Cara Mengobati Asam Lambung Naik Ke Tenggorokan

cara mengatasi asam lambung naik ke dada, cara mengobati asam lambung secara alami, cara mengatasi asam lambung tanpa obat, cara mengobati asam lambung dengan kunyit, cara mengobati asam lambung dengan cepat, mengobati asam lambung dengan madu, ciri ciri asam lambung naik, makanan untuk penderita asam lambung

Cara mengobati asam lambung naik ke tenggorokan dengan bahan-bahan tradisional rumahan yang bisa anda dapat dengan mudah. Ada begitu banyak bahan tradisiobal rumahan yang bisa menjadi solusi tepat dalam membantu mengurangi gejala asam lambung atau juga sakit maag.

Organ lambung termasuk organ yang paling sensitif sehingga sangat mudah sekali terserang berbagai gejala gangguan pada organ lambung. Sebenarnya lambung tidak hanya sebagai bagian sistem pencernaan, melainkan peranan aktif dari organ lambung seperti adanya pelindung bagi tubuh dari serangan infeksi bakteri, virus, jamur yang masuk ke dalam tubuh melalui makanan yang di makan.

Fungsi lambung jika tidak di jaga sama sekali akan menimbulkan banyak masalam terutama penyakit asam lambung naik ke kerongkongan. Asam lambung yang naik kerongkongan inilah yang sering terjadi pada berbagai kalangan usia dari mulai balita, wanita mengandung, wanita mennyusui, dewasa hingga manula.

Di dalam organ tubuh manusia terutama di bagian sistem pencernaan seperti organ lambung ada beberapa asam lambung atau enzim lambung dalam membantu mencerna makanan. Asam lambung sangat dibutuhkan sekali sebagai proses pencernaan makanan dan membutuhkan kadar yang sangat stabil artinya tidak berlebihan dan tidak kurang.

Jika kondisi asam lambung itu berlebihan sudah dipastikan bahwa akan memudahkan resiko penyakit asam lambung naik ke tenggorokan. Tidak sekedar dengan bahan tradisional, faktor gaya hidup sehat juga sangat diperlukan sebagai upaya cara mengobati asam lambung naik ke tenggorokan. Asam lambung naik ke tenggorokan di kenal dalam dunis medis dengan istilah GERD ( Gastroesophageal Reflux Disease). Diantara gejala yang sering terlihat dari kondisi GERD antara lain Nyeri Ulu Hati, Sukar dalam menelan, tidak nafsu makan, mulut terasa kering dan lidah saat mengecap makanan terasa pahit sebagai dampak dari kondisi asam lambung naik ke tenggorokan.

Dampak yang serius dari melemahnya katup otomatis esofagus di bagian bawah belum di teliti secara jelas. Katup esfogus itu sendiri memiliki fungsi yang sangat baik sebagai penutup dan pembuka atau jalan masuk makanan dari mulut ke lambung secara otomatis. Faktor yang lebih umum terjadi sebagai akibat asam lambung naik ke tenggorokan diantaranya disebabkan kondisi obesitas atau kelebihan berat badan tubuh.

Makanan yang serba pedas, asam, zat kafein, makanan berlemak, minuman kaya soda atau berkarbonasi, alkoholisme juga menjadi faktor lain terjadinya asam lambung naik tenggorokan. Bahkan bukan hanya terjadinya GERD di organ lambung, akan tetapi gejala penyabab asam lambung naik ke kerongkongan seperti munculnya radang esofagus (radang kerongkongan), gastritis (radang lambung), gastroparetis (keterlambatan gerakan mencerna di dalam lambung).

Bukan hanya bersangkut paut pada jenis makanan yang di makan, gejala asam lambung bisa terjadi lantaran terlalu sering melupakan pentingnya menjaga pola makan misalnya dengan makan terlalu terburu-buru, kurang konsumsi air, terlalu sering konsumsi makanan yang sangat pedas, asam, soda, alkohol dan makanan yang sama sekali membahayakan kondisi lambung. Maka, untuk itu, sangat dianjurkan untuk selalu menjaga pola makan dan selalu menjaga gaya hidup sehat.

Berikut di bawah ini beberapa contoh gaya hidup sehat sebagai cara mengobati asam lambung naik ke tenggorokan diantaranya :

Menjauhi makanan pemicu kontraksi asam lambung naik

GERD dapat diakibatkan oleh beberapa jenis makanan yang bisa memancing terjadinya masuknya asam lambung ke kerongkongan seperti makanan pedas, makanan berlemak, makanan dengan soda, makanan dan minuman yang berkafein serta minuman beralkohol tinggi. Tidak hanya itu, zat nikotin dalam rokok juga bisa memacu rangsangan asam lambung agar naik ke tenggorokan.

Hindari memakai pakaian pemicu penekanan pada perut.

Pakaian yang serba menekan perut sudah barang tentu akan memicu lambung agar perut tertekan. Jika kondisi perut yang semakin hari semakin di tekan, maka perut akan memuntahkan makanan sebagai akibat dari asam lambung naik kerongkongan. Tidak sekedar itu, makanan yang sesuai porsi akan membantu kerja lambung menjadi lancar.

■ Istirahat yang Cukup

Menurut catatan medis bahwa waktu tidur yang baik atau normal berkisar antara 8 jam lebih waktu tidur. Secara umum kondisi asam lambung lebih cenderung terjadi kepada mereka yang waktu tidurnya melebihi waktu tidur normal. Tidak menutup kemungkinan juga akan terjadi pada orang yang sering begadang setiap malam karena organ lambung bekerja seharian penuh tanpa memerlukan adanya istirahat.

Ada faktor lain dari istirahat yang tidak cukup seperti produktivitas hormon stres yang terus menerus meningkat sehingga menyebabkan kondisi tubuh melemah termasuk sistem kerja lambung pun melemah. Gaya hidup buruk seperti ini harus senantiasa di hindari agar nantinya mendapatkan fungsi kerja lambung yang normal.

■ Tidur dengan posisi kepala sedikit tinggi

Dengan tidur posisis kepada atau leher lebih tinggi, maka makanan yang sedang di cerna oleh lambung tidak dapat kembali ke esofagus. Makanan yang di cerna di dalam lambung, akan tetap berada dan tidak pernah naik ke kerongkongan.

Bahan-Bahan Rumahan Secara Tradisional sebagai Cara mengobati asam lambung naik ke tenggorokan.

Terdapat banyak sekali bahan-bahan sederhana yang bisa dijadikan cara mengobati asam lambung naik tenggorokan dengan ramuan tradisional berikut :

Baking Soda

Mungkin makanan dan minuman yang bersoda sangat tidak dianjurkan dalam kesehatan lambung bagi pengidap asam lambung. Namun, fakta unik dari baking soda ini mampu menjadi solusi lain dalam membantu asam lambung agar tidak naik. Tidak hanya itu, baking soda juga mampu menetralkan asam lambung.
Caranya cukup satu sendok teh baking soda yang dilarutkan dengan segelas air, minumlah 1-2 jam sehabis sarapan.

Jahe.

Minuman yang serba jahe atau makanan dari jahe bisa membantu proses pengosongan lambung seperti adanya gejala refluks asam lambung dapat di kurangi dengan bahan alami jahe.

■  Permen Karet.

Perman karet yang satu ini bukan permen karet dengan rasa peppermint, sebab jenis permen rasa peppermint bisa membantu menaikkan rangsangan asam lambung agar naik ke esofagus. Permen karet yang bebas gula buatan akan membantu produktivitas air liur. Air liur memiliki fungsi yang baik bagi sistem kerja lambung sehingga membantu menetralkan asam lambung.

Teh Chamomile

Jenis teh yang seperti ini dapat dijadikan andalan yang alami dan aman dalam membantu mengurangi gejala dispesia atau pun sakit maag. Akan tetapi dalam kajian sekarang ini belum masih ditetapkan manfaat teh chamomile untuk organ lambung.

Upaya dalam mengobati asam lambung bisa dilaksanakan di rumah melalui perubahan gaya hidup. Kendati demikian, tidak ada bahan alami yang dapat memperbaiki kerusakan esofagus akibat GERD, beberapa jenis bahan alami mungkin dapat membantu meredakan gejala. Selain itu, berbagai obat untuk mengendalikan asam lambung dapat anda dapatkan secara bebas di apotek. Akan tetapi, apabila gejalanya tidak kunjung membaik, Anda disarankan untuk segera menghubungi dokter agar mendapatkan pengobatan medis yang tepat.

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *