Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Cara Mengkonsumsi Wortel untuk Kesehatan Mata

Sama dengan sayuran maka wortel dimasukan ke dalam kategori sayuran karena telah banyak yang membuat olahan sayur mayur dan masakan lainnya dengan bahan dasar wortel.

Wortel adalah bahan masakan jenis sayuran paling banyak digemari karena rasa wortel yang sedikit manis dan tentu sangat kaya akan zat gizi diperlukan cukup baik oleh tubuh.

Kandungan wortel ada begitu banyak sehingga tidak heran jika cara pengolahan wortel untuk di konsumsi pun berbeda beda salah satunya cara mengkonsumsi wortel untuk kesehatan mata anak dan dewasa.

Dengan kebiasaan mengkonsumsi wortel setiap hari secara teratur dan tidak berlebihan akan sangat membantu dalam meningkatkan fungsi kesehatan mata. Ada beberapa cara yang mesti dilakukan jika hendak mengkonsumsi sayuran wortel yaitu dengan beberapa teknik pengolahan yang baik nanti di bawah ini.

Awal permulaan membahas mengenai cara mengkonsumsi wortel untuk kesehatan mata dapat diketahui dengan seksama untuk pembahasan mengenai manfaat wortel itu sendiri khususnya buat kesehatan mata.

Kandungan nutrisi yang paling berperan dalam membantu meningkatkan kesehatan sebagai asupan setiap harinya adalah beta karoten berupa karotenoid yang sebagian besar pada sayuran wortel.

Karotenoid itu berubah bentuk menjadi unsur vitamin A yang bisa membantu meningkatkan fungsi mata dan biasa di kenal sebagai retinol yakni unsur vitamin A sekelompok senyawa yang bertindak sebagai antioksidan.

Antioksidan membantu menangkal radikal bebas yang mampu merusak dari sel sel mata dan bagian sel mata lainnya atau sel sel jaringan organ tubuh lainnya.

Vitamin A mampu melindungi permukaan bola mata, kornea mata dari efek kerusakan benda asing dan radikal bebas. Nutrisi yang kaya vitamin A seperti halnya wortel itu berkombinasi dengan vitamin di dalam wortel yaitu Vitamin C dan E termasuk 2 antioksidan, mineral zinc dan tembaga.

Dengan unsur unsur tersebut membantu mengurangi risiko pengembangan degenerasi makula yang berhubungan dengan usia dan penyakit mata seseorang.

Nutrisi vitamin A dan lutein yang terdapat di dalam wortel ini bersama sama membantu melindungi terhadap efek kerusakan mata berupa retinitis pigmentosa, gangguan genetik yang mempengaruhi hampir banyak orang di seluruh dunia.

Akibat kekurangan vitamin A diantaranya memicu berbagai gangguan penglihatan mata diantaranya termasuk kalangan anak-anak dan terus menerus berkembang setiap tahunnya.

Memanfaatkan kandungan unsur vitamin A dapat mencegah kekurangan vitamin A diantaranya bisa mudah ditemukan dalam wortel. Dikombinasikan dengan bahan alami lain kaya akan vitamin sayuran bermanfaat mencegah degenerasi makula dan gangguan kesehatan mata ketika usia lanjut.

Dengan cara mengkonsumsi wortel untuk kesehatan mata secara tepat dan teratur bisa meningkatkan efek positif terhadap kulit dan vitamin A wortel mudah sekali larut dalam air dan tidak menumpuk di dalam tubuh jadi aman sekali.

Sebenarnya kandungan vitamin A untuk suplemen kesehatan masih diteliti secara bertahap karena walau bagaimana pun juga bahan alami justru sangat tepat dimanfaatkan bukan dalam bentuk suplemen.

Wortel mengandung nutrisi dan antioksidan yang sangat tinggi dapat membantu mencegah penyakit mata tertentu seperti kekurangan vitamin A dan bermanfaat untuk mata guna meningkatkan kesesuaian dengan tubuh.

Vitamin A wortel kaya akan beta karoten, pigmen karotenoid sebagai pigmen asli warna oranye dari wortel merupakan bahan yang sangat penting adanya untuk pembentukan vitamin A.

Ini alasan yang mendasari supaya vitamin A diperlukan untuk kesehatan mata diantaranya, sebab kekurangan vitamin A berakibat pada :

  1. Katarak
  2. Degenerasi Makula
  3. Xerophtalmia (penyakit ditandai dengan mata kering, berair, kelopak mata bengkak bisul, dan adanya benjolan korena bola mata.

Lain pula dengan antioksidan yang satu ini berupa lutein antioksidan sangat penting membantu meningkatkan kepadatan pigmen di makula, area oval berbentuk kuning di pusat retina. Melalui kepadatan pigmen, retina mata bisa terlindung lebih dari risiko kemungkinan degenerasi makula dan bisa menurun secara bertahap.

Singkatnya wortel itu banyak manfaatnya untuk kesehatan mata dan bisa membantu mencegah faktor risiko astigmatisme, kondisi seperti strambismus, glaukoma dan penyakit mata lainnya.

Saat seseorang jarang sekali atau kekurangan vitamin A seiring berjalannya waktu lama kelamaan akan fotoreseptor mata mulai menurun, dengan begitu penglihatan akan terganggu.

Nah , sudah dijelaskanlah diatas mengenai manfaat yang bisa di dapat dan pada intinya sayuran wortel itu bermanfaat sekali untuk membantu meningkatkan fungsi kesehatan mata karena kandungan alami yang dimilikinya.

Ada pun bahasan topik sebelumnya yang membahas mengenai resep cara mengkonsumsi wortel untuk kesehatan mata adalah berupa pengolahan wortel yang bisa dibuat dengan beraneka ragam olahan diantaanya :

Cara mengkonsumsi wortel untuk kesehatan mata antara lain :

Terhadap kesehatan mata khususnya manfaat dan kegunaan yang bisa diambil dengan jalan konsumsi wortel begitu sangat luar biasa dirasakan. Wortel efektif membantu mencegah gangguan kesehatan mata berupa rabun senja, jauh dekat dan faktor risiko lainnya.

Hal tersebut didasarkan hasil penelitian para ahli dan uji klinis yang sesuai dimana memperoleh bukti bahwa kandungan provitamin A wortel bisa bermanfaat dan kandungan vitamin lainnya.

Mengenai cara pembuatan atau cara mengkonsumsi wortel untuk kesehatan mata ada beberapa versi yaitu :

  • 2 buah wortel (kupas,cuci,potong2)
  • 2 sendok makan gula pasir
    160 mililiter air matang

Proses penyajian cukup mudah :

  • Cuci terlebih sayuran wortel hingga benar-benar bersih
  • Masukkan wortel gula pasir dan air matang untuk kemudian blender semua bahan hingga sangat halus lalu saring dan sajikan dingin bisa dengan es atau air es.

Nah untuk kalangan bayi yang bisa membantu meningkatkan fungsi kesehatan mata si kecil melalui konsumsi wortel antara lain dengan cara :

  • 1 buah wortel
  • 2 buah jeruk manis
  • 100 mili liter air matang

Cara pembuatannya sedikit berbeda bagi kalangan dewasa diantaranya dengan kupas wortel dari kulitnya dan bersihkan terlebih dahulu, kupas jeruk manis dan ambil perasan air jeruknya. Blender kedua bahan bersama-sama hingga benar benar lembut dan halus. Bahan yang sudah lembut itu bisa di buat bubur sayuran atau bisa ditambahkan ke bubur anak(bayi).

Pembuatan jus wortel dengan jus tomat

Sedang dalam mengkonsumsi jus wortel anda bisa juga memadukan wortel dengan beberapa buah lainnya. Anda bisa mencampurkan buah tomat yang sangat cocok dikombinasikan dengan wortel.

Anda menambahkannya dengan berbagai campuran sayuran yang lainnya. Dan berikut resep cara mengkonsumsi wortel untuk kesehatan mata berupa campuran jus wortel dan tomat yang bisa anda buat sendiri di rumah.
Bahan resep:
1 buah wortel (telah dikupas)
1 buah tomat
1 sdm gula pasir /madu
300 mL air matang (dingin)
Cara membuat jus wortel dan tomat:
Cuci bersih wortel dan tomat.
Potong semua buah menjadi bagian kecil-kecil.
Masukan semua bahan ke dalam gelas blender.

Sudah lengkap cara diatas untuk langkah langkah cara mengkonsumsi wortel untuk kesehatan mata melalui pembuatan yang secara sederhana dan alami.

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.