Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Berbagai Langkah Upaya Besar Dalam Menurunkan Resiko Tekanan Darah Tinggi

Langkah-langkah awal pencegahan hipertensi (tekanan darah tinggi) semakin parah – Kini dunia modern sudah banyak referensi berita yang menayangkan jika penyakit tekanan darah tinggi termasuk penyakit sangat serius. Orang yang terkena darah tinggi beresiko lebih besar mengalami komplikasi penyakit lain.

Menurut penelitian jika penyakit hipertensi sebenarnya diakibatkan oleh gaya hidup tidak sehat dan faktor pemicu lainnya. Memang sangat setuju sekali jika hipertensi atau tekanan darah tinggi itu diakibatkan karena gaya hidup tidak sehat, karena gaya hidup sehat berarti sama dengan menyumbangkan kondisi yang tidak sehat ya itu tadi tekanan darah tinggi.

Tekanan darah tinggi adalah keadaan seseorang saat tekanan darah berada pada nilai alat ukur tekanan darah sebesar 130/80 mmHg atau lebih.

Orang yang sering check up ke dokter tentang tekanan darah berarti dirinya ingin sehat, sebab itu tekanan darah tinggi memang perlu diwaspadai sekali lagi karena sangat membutuhkan penanganan yang serius pula.

Sebelum membahas mengenai langkah-langkah pencegahan tekanan darah tinggi bagi seseorang, harus mengenal 2 perbedaan antara tekanan darah sistolik dan tekanan darah diastolik berikut pengertiannya :

  1. Tekanan darah sistolik angka teratas mewakili tekanan di pembuluh darah ketika jantung berdetak.
  2. Tekanan darah diastolik angka bawah menjelaskan tekanan di pembuluh darah antara denyut, saat jantung beristirahat.

Tekanan darah tergantung pada seberapa banyak darah yang dipompa jantung, dan berapa banyak resistensi yang ada pada aliran darah di arteri. Semakin sempit arteri, semakin tinggi tekanan darah.

Tekanan darah tinggi bisa menjadi timbul gejala serius, jika selama ini belum pernah mendapatkan tindakan apa pun dari ahlinya. Tekanan darah di ukur dalam milimeter merkuri, yang disingkat sebagai mm Hg.

Gaya hidup seseorang bisa lebih baik dan sehat sehingga kondisi yang tadinya tidak sehat bisa kembali ke semula . Apabila anda sudah sukses untuk mengontrol tekanan darah tinggi dengan pola hidup sehat (gaya hidup sehat) akan menunda pengobatan.

Baik dengan cara melakukan langkah-langkah pencegahan dan pengobatan besar kemungkinan gejala penyakit tersebut dapat dikurangi langsung secara bertahap.

 

Langkah-langkah untuk bisa mengendalikan tekanan darah tinggi berikut yang mampu dilakukan dengan telaten (rutin) bisa mengurangi faktor resiko tekanan darah tinggi.

  • Pembatasan konsumsi lemak dan kolesterol

Konsumsi lemak dari makanan merupakan penyumbang kolesterol terbesar. Kolesterol yang berlebihan dapat menempel di permukaan dinding pembuluh darah.

Hal tersebut menjadikan pembuluh darah yang terluka akibat gesekan darah, mengalami penumpukkan. Biasanya secara medis dinyatakan dengan aterosklerosis.

  • Berlebihan garam mempunyai sifat yang bisa menahan air

Mengonsumsi makanan yang diasinkan secara berlebihan, dengan sendirinya dapat menaikkan tekanan darah. Sehingga cara mengobati hipertensi yang terjadi, perlu pembatasan konsumsi makanan pemicu darah tinggi akibat kandungan garam atau serba asin.

  • Menurunkan kadar natrium dengan konsumsi makanan kalium cukup tinggi bisa menurunkan tekanan darah tinggi, Sertakan makanan seperti melon, alpukat, dan pisang.
  • Menghindari makanan berupa durian, daging kambing, dan hindari minuman beralkohol tinggi.

Semua jenis makanan dan minuman tersebut bersifat panas, sehingga tekanan darah akan naik. Contohnya saja minuman keras tentu sifatnya panas membakar tubuh.

  • Pembatasan minum kopi dan rokok

Bahaya kopi dan rokok dapat merangsang ketagihan yang akhirnya mengganggu aritmia jantung dan berbagai kerusakan pada otot-otot pembuluh darah.

  • Turunkan kelebihan berat badan dan bahaya obesitas mengakibatkan hipertensi

Tekanan darah sering meningkat jika berat badan pun meningkat. Hal itu dikarenakan, pasokan darah dan metabolisme ikut meningkat sehingga nantinya bisa terjadi masalah gangguan pernapasan saat tidur, yang bisa meningkatkan tekanan darah tinggi.

Penurunan berat badan merupakan bagian dari metode perubahan dari gaya hidup tidak sehat menjadi sehat kembali.

Makanan berserat tinggi mampu membantu menstabilkan tekanan darah, sayuran dan biji-bijian khususnya bisa membantu dalam hal ini.

Obesitas meningkatkan masa tubuh karena jaringan lemak yang berlebihan. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya jika lemak dan kolesterol berlebihan dalam tubuh berakibat pada penyempitan pembuluh darah yang mengalirkan arus darah.

Konsumsi makanan kaya akan omega 3 dengan mengonsumsi makanan omega 3 makanan seperti ikan salmon, minyak ikan baik dalam mengurangi peradangan.

Salah satu penyebab utama tekanan darah tinggi adalah peradangan di arteri secara perlahan. Studi keilmuan menjelaskan dengan cara konsumsi makanan dari sumber omega 3 seperti minyak ikan, yang tinggi dalam bentuk EPA dan DHA mengurangi peradangan dalam tubuh.

  • Aktivitas secara teratur seperti olahraga mampu mengendalikan tekanan darah

Aktivitas fisik rutin seperti olahraga 150 menit seminggu, atau sekitar 30 menit setiap hari dalam 1 minggu dapat menurunkan tekann darah tinggi sekitar 5 – 8 mm Hg Jika mempunyai tekanan darah tinggi sangat penting konsisten dilakukan sebab jika tidak tentunya darah tinggi bisa naik kembali.

  • Menggunakan magnesium dalam membantu melancarkan penyempitan arteri

Mineral magnesium sangat bagus untuk membantu dalam mengendurkan pembuluh darah dan efek langsung pada penurunan tekanan darah secara alami.

  • Mempertahankan keseimbangan tekanan darah dengan CoQ10

Coenzyme Q10 lebih dikenal sebagai CoQ10 merupakan antioksidan yang sangat penting dalam mendukung kesehatan jantung. Sangat penting jika anda pernah mengalami tekanan darah, khsusunya obat penurun kolesterol.

  • Mengurangi tekanan darah tinggi dengan cara jangan terlalu stres

Stres kronis dapat mengakibatkan tekan darah tinggi. Hasil kajian menyebutkan lebih lanjut diperlukan untuk menentukan efek stres pada tekanan darah. Stres sangat memicu seseorang mengalami tekanan darah tinggi, jadi apa salahnya untuk meluangkan waktu merefresh otak supaya lebih segar.

Fokuslah pada 1 harapan atau keinginan yang ingin dicapai jangan semuanya, sebab banyak sekali keinginan akan membuyarkan pikiran dan memicu stres berlebihan.

Cara yang tepat dalam mengantisipasi hal tersebut diantaranya dengan selalu menenangkan pikiran, usahakan bermeditasi, beribadah sesuai ajaran agama yang dianut, hal itu berkaitan dengan faktor mental sehingga tidak gampang stres.

  • Selalu pantau kesehatan anda setiap hari dengan dokter

Pemantauan kesehatan bertujuan supaya lebih diberikan dukungan dan pengawasan yang tepat dari ahlinya agar terhindar dari dampak lebih parah atau bisa sembuh dengan baik seperti sedia kala.

 

 

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.