Edisi Terbatas Khusus Untuk Hari Bisa Kirim Barang Dulu Transfer Setelah Barang Diterima

Klik Dibawah

 

Cara Mengobati Luka Bernanah Pada Penderita Diabetes

Luka pada area tangan mau pun area kaki terutama jari jemari kaki tentu sangat menjadikan tidak nyaman sama sekali bagi yang mengalami kondisi luka gangren alias luka diabetes basah. Luka gangren kerap menjadikan pandangan terhadap diri sendiri dari orang lain tidak sedap untuk dipandang, bahkan terbilang menakutkan bagi yang melihatnya. Cara mengobati luka diabetes bernanah pada penderita diabetes sebenarnya bisa menjadi solusi untuk mempercepat pengeringan luka basah bernanah akibat tingkat gula darah naik.

Penyakit diabetes melitus mengakibatkan komplikasi parah berupa adanya bentukan luka yang umum muncul pada daerah jari jemari kaki. Bagi mereka yang selama ini mengidap diabetes baik diabetes melitus dan diabetes inpisidus sangat memerlukan perawatan yang baik oleh ahli medis. Luka basah bernanah ini kerap memicu gejala lain berupa rasa sakit dan terbakar juga adanya rasa gatal sehingga mengharuskan dirinya menggaruk lalu memperluas kerusakan area luka telapak atau jari-jari kaki.

Cara mengobati luka bernanah pada penderita diabetes melitus akan sangat berbeda sekali dengan penderita diabetes inpisidus atau luka lainnya. Secara umum akan ada hal-hal yang menjadi penghambat untuk melambatkan proses pengeringan dan penyembuhn luka kulit pada penderita luka gangren.

Mengapa penderita diabetes melitus akan sukar dan terhambat untuk proses pengeringan luka bernanah yang terjadi padanya? Lalu apa penyebab dan cara yang mesti dilakukan untuk mempercepat proses pengeringan luka gangren?

Berikut merupakan beberapa faktor yang dapat mempengaruhi terhambatnya proses pengeringan luka gangren diantaranya :

■ Sakit pada area saraf

Neuropati perifer seperti gejala kebas, kesemutan, asam urat   sebagai bagian dari gejala awal yang mesti diwaspadai. Sebab gejala neuropati perifer adalah penyebab munculnya tingkat kadar kolesterol berlebihan dalam tubuh sehingga pemicu utama diabetes melitus selain gula darah.

Neuropati perifer berupa kerusakan saraf di area jari-jari tangan dan kaki dapat mengakibatkan tingkat intensitas glukosa dalam tubuh konsisten lebih tinggi dari biasanya. Lambat laun, akibat kerusakan yang terjadi pada sistem saraf di kaki dan pembuluh darah. Dengan demikian bisa saja memicu area yang mengalami kerusakan terutama jari kaki kehilangan sensasi atau mati rasa.

Sakit pada saraf alias neuropati perfer lebih biasa cenderung pada tangan dan kaki. Apa bila hal demikian muncul, secara mendadak besar kemungkinan akan mengakibatkan luka di area kaki. Faktor tersebut dominan terjadi luka gangren bernanah pada pengidap diabetes melitus tipe 2.

■ Intensitas glukosa darah naik daripada biasanya

Tingkat kenormalan kadar gula darah dalam tubuh merupakan seberapa cepat luka basah bernanah akan sembuh dan kering. Hal yang terjadi jika tingkat intensitas glukosa dalam darah naik maka akan berlangsung kondisi atau keadaan sebagai berikut :

○ Oksigen bersama dengan nutrisi tidak bisa normal berjalan sebagai mana mestinya dalam sirkulasi darah.

○ Sistem imunitas yang tadinya kuat lambat laun mengakibatkan melemah karena terganggunya fungsi-fungsi tubuh lain.

○ menjadikan peradangan luka begitu hebat di area yang mengalami kerusakan.

○ Kadar glukosa berlebihan memperlambat proses pengerikan dan kenormalan kembali luka.

■ Terjadinya infeksi cukup serius

Ketika tubuh sudah tidak mampu lagi mempertahan daya tahannya secara langsung melemah, maka serangan infeksi virus dan bakteri menyebabkan luka semakin lama semakin meluas. Beberapa elemen perlindungan dari sistem kekebalan tubuh manusia yang diproduksi langsung dalam penyembuhan luka dan daya kekuatan imunitas sangat lemah sekali. Apabila sistem kekebalan tubuh yang sangat lemah dan tidak berfungsi sebagaimana normal mestinya, maka proses penyembuhan luka bernanah akan semakin terhambat dan risiko infeksi dari internal dan eksternal akan semakin menjadi.

Nah, mungkin diabetes melitus yang menjadikan luka serius dan tidak mudah cepat kering  memang memerluka cara yang tepat berupa tindakan cara mengobati luka bernanah pada penderita diabetes.

Cara membantu meningkatkan kesehatan dan penyembuhan diabetes untuk nanti janka panjang sebagai suatu langkah awal pencegahan

Terdapat beberapa bentuk kegiatan yang bisa dilakukan dalam mencegah dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan membantu penyembuhan luka diabetes basah bernanah diantaranya sebagai berikut :

○ Konsumsi makanan yang menyehatkan. Dengan diet sehat dan seimbang tentu dapat mempengaruhi secara langsung pada tingkat kadar gula darah dengan menghindari karbohidrat olahan, berlebihan dalam gula dan makanan yang cepat saji itu sangatlah tidak dianjurkan sama sekali.

○ Diet sehat dan seimbang yang penting dilakukan untuk proses penyembuhan diabetes dan perlindungan daya tahan tubuh antara lain senantiasa konsumsi makanan kaya akan serat, buah-buahan sayuran dan kacang mau pun biji-biji utuh. Ada pun jenis nutrisi yang dibutuhkan dalam proses penyembuhan luka antara lain vitamin C,  Zinc atau seng dan protein.

○ Berhenti merokok. Dengan ketergantungan terhadap merokok menurunkan kemampuan sel duntuk membawa oksigen. Merokok tidak hanya menggangu sistem daya tahan tubuh tetapi juga meningkatkan potensi terjadinya penyakit jantung.

Konsumsi herbal madu dan teripang. Dalam beberapa kajian ilmiah dari dokter yang sudah ahli di bidangnya terdapat khasiat alternatif yang ditawarkan oleh madu sebagai pengganti yang efektif untuk penyembuhan luka ulkus kaki diabetik. Dengan demikian bahwa gamat dan madu kini sudah tersedia dalam bentuk jelly cair gamat yang langsung dari alami.

○ Selalu tetap aktif olahraga. Olahraga akan membantu meningkatkan sensitivitas insulin ini akan membantu sirkulasi glukosa dalam darah masuk ke dalam sel menjadi lebih efisien dan meningkatkan penyembuhan serta memelihara kesehatan.

Cara mengobati luka bernanah pada penderita diabetes lebih menekankan pada pembahasan cara pencegahan gejala pemicu luka yaitu mencegah kenaikan tingkat gula darah dalam tubuh. Maka oleh sebab itu, sebenarnya untuk cara mengobati luka diabetes hanya perlu penanganan baik melalui cream khusus luka dan obat khusus luka gangren. Selain itu perlu ditunjang dengan kegiatan dalam hal pencegahan tingkat gula darah berlebihan.

 

 

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *