Edisi Terbatas Khusus Untuk Hari Bisa Kirim Barang Dulu Transfer Bayar Setelah Barang Diterima

Klik =>>> GO-SEND GRAB

   

Cara Mengatasi Sakit Gigi Berlubang Tanpa Obat

Cara Mengatasi Sakit Gigi Berlubang Tanpa Obat – Setelah sebelumnya membahas mengenai cara menyembuhkan sakit gigi dengan terapi pijat refleksi. Kali ini kita akan membahas uraian  tentang cara mengatasi sakit gigi berlubang tanpa obat sebenarnya cara yang alami dan tradisional dengan melalui perantara bahan bahan herbal pilihan.

Mengobati sakit gigi dengan ramuan itu bisa saja langsung di buat sendiri atau anda bisa mendapatkannya langsung dari alam. Namun itu semua, jenis pengobatan yang secara alami dalam membantu mengatasi keluhan sakit gigi.

Penyebab sakit gigi itu terjadi

Di dalam gigi manusia terdapat pulpa gigi. Pulpa gigi merupakan lapisan terdalam dari struktur gigi yang terdiri dari pembuluh darah dan saraf sensitif.

Sakit gigi terjadi ketika pulpa mengalami peradangan. Faktor yang mengakibatkan seseorang mengalami sakit gigi itu beragam, beberapa diantaranya :

  1. Terjadinya pembusukkan gigi (kondisi ini kerap diakibatkan oleh permukaan gigi berlubang).
  2. Penumpukkan nanah di dasar gigi akibat infeksi bakteri (abses periapikal).
  3. Terjadinya penyustan gusi.
  4. Gigi retak.
  5. Tambalan yang rusak (pada gigi yang pernah di tambal).
  6. Selain radang pulpa gigi, ada sejumlah kondisi lain yang dapat mengakibatkan gejala nyeri menyerupai sakit gigi diantaranya :
  • Sinusitis
  • Abses periodontal
  • Cedera pada sendi tempromandibular (sendi yang menghubungkan rahang dengan tengkorak kepala).
  • Pembengkakan gusi atau gusi pecah akibat gigi tumbuh.
  • Tukak gusi.
  • Tumbuh gigi (biasanya dialami oleh bayi dan anak anak).

Mengobati sakit gigi dan gusi bengkak dengan ramuan buatan sendiri antara lain :

1 Bawang putih di campur dengan cengkeh dan garam

Siapkan bahan ulekan atau blender untuk menghaluskan bahan yang di sebut di atas diantaranya bawang putih yang sudah dibersihkan kemudian di kupas, cengkeh sebanyak 1 siung, dan satu sendok makan garam dapur.

Setelah itu campur semua bahan dalam ulekan lalu hancurkan hingga halus sekali yang mana hasil akhirnya nanti seperti pasta yang padat. Terakhir, tinggal tempelkan langsung pasta bawang putih tersebut pada bagian yang terasa sakit.

Pastikan pas pada bagian tersebut supaya obat sakit gigi ini bekerja dengan baik dan sebaiknya lakukan ini antara 3 sampai 4 kali dalam sehari.

Ada juga yang menyarankan dimasukkan dalam kain kalau tidak kuat dengan rasanya, tapi cara ini sebenarnya mengurangi khasiat obatnya karena tidak bisa langsung bersentuhan dengan bagian yang sakit.

Terdapat tips lain pada penggunaan bawang putih yaitu dengan menambahkan sedikit minyak zaitun bila pasta yang dihasilkan terlalu kering.

2 Minyak dari tempurung kelapa

Sudah pernah anda mencoba minyak dari tempurung kelapa sebelumnya ? Dulu orang orang di desa desa dan hingga kini pun masih melakukan cara pengobatan sakit gigi dengan minyak dari tempurung kelapa.

Tempurung kelapa yang sudah tua, belah dan di bakar tanpa mengunakan plastik atau minyak supaya tidak terkontaminasi dengan bahan kimia.

Seterusnya tempurung kelapa yang yang sudah terbakar dan menyala akan menghasilkan minyak. Nah, mungpung masih panas, minyak yang tampak keluar anda ambil menggunakan kapas.

Cukup dengan menempelkan minyak dari hasil pembakaran tempurung kelapa yang sudah tua.

3 Cara selanjutnya dengan merica dan garam

Pemanfaatan campuran merica dan garam yang sangat dianjurkan bila gigi terasa sudah sangat sensitif dari penggunaan anti bakteri, analgesik, dan anti inflamasi.

Teknik pembuatan yang dapat dilakukan :

Buat campuran yang seimbang antara merica bubuk dan juga garam halus. Akan lebih baik lagi jika menggunakan merica yang banyak di jual dalam bentuk sachet lalu dituangkan semua dalam mangkuk kecil lalu masukkan lagi garam dalam mangkuk, yang sama.

Setelah itu, beri air beberapa tetes untuk membentuk seperti pasta yang kental sekali. Terakhir tinggal beri langsung pada bagian gusi atau gigi yang mengalami rasa sakit.

Diamkan hingga beberapa menit lalu bilas dengan berkumur. Anda bisa melakukan ini setiap hari hingga beberapa hari atau sampai obat sakit gigi ini menunjukkan khasiatnya yang manjur.

4 Daun ungu kering

Banyak cara yang dapat dilakukan dalam membantu mengatasi keluhan sakit gigi antara lain dengan bahan daun ungu kering langsung dari alam.

Cara yang dapat dilakukan diantaranya daun ungu kering dan 2 cangkir (ukuran sedang) air bersih. Rebus daun ungu kering ke dalam panci yang terisi 2 gelas air sampai mendidih.

Saring air dari daunnya, kemudian tunggu hangat dan gunakan ramuan untuk berkumur beberapa kali.

5 Daun sirih dan cengkeh

Cara termudah yang dapat dilakukan :

Daun sirih dan cengkeh secukupnya. Rebus kedua bahan,. kemudian gunakan untuk berkumur beberapa kali.

Apa bila anda merasa belum membuat ramuan ini, obat kumur dari campuran cengkeh dan daun sirih bisa anda beli di pasar.

6 Bawang putih

Ekstrak bawang putih bahannya 1 siung bawang putih. Kupas kulit luar bawang putih setelah itu tumbuk hingga halus.

Tempelkan tumbukan bawang putih pada bagian gigi luar yang terasa sakit. Cara pengobatan cuci bawang putih dengan air hangat.

Kunyah bawang putih mentah selama beberapa menit, kemudian buang dan bakteri penyebab sakit gigi akan mati.

7 Minyak cengkeh

Bahan minyak cengkeh secukupnya. Manfaatkan minyak cengkeh dengan cara meneteskannya pada gigi yang sakit menggunakan kapas atau cotton bud (ditempel-langsung). Setelah rasa sakit hilang (kira kira 30 menit) barulah berkumur dengan air hangat.

8 Bunga matahari

Bunga matahari (50 gram), jahe 5 gram dan air jernih (600 cc).

Cara pengobatan : jahe dan bunga matahari di rebus dalam air 600 cc air sampai mendidih dan air tersisa 300 cc. Saring air rebusan dan minum obat herbal sakit gigi selagi masih hangat.

9 Biji jarak cina

Ya biji jarak cina, bila tidak mendapatkan bahan alami ini anda bisa mendapatkannya di pasar tradisional. Biji jarak cina diyakini oleh sejumlah para pakar mampu memutihkan gigi dan menjadikan gigi tampak putih bersih.

Caranya 1 butir biji jarak cina dan 1 gelas air panas. Giling atau tumbuk biji jarak cina sampai benar benar halus, seduh dalam satu gelas air panas dan aduk. Saring airnya tunggu dingin, terakhir gunakan air untuk berkumur.

10 Daun cengkeh

Setelah sebelumnya dengan minyak cengkeh, ternyata daun cengkeh pun bisa diandalkan untuk membantu dalam mengatasi keluhan sakit gigi dan gusi yang bengkak.

Bahannya daun cengkeh secukupnya. Cuci daun cengkeh, seduh dalam segelas air panas, kemudian lumatkan daun cengkeh. Gunakan kain untuk memeras daun cengkeh yang halus, kemudian tempelkan kapas pada air hasil perasan.

11 Teh hangat (tanpa gula)

Ya siapa sangka teh yang harus di batasi ini minuman teh hangat ternyata bisa menjadi perantara untuk mengobati sakit gigi dan gusi yang bengkak.

Caranya gunakan air teh untuk berkumur beberapa kali, kemudian biarkan 15 menit. Setelah letakkan kantung teh bekas pada gusi untuk meringankan peradangan di gusi dan gigi.

Nah, diatas merupakan cara mengatasi sakit gigi tanpa obat melalui perantara penyembuhan dengan bahan ramuan tradisional. Sesudah anda mengobati sakit gigi dan proses penyembuhannya melalui perantara obat alami dan tanpa obat, maka anda harus merawat supaya gigi anda terjaga bersih dan putih.

Ada pun cara yang dapat membantu memutihkan gigi secara alami yang mesti dilakukan antara lain :

  • Memanfaatkan bahan ramuan alami yang dapat diperoleh di rumah

Baking soda atau soda kue dapat dimanfaatkan sebagai perantara alami untuk proses memutihkan gigi anda.

Diantara cara yang dapat dilakukan diantaranya menjadikan pasta dari baking soda, terdiri dari campuran satu sendok teh baking soda dengan 2 sendok teh air yang digunakan beberapa kali dalam 1 minggu.

Baking soda dapat dimanfaatkan sebagai obat kumur campurkan satu sendok teh baking soda dengan 1 gelas air. Kumur sekitar 2-3 menit.

Tidak hanya itu, anda dapat memanfaatkan campuran garam laut dan air sebagai pasta gigi. Sekitar 1/2 sendok teh garam laut di campur dengan 30 ml air.

Sikat gigi anda sekitar 3-5 menit menggunakan campuran tersebut. Garam juga meningkatkan keseimbangan kadar PH dalam mulut, kandungan ini dapat menjaga kesehatan mulut dari kuman dan bakteri merugikan karena membuat suasana rongga mulut lebih basa.

  • Merutinkan konsumsi asam malat dari buah buahan asli

Buah buahan asli yang mengandung asam malat sebagai salah satu zat alami yang banyak digunakan sebagai cara memutihkan gigi secara alami.

Jus apel hijau yang banyak mengandung asam malat merupakan satau yang sering dibguanakn. Stroberi juga mengandung asam malat caranya campurkan 2-3 buah strober dengan 1/2 sendok baking soda.  Walau demikian, asam malat di tambah asam sitrat dalam stroberi memiliki potensi merusak enamel, sehingga perlu dilengkapi dengan pasta gigi yang mengandung floudride.

  • Menghindari dan membatasi rokok, kopi dan soda minuman

Lapisan terluar gigi diantaranya enamel akan menipis seiring bertambahnya usia. Sehingga lapisan selanjutnya diantaranya dentin akan tampak lebih kuning.

Penting untuk membatasi minuman yang dapat meninggalkan noda di gigi seperti teh, kopi dan soda agar gigi tetap putih.

 

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *