Edisi Terbatas Khusus Untuk Hari Bisa Kirim Barang Dulu Transfer Bayar Setelah Barang Diterima

Klik =>>> GO-SEND GRAB

   

Cara Mengetahui Ciri Ciri Madu Murni Asli Tanpa Campuran

Tahukah jika madu murni bisa jadi madu yang di campur atau bisa juga tidak? Apakah anda tahu juga perbedaan antara madu murni benar-benar asli dengan madu yang di campur? bagaimanakah kita bisa tahu 100% asli atau tidaknya madu murni? Tanpa mengetahui tutorial dan cara mengetahui perbedaan madu murni dengan madu campuran kita tidak akan mampu membedakannya.

Mengetahui akan ciri ciri madu murni yang benar sekali asli langsung dari sarang lebah atau dari nektar bunga yang biasa dihinggapi lebah itu perlu melakukan berbagai uji tes percobaan yang tepat.

Sering kali banyak orang yang belum sama sekali paham dan belum mampu membedakan mana madu murni asli atau madu campuran alias madu kw1, kw2, hingga kw3 (madu campuran/tiruan).

Perlu berbagai tes uji coba sehingga kita bisa membedakan mana yang termasuk dalam kriteria madu asli (murni) langsung di proses tanpa bahan apa pun dan mana yang termasuk madu campuran alias madu oplosan dengan bahan lainnya.

Berbicara mengenai madu, cara menguji kemurnian madu memang sangat penting sekali, sebab bila mengetahui khasiat aslinya dari madu murni sudah pasti itu sangat bisa bermanfaat untuk proses penyembuhan.

Apa ya madu murni itu dan perpedaannya dengan madu campuran ?

Seperti yang sangat ingin di dapat madu murni dan asli itu semestinya tidak berasal dari pabrik namun asli dari sarang lebahnya langsung. Biasanya orang sering menyebut madu murni sebagai madu organik dan alami.

Secara tidak langsung kita bisa melihat diberbagai etalase toko makanan dan toko obat banyak tersedia madu, nah yang jadi pertanyaan apakah itu termasuk madu organik alias madu murni ataukah tidak ?

Untuk menjawab permasalahan tersebut mengenai madu murni yang tersedia di toko apakah asli atau tidaknya, kita perlu melakukan berbagai uji tes keaslian.

Lalu, apa itu madu campuran alias madu yang ternyata dicampurkan bahan lainnya?

Nah, sekarang untuk madu campuran alias tidak murni yang kenyataannya memiliki bahan campuran lain dan secara umum orang sering menyebut madu campuran sebagai madu buatan.

Biasanya madu campuran itu selalu di tambah pemanis berupa glukosa, dektrosa, tetes tebu, sirup gula, pemanis, tepung, sirup jagung, pati, atau produk sejenis lainnya selain nektar bunga dan madu dari sarang lebah.

Pada pembahasan kali ini kita akan mempelajari sedikit mengenai cara mengetahui ciri ciri madu murni asli tanpa campuran dan mengetahui pula madu campuran itu sendiri.

Beberapa bahasan sederhana ini bisa dilakukan di rumah atau bisa juga langsung di uji lab para ahli diantaranya dengan cara mengidentifikasi jenis madu murni asli dan madu campuran :

  • Penelitian Isotop Stabil Karbon

Biasanya uji tes ini mengenai uji laboratorium para ahli sehingga mengetahui proses pemisahan madu asli secara rumit dalam proses pengkajian ulang. Biasanya orang melakukannya para ahli dibidangnya untuk menguji secara menyeluruh dari produksi industri madu dan pabrik khususnya contohnya perusahaan farmasi jamu dan herba.

Dari kajian analisis isotop stabil karbon, FlashEA Elemental Analyzer atau metode spektrometer Massal Isolasi DELTA V digunakan.

Sifat sederhana seperti ketebalan dapat dengan mudah mengetahui apakah madu tersebut murni dan asli atau tidak sama sekali. Sebenarnya untuk bisa melihat secara kasat mata adalah dengan cara cek kerapatan dan ketebalan tekstur madu itu sendiri.

Menurut pengamat ahli madu di Indonesia, Surandi K Riyanto menilai, kemurnian madu dan kealamian madu hanya bisa ditelaah di laboratorium karena tidak ada cara lain yang dapat dipertanggungjawabkan.

Di laboratorium, kandungan glukosa pada madu murni lebih besar dan mendominasi dibanding madu tiruan yang ada pada madu tiruan adalah kandungan sukrosa.

Madu murni mengandung banyak sekali kandungan mineral seperti natrium, kalsium, magnesium, alumunium, besi, fosfor dan kalium.

Vitamin dalam madu berupa thiamin (B1), riboflavin (B2), asam askorbat (C), piridoksin (B6), niasin, asam pantotenat, biotin, asamfolat dan vitamin K.

Madu murni akan tampak tebal dan akan cukup lama di pindahkan, artinya tidak cepat jatuh ke wadah lainnya sementara madu campuran akan lebih cepat berpindah dan menetes ke lainnya walau tidak secepat air.

Cara Menguji Kemurnian Madu yang dapat dilakukan di rumah

Sementara itu untuk menguji ulang yang secara sederhana dan dapat dilakukan di rumah bisa dengan beberapa langkah berikut bersama tutorialnnya antara lain :

Banyak produsen dan pabrik madu yang mendapatkan keuntungan semata dengan jalan mencampurkannya dengan tetes air tebu dan sirup gula dalam hal membantu tekstur dan kekentalan madu.

Ada banyak cara yang bisa dilakukan dalam membantu mengetahui ciri ciri madu murni dan madu yang tidak asli diantaranya :

  • Tes uji jempol
  • Tes uji air
  • Tes uji flame
  • Tes uji campuran cuka air

Tes jempol (ibu jari tangan)

Ini merupakan prosedur uji coba yang secara sederhana namun belum bisa dijadikan referensi yang cukup beralasan karena segala sesuatunya harus dengan tes uji laboratorium.

Prosedur untuk melakukan tes uji ibu jari untuk menguji kemurnian madu asli dengan madu campuran yaitu :

  1. Teteskan langsung madu pada di ibu jari anda yaitu lakukan analisis untuk melihat apakah ada tumpahan atau menyebar di sekitar bila ya itu tergolong jenis madu tidak murni. Karena madu murni dari segi teksturnya tebal sanggup bertahan dan lama sekali encernya.
  2. Madu murni akan terus selalu tetap utuh di ibu jari anda dan tidak meluber kemana mana.

Tes uji kemurnian madu dengan larutan air

  1. Isi gelas dengan air
  2. Tambahkan 1 sendok makan madu ke dalam gelas
  3. Madu tiruan terlihat akan mudah larut bersama dengan air, sementara madu murni akan lama larut dan menempel di dalam gelas berisi air tatkala air itu di campur aduk.

Tes uji flame dalam membantu memeriksa kemurnian madu

Tahukah jika madu murni itu sangat mudah terbakar dan mudah mendidih ? Ya, walau pun madu itu mudah sekali terbakar tetapi madu akan sangat aman seperti biasanya untuk di konsumsi.

  • Caranya sangat gampang sekali cukup dengan membakar madu diatas sendok makan dengan api lilin menyala.
  • Biasanya madu murni akan lebih mudah terbakar dan mendidih saat nyala api lilin terjadi, sedangkan madu tiruan atau madu campuran akan lama mendidihnya.

Metode lain untuk membantu membedakan madu murni dan madu campuran dengan air cuka

  • Sediakan air
  • Tambahkan 2-3 tetes esensi air cuka ke dalam madu
  • Campur aduk dengan baik
  • Amatilah dengan seksama 2 sampai 3 menit Jika berbusa sudah barang tentu madu itu madu madu asli dan berbuih banyak.

Sebenarnya madu dari segi sejarah pengenalannya sudah ada ribuan tahun semenjak sejarah kuno Mesir, konon menurut mitosnya orang orang zaman mesir terutama raja raja dan para bangsawan yang disemayamkan ada yang mengawetkan jasad secara utuh dengan baluran madu termasuk makanan yang diawetkan dengan madu.

Pelestarian kebudayaan mengenai madu hingga kini menjadi mitos sejarah yang unik dan faktual terutama yang tinggal di wilayah Afrika Utara, Timur Tengah dan kekaisaran Romawi Kuno selama ribuan tahun.

Kenapa ini bisa terjadi demikian ? Yuk simak lebih seru lagi bahasan mengenai madu

Madu murni itu sangat awet dalam sifatnya dan tidak akan pernah basi berbeda dengan madu tiruan lebih mudah asam dan basi ketika sudah kadaluwarsa.

Madu murni dari segi aroma memiliki aroma khas seperti halnya madu murni yang asli di dapat dari pohon rambutan, pohon kapuk randu atau kelengkeng akan beraroma seperti buah atau jenis tumbuhan tersebut.

Contoh lain ada juga madu pohon mahoni akan terasa sangat pahit sekali layaknya biji mahoni yang langsung di telan dengan tekstur warna hitam seperti biji mahoni.

Madu campuran atau madu tiruan akan tidak memiliki aroma khas apa pun itu bentuknya, terlebih madu tiruan mungkin akan beraroma gula biasa yang ketika di hirup langsung.

Bagi kalangan penderita diabetes melitus akan sangat mudah sekali di tebak untuk bisa menentukan mana madu murni dan mana pula yang madu tiruan.

Biasanya kalangan penderita diabetes yang secara langsung konsumsi madu murni lebih cepat bertenaga layaknya orang normal dan sehat seperti biasa.

Tetapi sementara itu jika penderita diabetes melitus konsumsi madu tiruan dan bukan madu dari bunga atau sarang akan tidak berpengaruh sama sekali bahkan bisa memicu bahaya kesehatan lainnya.

Tes kemurnian madu lewat semut apakah bergelombol langsung atau tidak sama sekali ?

Madu murni sudah mengalami fermentasi jadi kandungan alkohol pun meningkat, semut tidak menyukai bau alkohol jadi tidak bergelombol mendatanginya.

Sedangkan madu tiruan dan madu campuran banyak sekali kandungan gula pasir dan sejenis pemanis lainnya sehingga semut datang bergerombol dengan cepat.

Madu murni akan kaya kandungan propolis dan bee polen karena di dapat langsung dari nektar bunga dan sarang lebah di hutan. Biasanya seranggga akan takut dengan propolis sebab fungsi propolis adalah melindungi madu dari berbagai infeksi benda termasuk semut.

  • Cara yang banyak dilakukan bisa dengan menggunakan ikan mentah ke dalam botol isi madu

Tutup botol hingga kedap udara setelah 2 minggu periksa ikan yang sudah dipendam dalam madu. Pada madu murni dan asli ikan akan menciut dan berubah warna menjadi pucat namun tidak berbau apa pun.

  • Madu Murni akan mengeluarkan buih buih busa yang bergerak secara merata dan perlahan ke atas. Busa dan buih yang terbentuk itu bergerak naik ke atas dan mendorong tutup botol sehingga ketika membuka tutup botol akan terdengar suara letupan kecil layaknya minuman bersoda.
  • Ciri ciri madu campuran dan tiruan : mengeluarkan busa buih yang bergerak lebih cepat atau bahkan tidak berbuih sedikit pun. Tuangkan madu secara perlahan ke dalam piring yang berisi air
  • Madu murni akan berputar searah jarum jam saat mengalir keluar dari tabung botolnya. Hal demikian oleh struktur molekul madu yang memiliki bias (arah) kanan yang membuat aliran putaran madu menjadi searah jarum jam.
  • Jika piring di goyang ke kiri dan ke kanan, maka sebelum madu itu bercampur dengan air, madu itu akan membentuk segi enam berbentuk sarang lebah.
  • Semakin lama bentuk segi enam itu bertahan, berarti semakin baik nutrisi yang terkandung  dalam madu tersebut dan itu termasuk dalam madu murni.

Nah itulah cara mengetahui ciri ciri madu murni asli tanpa campuran, dan yang lebih gampang sekali untuk bisa mendapatkan madu murni asli hanya bisa diperoleh melalui peternakan madu langsung supaya lebih jelas. Atau anda hobi sekali lintas alam ke hutan rimba belantara apa salahnya jika sudah tahu ilmu menjinakan sarang lebah coba langsung petik hasilnya.

Sumber Rujukan : 

  • http://berkhasiat.web.id/87-ciri-madu-asli-palsu-cara-membedakan/

  • https://www.mybeeline.co/en/p/how-can-we-differentiate-100-pure-honey-and-adulterated-honey

  • http://www.lorebay.com/raw-honey/how-to-check-purity-of-honey-test-real-fake-pure/

 

 

 

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *