah terdapat beberapa gejala umum yang biasa dimiliki oleh pengidap lemah jantung antara lain :

■ Bila sering terjadi kelelahan akan sangat kemungkinan besar parah sekali gajala diantaranya jantung terasa berdegup kencang tidak terkendali, kepala menjadi pusing dan hendak pingsan.

■ Breathlessness dengan tenaga atau saat istirahat

■ Adanya pembengkakan kaki, pergelangan kaki dan bagian kaki lainnya.

■ Terasa tangan basah dingin jika dipegang atau di sentuh meski pun tidak melakukan aktivitas atau berkeringat sama sekali.

Terdapat beberapa cara mengobati penyakit jantung lemah secara alami yang bukan hanya dengan jenis makanan baik bagi jantung melaikan solusi kesehatan berikut dapat membantu memelihara otot jantung antara lain :

■ CoQ 10 dapat membantu menghidupkan kembali sel pada organ jantung dan secara umum dapat mengembalikan ukuran dan bentuk jantung pasca terjadinya gagal jantung kongestif.

■ Konsumsi makanan yang kaya akan asam lemak omega 3 dapat membantu mencegah kerusakan jantung yang diakibatkan oleh nyeri dada sesak.

■ Enzim proteolitik salah satu senyawa aktif biologi dapat membantu dukungan nutrisi cukup lengkap bagi tubuh sebab memiliki fungsi membersihkan arteri koroner dan membarukan atau mencegah peradangan jaringan epikardial yang ada di sekitar jantung.

■ Suplai makanan kaya akan magnesium dapat membantu mengubah kembali normal bentuk dan katup jantung.

■ Kandungan makanan kaya akan vitamin B kompleks dapat membantu memberikan pemeliharaan bagi organ sehat jantung.

■ Makanan yang memiliki zat besi seperti ketumbar dan chlorella dapat mengurangi risiko kejadian koroner akut.

■ Konmsumsi makanan pedas seperti cabe rawit, cabe merah dan jenis berry hawthorn dapat membantu meningkatkan kekuatan otot jantung.

■ Konsumsi buah alpukat dapat membantu mengurangi terjadinya penyakit periodontal, yang mengurangi kemungkinan kejadian koroner akut.

■ Olahraga secara teratur sangat bermanfaat dalam membantu meningkatkan vitalitas kerja jantung.

■ Menenangkan pemikiran dan jiwa dengan bermeditasi, beribadah, berada di alam bebas bisa memicu adrenalin dan ketenangan bagi jantung sehingga potensi gangguan jantung akan menurun akibat olah nafas yang dilakukan.

Itulah demikian cara mengobati penyakit jantung lemah secara alami bersama dengan pembahasan jenis penyakit jantung lemah gejala dan pengertiannya. Mudah-mudahan apa yang disajikan dalam pembahasan mengenai cara mengobati penyakit jantung secara alami ini menambah wawasan dan pengetahuan akan pentingnya untuk senantiasa merawat dan memelihara kesehatan jantung dengan gaya hidup sehat, istirahat yang cukup, batasi merokok, batasi jenis obat-obatan tertentu dan alkoholisme secara selalu olah raga secara teratur. Semoga kali ini bermanfaat.

 

 

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *