Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Begitu Banyak Manfaat Kesehatan yang Bisa Dirasakan Dari Mentimun

Ketimun atau dalam bahasa umum mentimun, timun di jual dengan harga sangat murah meriah membuat sayuran hijau yang umum dibuat lalapan ini banyak di konsumsi.

Apalagi ketika kebutuhan semua jenis sayuran sangat diperlukan bagi mereka yang vegetarian sangat cocok sekali mengonsumsi sayuran hijau mentimun dikarenakan ingin menjaga berat badannya.

Jangan anggap biasa tetapi harus memberikan pernyataan sangat luar biasa untuk salah satu sayuran ini, karena begitu banyak manfaat kesehatan yang bisa dirasakan dari mentimun.

Di Indonesia saja, banyak masyarakat yang membudidayakan sayuran hijau yang satu ini, karena penanaman yang cukup mudah dilakukan serta pemanenan yang dalam arti lebih mudah matang sehingga cepat di panen tidak membutuhkan berbulan-bulan lamanya.

Oleh karenanya tidak salah jika mencoba menanam sayuran di sekitar rumah baik secara hidroponik atau langsung di pekarangan dekat sekitaran lingkungan.

Satu buah mentimun matang siap panen beserta kulitnya itu mempunyai kandungan antara lain :

  1. Kalori
  2. Vitamin K
  3. Vitamin C
  4. Magnesium
  5. Potasium
  6. Mangan
  7. Lemak
  8. Protein, serat dan gula

Apa sajakah manfaat mentimun yang baik untuk kesehatan ?

Mentimun yang mempunyai sejumlah manfaat bagi tubuh manusia, diantaranya bisa mencegah dehidrasi dan baik untuk perawatan kulit.

Tidak hanya mengandung banyak kandungan air, sayuran tersebut pun ada banyak vitamin, mineral dan sumber antioksidan yang baik bagi tubuh.

Manfaat Mentimun Matang untuk Kesehatan

Manfaat mentimun begitu banyak sekali diantaranya sayuran hijau ini sarat akan kandungan beta karoten, mangan, vitamin C serta bebeberapa antioksidan flavonoid yang dapat menangkal radikal bebas.

Banyak khasiat lainnya berkat kandungan cucurbitacin dan lignan pada sayuran mentimun dapat membantu memberikan perlindungan tubuh dari pertumbuhan sel kanker.

Fakta nutrisi mentimun yang lebih sekedar kandungan melainkan efektivitas pengobatan secara alami

Nyatanya mentimun ini sebagai cara mengurangi bengkak di sekitar area mata timun pun dapat memmpunyai manfaat paling berkesan terutama dalam hal peradangan dan pencegahan radikal bebas.

Mentimun didalamnya mengandung senyawa antioksidan polifenol kuat yang bisa membantu memperlambat penuaan secara alami akibat stres oksidatif.

Kemampuan dalam mentimun untuk menangkal radikal bebas maka para peneliti dari Institute of Pharmaceutical Sciences di Haryana, India melaporkan bahwa mentimun melalui kehadiran flavonoid dan tanin sangat bermanfaat menangkal radikal bebas dan efek analgesik.

1. Sumber antioksidan yang cukup baik dalam membunuh sel kanker

Berbagai senyawa bioaktif telah diisolasi dari mentimun yang padat gizi, termasuk cucurbitacins, glucosides, lignan, apigenin dan flavonols seperti firestin.

Kandungan senyawa tersebut dalam mentimun diyakini sejumlah para ilmuan mampu melawan kanker yang sangat kuat karena dapat memberikan perlindungan DNA dan sel-sel dari kerusakan akibat stres oksidatif.

Fisetin secara khusus terhubung dalam meningkatkan kesehatan otak dan pelestarian fungsi kognitif, sedangkan cucurbitacins diketahui mempunyai efek pengurangan tumor dan kanker.

2. Mentimun dapat membantu meningkatkan sistem pencernaan makanan sehat dan membantu meredakan sembelit

Biji mentimun dikenal mempunyai efek penyembuhan, pengurangan panas dalam di tubuh, dan sering dimanfaatkan untuk mencegah sembelit dalam bentuk obat tradisional.

Di dalam mentimun terdapat magnesium dan elektrolit yang bisa membantu melembapkan usus dan lapisan pencernaan yang membuat buang air besar lancar.

3. Khasiat mentimun ternyata secara alami mampu mendetoksifikasi tubuh

Dengan cara kerja mendukung fungsional kesehatan sistem pencernaan yang baik, termasuk diantaranya membersihkan organ hati yang merupakan organ detoksifikasi utama tubuh manusia.

Melalui cara pembuangan racun dan bahan limbah yang terakumulasi dari darah dan usus, ternyata mentimun bersifat diureutik yang berarti membantu tubuh dalam memproduksi cairan urin dalam mengeluarkan racun di tubuh.

4. Mentimun sangat kaya kandungan nutrisi lengkap dan rendah kalori

Mentimun merupakan sayuran dengan kandungan air paling banyak dan menawarkan sejumlah vitamin atau pun mineral utuh untuk kecukupan zat gizi harian.

Dengan kata lain bagi mereka yang ingin sekali menjaga berat badan, sangat tepat untuk mencoba mengonsumsi sayuran hijau mentimun setiap harinya.

Memperbanyak air bagi tubuh akan mudah dalam mencegah dehidrasi berkepanjangan, itu artinya tubuh akan langsung normal dalam proses metabolisme dan sirkulasi tubuh.

5. Khasiat mentimun sangat cocok untuk perawatan kecantikan kulit

Minuman jus sayuran mentimun memberikan nutrisi baik untuk kulit yang rusak, kering atau sensitif secara alami selama berabad-abad.

Menurut penelitian irisan mentimun atau biji mentimun yang dioleskan langsung ke area kulit kering atau sensitif efeknya akan memberikan kehalusan kulit dan mendinginkan kulit akibat iritasi.

Efek lain dari olesan mentimun dapat mengurangi pembengkakan dan merah ruam-ruam seperti jerawatt dan bekas luka secara alami.

Sayuran mentimun mengandung vitamin B5 (asam pantotenat) yang sering digunakan dalam menghilangkan jerawat. Selain itu, irisan mentimun pun bisa membantu mengurangi kantung mata karena mengandung asam kafeat dan kaya akan kandungan air sehingga semua vitamin dan nurtrisi mudah menyerap ke pori-pori kulit.

6. Kegunaan mentimun secara medis dapat membantu meningkatkan kesehatan jantung dan kardivaskular

Lignan yang didapatkan dalam mentimun mempunyai efek baik seperti efek anti inflamasi yang bermanfaat untuk melawan penyakit kardiovaskular.

Mineral yang terkandung dalam mentimun sangat penting untuk menjaga kesehatan jantung, termasuk kalium dan magnesium.

Mineral kalium dihubungkan dengan tingkat tekanan darah yang lebih sehat sebab membantu mengendalikan cairan dalam tubuh.

Sumber makanan yang kaya akan kandungan magnesium juga bermanfaat untuk tekanan darah selain fungsi saraf umum, regulasi detak jantung, keseimbangan cairan, stabilitas gula darah yang lebih baik dan kelancaran energi yang lebih tinggi.

Meminum infused water mentimun dapat membantu menurunkan tekanan darah, sebab mentimun mengandung sumber kalium yang bisa mengontrol jumlah garam pada organ ginjal.

7. Mentimun sebagai alkalize darah

Zat gizi mentimun termasuk menjadi bagian dari pengobatan populer zaman dulu dimana terdapat khasiat menyeimbangkan tingkat pH tubuh dan menetralisir efek dari diet asam.

Membatasi konsumsi makanan pembentuk asam seperti makanan yang digoreng, gula dan karbohidrat olahan dan makan lebih banyak pembentuk basa sebaliknya.

Menurut salah satu kajian dilaporkan bahwa di dalam Journal of Environmental Public Health kehidupan di bumi sangat bergantung pada tingkat pH yang tepat di dalam dan di sekitar organisme dan sel hidup. Kehidupan manusia pun sama membutuhkan tingkat pH yang dikontrol secara ketat.

Tingkat pH yang seimbang diduga bisa menurunkan kadar leptin, hormon utama yang terhubung ke kontrol kelaparan dan nafsu makan, serta peradangan akar dari semua penyakit yang ada.

8. Manfaat mentimun juga sangat baik untuk penguat tulang

Melalui hampir banyak sekitar 22 % kandungan vitamin K dalam sebuah mentimun maka cara terbaik untuk membantu mempertahankan kepadatan mineral tulang.

Unsur vitamin K dalam bentuk K2 merupakan vitamin yang mudah larut dalam lemak yang bertugas dengan cara memberikan nutrisi sama halnya dengan kalsium dan magnesium untuk menguatkan sistem kekuatan tulang.

Vitamin K sangat mendukung metabolisme yang sehat, penyerapan nutrisi membantu meningkatkan kesehatan jantung, membantu pembekuan darah, mendukung fungsi neurologis dan membantu melindungi terhadap aktivitas sel kanker.

9. Bagi yang sering sakit kepala dan demam bisa dibantu dengan cara coba konsumsi mentimun matang

Secara tradisional yang dikenal sebagai ramuan makan mentimun ternyata bisa membantu sedikit meredam sakit kepala bahkan untuk hal sakit akibat pembengkakan, dehidrasi dan kelelahan akan sangat tepat sekali.

Dehidrasi biasanya akan memicu rasa sakit di kepala akibat kekurangan cairan tubuh dalam melancarkan aliran darah ke saraf-saraf di otak.

 

 

 

 

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.