Edisi Terbatas Khusus Untuk Hari Bisa Kirim Barang Dulu Transfer Bayar Setelah Barang Diterima

Klik =>>> GO-SEND GRAB

   

Cara Menghilangkan Gatal Di Selangkangan Akibat Jamur

Cara menghilangkan gatal di selangkangan akibat jamur dan infeksi bakteri khususnya bagi sebagian kalangan dewasa dan sebagiannya lagi anak-anak.

Mengenal ciri khas dari kondisi gatal selangkangan

Pemicu rasa gatal di selangkangan sangat sukar untuk diatasi secepatnya apa bila belum sama sekali diperoleh apa masalah itu terjadi dari mulai akibat jamur atau akibat kelainan kulit yang dimiliki.

Maka sangat penting untuk diketahui dengan pasti mengenai beberapa besar kemungkinan pemicu rasa gatal pada selangkangan diantaranya infeksi jamur dan infeksi bakteri atau bisa pula virus.

Infeksi jamur pada kulit selangkangan bukan kali kedua terjadi dan merupakan pemicu paling sering rasa gatal di area selangkangan pria mau pun selangkangan wanita.

Infeksi jamur yang memicu rasa gatal di sekitaran area selangkangan ini dinamai dengan tinea cirus. Jamur sangat mudah tumbuh di selangkangan karena menyukai daerah lembab apalagi kebersihannya kurang terjaga.

Tanda khas dari infeksi jamur yang terjadi pada selangkangan dewasa diantaranya berwarna merah cokelat hingga kehitaman dengan batas tegas seperti bentukan pulau berbintik, kulit bersisik (mengelupas) terkadang terdapat area yang melepuh dibagian tengah.

Rasa yang sangat gatal sekali akan tidak bisa ditahan untuk segera menggaruknya terlebih saat selangkangan sedang basah akibat keringat.

Beberapa keluhan penyakit kulit di bawah ini yang sering memicu rasa gatal khususnya di area selangkangan dewasa antara lain :

  • Intertrigo

Intertrigo merupakan bentuk gejala peradangan pada kulit (dermatitis) yang hanya mempengaruhi lipatan kulit. Hal demikian itu bisa muncul saat kulit oleh gesekan antar kulit dengan pakaian bahkan ditingkatkan parah lagi bila udara selangkangan lembab dan panas.

Tanda-tanda dari intertrigo yang sering terjadi di selangkangan diantaranya kemerahan pada kulit, rasa terbakar dan gatal gatal di lipatan kulit termasuk lipatan paha dan selangkangan.

Risiko yang berbagai muncul berupa infeksi bakteri yang memicu iritasi dengan dirasakan gatal diselangkangan berwarna kemerahan, berbentuk nanah cair putih.

  • Scabies

Scabies merupakan bentuk peradangan kulit yang diakibatkan oleh kutu sarcoptes scabies. Diantara tempat favoritnya merupakan kulit yang tipis seperti sela sela jari, perut dan daerah selangkangan.

Tanda khas dari penyakit kulit gatal ini berupa rasa gatal parah sekali di malam harinya dan bisa menular ke anggota keluarga sekitar.

Penyakit scabies ini adalah akibat reaksi bahan iritan berupa bahan kimia sabun, cream kosmetik, sabun mandi, deterjen, busa kontrasepsi, pembalut kain, salep dan berbagai infeksi jamur dan kutu kemaluan berupa Phthirus pubis.

Rasa gatal akibat infeksi jamur ini diakibatkan oleh jenis jamur berupa dermatophytes. Setiap orang ini memiliki jamur mikro (kecil) dan bakteri yang hidup di tubuh yang lembap khususnya di pangkal paha (selangkangan.

Jamur dermatophytes hidup pada jaringan kulit, rambut, kuku dan area yang mati tumbuh subur banyak di daerah hangat dan lembab.

Pada umumnya infeksi jamur lebih sering dialami oleh kalangan yang terlalu sering berolahraga sehingga memudahkan keringat membasahi area selangkangan.

Jika keringat sudah kering yang nantinya tidak bersih sama sekali saat mandi besar kemungkinan akan bercampur dengan reaksi paparan bahan kimia sabun. Hal tersebut lebih memicu besar kondisi penyakit gatal di selangkangan.

Beberapa komponen berikut yang bisa membantu dalam hal penyembuhan rasa gatal di selangkangan diantaranya :

  1. Cuka apel (ACV)
  2. Bubuk soda kue
  3. Spiritus
  4. Kanji dan tepung jagung
  5. Hidrogen Peroksida
  6. Minyak essensial
  7. Oatmeal dan epsom garam dapur
  8. Bawang putih dan madu
  9. Lidah buaya
  10. Calamine lotion
  11. Listerin obat kumur
  12. Lemon
  13. Bawang
  14. Minyak kelapa
  15. Ekstrak herbal

Perawatan kulit gatal selangkangan dengan Cuka Apel (ACV)

  • 1/2 cangkir cuka sari apel
  • 2 gelas air jernih
  • kain lembut

Cara pengobatan

Encerkan sari cuka apel ke dalam air dengan diaduk, kemudian celupkan kain lap di tempat dan letakkan di area yang terserang rasa gatal selam 5-10 menit.

Angkat kain lap dan tepuk pelan pelan dengan lembut atau menekan sedikit pada selangkangan. Ulangi kegiatan tersebut 2-3 kali sehari.

Pemakaian baking soda (soda kue)

Anda membutuhkan bahan :

  • 1-2 sendok makan baking oda
  • air

Buatlah pasta kental dengan baking soda di campur air dan oleskan pada ruam ruam kulit yang gatal di selangkangan. Biarkan selama 15 menist berkerja cuci dan bersihkan kulit hingga kering. Oleskan pasta baking soda setiap 2 kali dalam sehari.

Perawatan oles alkohol

Bahan yang dibutuhkan berupa :

  • 90% alkohol isopropil (alkohol gosok biasa)
  • Kapas

Dengan menggunakan kapas caranya oleskan alkohol ke area terkena gejala gatal dan luka lalu biarkan perih dan kering. Biasakan untuk mencobanya 2-3 kali dalam sehari.

Tepung jagung dan kanji

Bahan bahan :

Kanji dari tepung jagung

Taburi beberapa tepung maizena pada ruam ruam dan biarkan sendiri bekerja dan kering Ulangi kegiatan beberapa hal selama siang hari.

Minyak atsiri dari bawang putih

Sebenarnya tidak mesti membuat minyak atsiri dari ekstrak bawang ptuih cukup dengan menotolkan satu siung bawang putih yang sudah ditumbuk halus dan dibalur ke area selangkangan yang gatal. Anda boleh juga dengan menambah tumbukan bawang putih dengan madu sehingga menjadi pasta madu dan bawang putih.

Lidah buaya

Potong daun lidah buaya dan ekstrak gel yang ada di dalamnya. Bersihkan daerah yang terkena sebelum pemakaian lidah buaya. Oleskan gel lidah buaya segar di atas lalu biarlan cukup lama . Ulangilah kegiatan mengolskan gel lidah buaya 2-3 kali sehari.

 

 

 

 

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *