Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Belimbing, Buah Bintang Kaya Manfaat Dalam Bidang Pengobatan Tradisional

Ketika dulu, masih kecil dan anak-anak kita sangat senang sekali konsumsi buah yang masih mentah dengan rasa sangat asam sekali, kegemaran ini mungkin bisa terus berlanjut sampai usia remaja dimana banyak jenis buah dengan rasa asam termasuk diantaranya buah belimbing.

Belimbing sangat banyak sekali peminatnya dibandingkan dengan buah yang lainnya karena buah asam ini mempunyai rasa manis asam sedikit ketir jika dinikmati saat siang hari yang sangat panas akan terasa menyegarkan. Apalagi jika kalangan wanita dewasa sering mengolah buah belimbing untuk dijadikan bahan campuran rujak pedas dipadukan aneka buah-buahan lainnya.

Sebenarnya buah belimbing itu sangat kaya akan sejumlah manfaat kesehatan dan nutrisi yang terkandung didalamnya. Terlebih jika buah belimbing matang sering dipakai untuk bahan obat tradisional dan sudah ada semenjak dahulu oleh nenek moyang untuk pengobatan.

Pengobatan tradisional buah belimbing tidak hanya terpaut pada jenis buahnya saja melainkan daun belimbing pun sangat bermanfaat untuk bahan ramuan. Jika sering berkunjung ke pasar tradisional atau pasar modern sekali pun, maka jenis buah belimbing akan sangat beragam varietasnya.

Nama Umum Buah Bintang Belimbing

Belimbing bisa dinamai dengan buah bintang karena jika dikupas maka akan terlihat seperti bintang atau bisa dilihat dari sudut pandang lainnya.

Sebutan buah belimbing di semua daerah tentu sangat berbeda-beda dan itu tergantung dari mana asal tumbuh buah itu sendiri. Misalnya belimbing di sebut asam jorbing, belimbing manis (Sumatera), blimbing amis, blimbing legi, bhalimbing manes, blimbing langir, belimbing wuluh (Jawa), lumpias manis, rumpiasa, lumpiatmoromanit, lopias eme, lembetue lombiato, lombituko gula, takule, bainang supala, pulirang, taning, balireng, nggalaboa (Sulawesi), baknil, kasluir, haurela pasaki, taulela pasaki, ifel emroro, malibitotofuo, balibi, totofuko, taufo (maluku).

Sekali lagi kita harus bangga sebab negara Indonesia terutama di wilayah Jawa Barat tahun 2007 kita buah belimbing menjadi ikon kota Depok, Jawa barat sebab banyak dibudidayakan pemanenan buah belimbing.

Belimbing manis merupakan tumbuhan penghasil buah berbentuk khas berupa bintang yang asalnya dari negara Indonesia, India dan Sri Langka. Ketika sekarang belimbing sudah menyebar luas ke penjuru Asia Tenggara, Republik Dominika, Brazil, Peru, Ghana, Guyana, Tonga, dan Polinesia. Usaha pemanenan terbesar secara komersial di dunia terletak di Amerika Serikat, tepatnya di Florida Selatan dan Hawaii.

Tekstur daging buah yang seperti anggur dengan warna buah ada yang kuning dan ada pula yang berwarna hijau, oranye hingga kuning. Pada umumnya buah belimbing yang warnanya hijau itu belum matang dan jika sudah matang akan mempunyai warna buah oranye atau kuning kemerahan.

Buah belimbing sudah dimanfaatkan secara medis (pengobatan) hampir ribuan tahun, terutama di daerah berkembang dimana orangl ebih cenderung bergantung pada pengobatan berbasis tanaman untuk pengobatan masalah kesehatan.

Buah bintang belimbing sepenuhnya terdapat kandungan vitamin C, vitamin B, dan flavonoid antioksidan sepeti epikatekin, asam galat, dan quercetin.

Ketersediaan buah belimbing yang mengandung banyak manfaat untuk pengobatan dari mulai diare, demam, wasir, penyakit kulit, muntah, infeksi cacing dan kondisi lainnya.

Pada dasarnya buah ini ternyata sudah banyak yang digemari tetapi alangkah baiknya agar tidak sambil mengonsumsi obat resep dokter atau mempunyai gangguan pada organ ginjal.

Beberapa manfaat atas hasil penelitian menunjukkan bahwa  buah belimbing dapat membantu melawan sel kanker, menurunkan kadar kolesterol. Menjaga sistem kekebalan tubuh, pencernaan dan mengurangi peradangan baik yang terjadi di dalam atau di luar tubuh.

Fakta Nutrisi Buah Belimbing Bermacam Macam

Menurut US Department Of Agriculture National Nutrient Database, 2 buah belimbing rendah kalori dan itu sumber vbitamin C dan B yang sagat baik. Buah bintang belimbing juga mengandung sejumlah kecil mineral penting seperti magnesium, fosfor dan kalium, serta sejumlah kecil zat besi dan seng.

Buah bersama dengan kulit memberikan 3 gram serat makanan, yang membantu mendukung sistem pencernaan yag sehat dan mencegah penyerapan diet low density lopoprotein kolesterol dalam usus.

Kandungan vitamin C dalam buah belimbing bisa berrtugas dalam membantu menangkal radikal bebas karena sifat antioksidan alami kuat dan 1 porsi menyediakan 34,4 miligram atau sekitar 57 % dari kebutuhan harian vitamin. Vitamin C juga mendukung sistem kekebalan tubuh dan melindungi terhadap radikal bebas penyebab peradangan yang berbahaya.

Tidak hanya itu, belimbing kaya akan flavonoid antioksidan seperti asam galat, epikatekin, quercetin. Buah bintang kaya akan kandungan antioksidan phytonutrien flavonoid polifenol beberapa flavopnoid penting yang hadir dalam buah diantaranya querectin, epicathin, dan asam galat. Isi polifenol total (folin asssay)( dalam buah ini merupakan total secara keseluruhan senyawa yang membantu melindungi dari efek merusak dari radikal bebas yang berasal dari oksigen dengan menangkal radikal bebas.

Buah ini kaya akan serat makanan membantu melindungi selaput lendir usus besar dari paparan zat degan mengikat bahan kimia pemicu kanker usus besar. Secara umum buah ini kaya dengan sejumlah vitamin C harian membatu manusia untuk mengembangkan resistensi terhadap agen infeksi dan mengais radikal bebas yang pro inflamasi dari tubuh.

Selain itu adalah sumber terbesar vitamin B kompleks seperti folat, riboflavin dan pyridoxine (vitamin B6 bersama-sama vitamin ini membantu sebagai ko-faktor untuk enzim dalam metabolimse serta berbagai fungsi sintensis dalam tubuh.

Buah belimbing membawa sejumlah kecil mineral dan elektrolit seperti kalium, fosfor dan seng. Kalium merupakan komponen yang sangat penting dari sel dan cairan tubuh membantu mengendalikan denyut jantung dan tekanan darah dengan demikian menghambat pengaruh buruk natrium.

Daftar nutrisi buah bintang belimbing mengandung sekitar :

  1. kalori
  2. Karbohidrat
  3. Protein
  4. Lemak
  5. Serat makanan
  6. vitamin C
  7. Tembaga
  8. asam pantotenat
  9. potasium
  10. folat
  11. serat
  12. vitamin B5
  13. Magnesium
  14. kalium
  15. Niacin.
  16. Mangan

Intinya bahwa buah belimbing mengandung kalori rendah, tetapi tinggi akan kandungan serat dan vitamin C sangat bergizi mengingat kandungan kalori yang rendah.

Manfaat Buah Bintang Belimbing Yang Bisa Dijadikan sumber referensi nutrisi pelengkap gizi harian

  • Tinggi akan kandungan antioksidan

Buah belimbing merupakan sumber antioksidan yang sangat luar biasa membantu dalam melawan radikal bebas dan membantu meningkatkan kesehatan. Studi kajian menunjukkan bahwa antioksidan dan mungkin dengan manfaat kesehatan dapat membantu melindungi terhadap kondisi kronis, termasuk penyakit jantung dan kanker.

Khususnya buah bintang di beberapa senyawa tanaman tertentu dan polifenol dengan sifat antioksidan kuat, termasuk quercetin dan senyawa rutin menemukan jika quercetin dapat membantu meningkatkan kinerja fisik dan mental semenyara rutin diyakini bermanfaat bagi kesehatan otak dan jantung.

  • Buah belimbing bisa untuk menecgah kanker

Hasil penelitian buah belimbing sudah dimanfaatkan bisa menjadi buah anti kanker yang sangat mujarab berkat kandungan antioksidan dan seratnya yang kuat. Flavonoid polifenol yang diperoleh dari dalam buah belimbing mampu melawan efek mutagenik dari radikal bebas dan membersihkannya dari tubuh.

Serat di dalam kandungan belimbing membantu membersihkan usus besar dan mengurangi tingkat keracunan, membantu menurunkan potensi kanker usus besar. Senyawa Quercetin teruji efektif menghalangi perkembangan sel kanker dalam beberapa penelitian.

  • Buah belimbing mempunyai sifat anti inflamasi yang sangat kuat membantu menghilangkan stres oksidatif

Tingginya kandungan antioksidan dan flavonoid di dalam buah belimbing membantu menjadi anti inflamasi yang sangat baik sebagai sumber kaya vitamin C membantu membersihkan racun dan sintesis kolagen.

Sementara peradangan akut merupakan proses kekebalan penting yang dirancang dalam melindungi tubuh terhadap penyerbu asing, peradangan kronis sebenarnya dapat membahayakan kesehatan.

Mempertahankan peradangan dalam jangka panjang telah terhubung ke banyak penyakit kronis, termasuk penyakit jantung dan gangguan autoimun. Buah belimbing kaya akan kandungan antioksidan yang berguna dalam mengurangi stres oksidatif dan meredakan peradangan.

  • Jumlah natrium dan kalium yang cukup tinggi dalam buah belimbing membantu meningkatkan kelancaran aliran darah dari dan ke jantung

Sebagai elektrolit maka natrium dan kalium membantu menjaga tekanan darah dan memastikan detak jantung teratur dan aliran darah menjadi sehat.

Dengan jumlah kalsium yang moderat, belimbing dapat mengurangi potensi aterosklerosis, serangan jantung, dan stroke dengan mengurangi ketegangan pada sistem pembuluh darah dan arteri. Dengan menghilangkan hipertensi, jantung dapat beristirahat, sirkulasi darah dapat lebih efektif dan keseimbangan cairan dalam tubuh akan dipelihara dengan baik.

Potasium dalam belimbing sangat tinggi mampu merileksasikan pembuluh darah dan mempertahankan tekanan darah dalam tubuh yanhg tepat.

  • Meningkatkan sistem pencernaan dengan adanya serat tinggi

Serat makanan adalah elemen kunci dalam sistem pencernaan, karena dapat merangsang pergerakan tinja melalui saluran pencernaan, mengurangi gejala sembelit, kembung, kram perut dan diare. Lebih lanjut dapat membantu meningkatkan serapa unsur hara dan bioavabilitas mineral dan vitamin esensial lainnya.

Dengan jumlah kalori yang sangat sedikit, sajian buah tropis ini telah mencoba menurunkan berat badan untuk kalori yang baik. Serat dan nutisi penting di dalam kandungan buah belimbing membantu merasa kenyang setiap saat dan menurunkan kemumngkinan makan berlebihan atau ngemil.

  • Meningkatkan laktasi atau kesuburan untuk pengeluaran asi ibu dari konumsi buah belimbing

Secara tradisional dimanfaatkan untuk meningkatkan laktasi pada ibu yang mengalami kesulitan dalam meproduksi cukup susu untuk bayi baru lahir.

  • Buah belimbing bermanfaat dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Satu buah bintang belimbing sedang mempunyai sekitar 50% dari nilai harian yang direkomendasikan untuk vitamin C dan merupakan berita bagus untuk peningkatakn sistem kekebalan tubuh. Dengan peningkatan vitamin C yang sangat tinggi bisa berupa smoothies pagi hari, sistem kekebalan tubuh akan berfungi pada tingkat tinggi dengan jumlah sel darah putih yang optimal.

  • Mampu meningkatkan kesehatan tulang

Ada beberapa mineral dalam buah bintag termasuk zat besi, magenium, fosfor seng dan kalsium semua yang bisa membantu meningkatkan kesehatan tulang dan lebih baik mengurangi risiko osteoporosis seiring bertambahnya usia.

  • Mengontrol diabetes

Hasil penelitian menunjukkan bahwa buah akan kaya serat yang tidak mudah larut ini dapat mencegah pelepasan glukosa setelah makan. Buah belimbing membantu mengontrol kadar insulin dalam tubuh.

  • Buah yang mampu meningkatkan metabolisme

Dengan tingkat metabolisme yang kuat berupa kandungan piridoksin, folat, dan riboflavin yang tinggi buah ini dapat membantu mengoptimalkan metabolisme dan dengan memastikan bahwa proses enzimatik dan hormola yang diperlukan terjadi di seluruh tubuh.

Vitamin vitamin penting berperan dalam segala hal mulai dari komunikasi sel saraf dan metabolisme energi hingga sirkulasi dan pengendalian emosi.

  • Mengurangi tingkat kolesterol tinggi

Dengan jumlah lemak alami yang sangat rendah dan tingkat serat makanan cukup tinggi, buah tropis berwarna kuning kehijauan ini sangat bagus untuk mengurangi tingkat kolesterol jahat.

Serat makanan membantu mengatur HDL kolesterol baik akan meningkat dan mencegah kolesterol buruk (LDL). sehingga cocok sekali menurunkan risiko jantung koroner dan stroke.

  • Detoksifikasi yang baik bagi tubuh

Dikenal sebagai diureutik buah bintang belimbing dapat merangsang buang air kecil dan membantu membersihkan kadar racun, kelebihan garam dan lemak di dalam tubuh khususnya bagi sistem pembersih ginjal dan hati.

  • Buah belimbing bisa untuk mencegah gangguan sistem pernapasan

Buah yang dikenal sebagai agen anti inflamasi dan pendinginan yang dapat meningkatkan air liur dan membersihkan lendir dahak dari tenggorokan. Menjadikan obat yang sangat bagus untuk infeksi saluran pernapasan dan kesehatan umum, mengurangi sakit tenggorokan dan mengatasi infeksi yang mendasari sistem pernapasan.

  • Mencegah mata rabun dekat atau rabun jauh

Anti mikroba dari sifat kandungan belimbing itu juga berperan dalam mengobati mata yang sakit akibat infeksi. Unsur vitamin dan kandungan antioksidan di dalam buah belimbing bermanfaat dalam menangkal radikal bebas penyebab kerusakan sel termasuk penyakit mata katarak dan akibat faktor pertambahan usia.

 

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.