Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Aturan Penting Bahaya Merokok untuk Alasan Kesehatan Semuanya

Sudahkan anda berhenti merokok hari ini ? Berapa uang yang anda habiskan untuk sekedar menikmati kepulan asap rokok saja ? lalu sama pentingnya kah kepulan asap rokok bagi kehidupan anda? Yuk, mari belajar dari sejak awal tentang kebenaran bahaya asap rokok itu.

Asal Usul Rokok

Segala sesuatu itu memang perlu adanya peraturan dan penjelasan baik yang menyangkut pada aspek kehidupan termasuk didalamnya aturan bahaya merokok untuk alasan kesehatan semuanya.

Merokok bisa menjadi suatu kebiasaan yang sangat serius, karena tidak sedikit masyarakat yang kurang memahami arti pentingnya kesehatan sangat ketergantungan sekali dengan namanya rokok.

Dulu sebelum ditemukannya asap rokok, berabad-abad lamanya bahwa kalau rokok bukan dijadikan sebagai konsumsi harian, melainkan rokok untuk prosesi keagamaan memanggil roh-roh para leluhur saja dan terkenal dengan sebutan dupa.

Rokok menurut kamus besar bahasa Indonesia (KBBI) rokok merupakan gulungan tembakau yang di bungkus kertas. Rokok termasuk salah satu produk tembakau yang dimaksudkan untuk dibakar, dihisap dan dihirup termasuk diantaranya rokok kretek, rokok putih, cerutu, dupa atau bahkan rokok elektrik meski penggunaannya tidak dibakar.

Tembakau dihasilkan dari tanaman Nicotiana Tabacum, Nicotiana Rustica dan spesies tanaman lainnya atau sintesisnya yang asapnya mengandung nikotin dan tar, atau bisa saja dengan tanpa bahan tambahan.

Orang yang merokok pastinya banyak yang tersinggung saat menjelaskan aturan penting bahaya merokok untuk alasan kesehatan. Namun percaya atau tidaknya dalam bahasan kali ini akan dikupas tuntas hingga ke akar-akarnya sampai perokok itu jera dan tidak mau lagi merokok seperti biasanya.

Bagi seorang pecandu rokok, kegiatan merokok walaupun itu bukan termasuk dalam kegiatan biasanya menganggap bahwa merokok menjadi simbol keberanian, kejantanan, kedewasaan, kegagahan, kemampuan, kepercayaan diri, ketangguhan atau sebatas untuk menghilangkan rasa sebal sehabis makan itu pun ada.

Dampak Merokok Terhadap Kesehatan

Merokok mengakibatkan penyakit cukup patal dan ketergantungan setiap hari bahkan setiap waktu. Saat rokok atau sigaret itu dinyalakan, tembakau terbakar dan mengeluarkan kepulan asap. Sudah diidentifikasi jika dalam asap rokok atau sigaret terdapat lebih dari 8.000 bahan kimia komponen asap”.

Sebatang rokok saja mengandung zat-zat kimiawi yang sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh manusia, terdapat 4000 zat kimia saja pada sebatang rokok yang menghasilkan kepulan asap.

Lembaga kesehatan masyarakat baik skala nasional dan internasional sudah menggolongkan sekitar 100 dari bahan kimia tersebut sebagai pemicu atau berisiko berbagai jenis keluhan penyakit yang dikaitkan dari merokok seperti diantaranya kanker paru-paru, penyakit pembuluh darah jantung, dan emfisema.

Diantara 100 senyawa kimia asap rokok dari tembakau terbakar tersebut sebagian diantaranya arsenik, benzena, benzo(a)pirena, karbon monoksida, logam berat (timbel, kadmium), hidrogen sianida, dan nitrosamina khusus tembakau.

Walau bagaimana pun kecanduan atau ketergantungan dalam merokok tidak mungkin bisa dilepaskan dengan sendirinya dan hal itu mendasari jika perlu adanya suatu cara yang benar-benar bisa membantu menghilangkan kecanduan dalam merokok.

Perlu di ingat bahwa terdapat manfaat apabila seseorang yang mampu meredam dirinya sendiri setiap hari agar tidak merokok

Selama beberapa jam pertama dan beberapa hari setelah merokok terakhir, tubuh mulai proses penyembuhan. setelah anda mulai berhenti merokok. Diantara gejala penyembuhan yang jika seseorang pantang menyerah dari berhenti merokok diantaranya sebagai berikut :

  • 1 Jam selepas dari merokok denyut jantung dan tekanan darah mulai menurun, dan sirkulasi darah mulai normal.
  • 12 Jam selepas berhenti merokok karbon monoksida dari rokok di buang dari dalam tubuh, meningkatkan kadar oksigen dalam darah.
  • Sehari semalam (24 jam lebih) risiko serangan jantung mulai menurun, dan latihan berhenti merokok menjadi lebih mudah.
  • 48 Jam Indera penciuman dan rasa di lidah mulai kembali normal saat saraf-saraf sembuh dari kerusakan.
  • 72 jam kadar nikotin sudah habis dan seketika itu juga mampu meningkatkan daya tahan.
  • 30 hari kesehatan fisik dan psikis berjalan dengan baik sehingga kebugaran jasmani tetap terjaga
  • 9¬† bulan) berhenti merokok paru-paru akan mulai membaik dengan sendirinya, bersih dari warna kuning dan silia (pembuluh darah kecil paru-paru) mulai pulih.
  • 1 tahun risiko penyakit jantung koroner menurun hingga 50 %.
  • 5 tahun arteri jantung dan pembuluh darah mulai melebar, menurunkan risiko stroke.
  • 10 tahun kemungkinan besar perkembangan kanker paru-paru akan mati dan kanker lainnya berkurang secara bertahap.
  • 15 tahun besar kemungkinan perkembangan penyakit jantung koroner sama dengan orang yang normal, itu artinya terbebas dari jenis penyakit tersebut
  • Potensi kematian akibat keluhan penyakit paru-paru dan kanker akan tidak sama sekali terjadi.

Nah, tidak hanya itu, selain faktor waktu untuk bisa mendapatkan manfaat atas berhentinya merokok seseorang antara lain sangat banyak :

  1. Kulit seseorang yang tadinya kusam, kering akibat merokok sekarang berubah menjadi lebih cerah dan bercahaya dari berhenti merokok.
  2. Rambut menjadi lebih kuat dan tidak mudah tumbuh uban.
  3. Kuku kembali menjadi lebih terang alami dan tidak mudah rapuh.
  4. Sistem pernapasan membaik seperti sedia kala.
  5. Gigi menjadi lebih putih jika melakukan perawatan setiap harinya.
  6. Fungsi sistem daya tahan tubuh membaik sehingga tidak mudah terserang berbagai jenis penyakit.
  7. Mungkin akan lebih banyak uang daripada menghabiskan banyak uang. Istilahnya dengan jalan berhenti merokok keinginan untuk membeli sesuatu yang diidamkan selama ini akan tercapai.

Mengenal lebih jauh lagi kandungan Tar dan Nikotin Termasuk Karbon Monoksida dalam Komposisi Rokok

Tar

Tar merupakan residu (sisa-sisa pembuangan bahan kimia) dari partikel yang terdapat pada asap rokok. partikel-partikel tersebut tidak hanya terdiri dari satu bahan kimia saja, melainkan campuran dari ribuan komposisi asap.

Tar, zat kimia racun bagi tubuh dan mengakibatkan gigi mudah berubah kuning, berlubang, kecokelatan, kulit menjadi mudah keriput dan kusam. Zat ini bisa menempel dalam waktu yang lama pada saluran pernapasan manusia dan mengakibatkan penurunan fungsi kantung udara dalam paru-paru, sehingga oksigen yang terserap ke dalam peredaran darah mengalami penurunan akibat panasnya asap rokok.

Nikotin

Nikotin, zat kimia bersifat adiktif tetapi alami dalam tanaman tembakau. Menurut hasil kajian bahwa nikotin inilah yang berperan menyebabkan seseorang kecanduan bagi perokok.

Nikotin, zat ini mengandung sifat adiktif dan tahukah kamu sifat adiktif itu? ya, zat yang membuat seseorang lupa diri dan kecanduan terus menerus. Zat ini bukan hanya berbahaya bagi diri seorang perokok melainkan orang disekitarnya.

Nikotin bisa jadi penyebab penyakit jantung koroner dan kanker, sebab asap nikotin rokok bisa mengganggu irama jantung  yang normal menjadi tidak stabil sehingga lebih berisiko serangan jantung mendadak.

Karbon Monoksida

Karbon monoksida merupakan gas yang terbentuk dalam asap rokok. Karbon monoksida dikenal sebagai pemicu utama penyakit jantung pada perokok aktif.

Gas karbon monoksida sangat berbahaya jika terhirup ke dalam tubuh seseorang, karena gas karbon monoksida akan berikatan dengan hemoglobin dalam darah manusia.

Selain ketiga bahan kimia tersebut diatas terdapat bahan-bahan berbahaya lainnya dalam sebatang rokok atau kepulan asap rokok yang terhirup antara lain :

  • Insektisida zat yang sangat beracun dan dimanfaatkan untuk pembunuh serangga.
  • polcyclic aromatic hydrocarbon) zat yang bisa menyerang paru paru dan mengakibatkan kerusakan patal bagi perokok aktif.
  • Carcinogens asap yang dihasilkan dari pembakaran tembakau dan kertas sigaret mengandung beragam zat kimiawi sangat berbahaya dan mampu memicu penyakit kanker bagi siapapun yang menghirupnya.

Cukup mencengangkan bahwa para peneliti sampai sekarang ini sudah mendapatkan 30 jenis zat kimiawi yang memicu kanker dalam setiap batang rokok, zat kimiawi yang dianggap berbahaya tersebut diantaranya Beta-napthylamine dan PAH (Polcyclic Aromatic Hydrocarbon).

Lalu masih banyak yang belum dijelaskan kepada masyarakat seutuhnya secara luas, komposisi tersebut diantaranya hidrogen sianida (racun yang dimanfaatkan untuk membunuh fumigan atau sejenis semut), amoniak (senyawa yang beracun), oksida nitrogen (zat pembius pada operasi), farmaldehida (cairan yang digunakan untuk mengawetkan mayat), arsenik (bahan yang terdapat pada racun tikus), aseton (bahan pengupas zat kuku), pyridine (bahan pembunuh hama), methyl chloride (uapnya sama dengan obat bius), senyawa hidrokarbon benzopiren, fenol, polonium, kadmium, acrolein, formic acid, dan lainnya.

Asap rokok pasif

Asap rokok pasif yang sudah dikenal sebagai asap tembakau lingkungan (enivronmental Tobacco Smoke (ETS) merupakan kombinasi asap yang keluar dari ujung rokok yang menyala serta asap yang dikeluarkan oleh perokok.

Lembaga kesehatan dunia dan lembaga kesehatan lainnya di seluruh dunia menyimpulkan bahwa asap rokok pasif atau environmental tobacco smoke mengakibatkan berbagai banyak penyakit, termasuk kanker paru-paru dan penyakit jantung, baik itu pada orang dewasa yang bukan perokok, namun juga anak-anak yang mempunyai penyakit seperti asma, infeksi saluran pernapasan akut, batuk, mengi (sesak napas berbunyi), otitis media (infeksi telinga tengah), dan sindrom kematian bayi mendadak.

Kebiasaan merokok sama dengan kebiasaan mengonsumsi narkoba (obat-obatan terlarang, mabuk-mabukan). Untuk itulah sekarang mulai dari dalam diri sendiri mengetahui uraian bahaya merokok bagi kesehatan tubuh dibawah ini dan inilah beberapa bahaya merokok yang terbagi menjadi 4 :

  1. Penyakit paru paru dan sistem pernapasan yang terganggu. Dampak daripada merokok akan merusak pertama kali organ paru-paru dan sistem pernapasan. Akibat asap rokok terhirup dan masuk ke dalam paru-paru bersama oksigen sehingga mengakibatkan paru-paru mengalami peradangan, bronkitis, pneumomia, Belum lagi bahaya dari zat nikotin yag mengakibatkan sel-sel dalam organ paru paru yag bisa beradampak patal sekali terutama kanker paru paru.
  2. Penyakit impotensi dengan reproduksi menjadi terganggu. merokok bagi sebagian perokok tentu tidak menghiraukan alasan yang satu ini, Tapi, siapa sangka bahwa kecanduan merokok berakibat pada impotensi, ketidaksuburan dan kasus lebih banyak dialami seorang pria atau wanita.
  3. Penyakit lambung. Memang lambung dan penyakitnya itu bisa saja tidak disebabkan oleh bentuk kegiatan merokok, tetapi merokok juga termasuk didalam faktor penyebab penyakit lambung. Menghisap asap rokok memang seperti biasa-biasa saja, tetapi akan terasa lama kelamaan aktifitas otot di sekitar kerongkongan terutama di dekat lambung akan melemah. Otot disekitar saluran pernapasan pun turut melemah sehingga sistem pencernaan makanan menjadi terganggu. Asap rokok yang mengandung bahan kimia juga mengalami peningkatan asam di lambung dan hal itu sangat sulit disembuhkan terutama penyakit tukak lambung. Disinilah arti kesadaran tinggi sangat diperlukan bagi mereka yang kecanduan merokok
  4. Resiko stroke. Risiko besar dari kepulan asap rokok untuk perokok aktif dapat berakibat melemahnya otot-otot di pembuluh darah. Saat pelemahan tersebut terjadi dan kerja pembuluh darah terhambat bisa mengakibatkan serangan radang di otak. Hal demikian yang bisa berisiko serangan stroke mendadak. Walaupun stroke itu tidak diakibatkan faktor lain tapi kandungan nikotin, tar dan karbon monoksida jelas-jelas memicu penyempitan atau kerusakan pembuluh darah.

Mungkin dengan cara yang cukup sederhana di bawah ini mudah-mudahan saja bisa membantu dari ketergantungan dalam merokok diantaranya dengan cara berbeda-beda tetapi tetap dalam satu tujuan antara lain sebagai berikut :

Praktif pikiran tubuh banyak digunakan untuk pengobatan kondisi kronis dan penyakit. Pada umumnya praktik ini sudah terkenal dalam mengobati kecanduan sementara juga meningkatkan kesehatan secara keseluruhan.

Kegiatan ini juga termasuk latihan fisik, yang dipadukan dengan unsur psikis (mental) lainnya dan alami untuk mereka yang ingin sekali bertekad berhenti merokok.

Saat berhenti merokok, efek samping fisik dan emosional dapat menjadi signifikan, Menemukan cara untuk meringankan gejala ketergantungan nikotin rokok termasuk kunci kesuksesan dalam kesehatan.

Latihan-latihan yang memanfaatkan fisik mau pun psikis tersebut tentunya harus diawali dengan niat terlebih dahulu untuk tidak memulai dari kecanduan setiap saat. Berikut beberapa metode dari hasil rangkuman berbagai sumber antara lain :

  • Yoga merupakan salah satu praktik pikiran tubuh yang sangat popoler dimana orang yang yoga bisa mengendalikan tingkat psikis artinya bisa mengelola perasaan stres menjadi lebih positif, menghidari sifat emosional dan menghubungkan pikiran untuk tetap tidak tergantung dari kegiatan yang negatif.
  • Olahraga. rasa ingin sekali menghirup udara kotor rokok, rasa penuh kegelisahan, cemas, emosional dan kenaikan berat badan lainnsering terjadi ketika sering merokok.
  • Berenang untuk meningkatkan detak jantung, berjalan, bermanin tenis dengan teman sebaya, atau kegiatan lain yang disukai akan membantu meredakan gejala-gejala kecanduan.
  • Meditasi perhatian khusus dan fokus. Meditasi yang dikerjakan selama ribuan tahun dan itu sudah ada berabad-abad lamanya. Bahkan orang sering menghubungkan meditasi dengan suatu bentu peribadatan bagi sebagian orang. Meditasi atau bisa saja di sebut dengan ibadah suatu bentuk kegiatan untuk dapat menenangkan pikiran dan memfokuskan diri kepada sang pencipta atas segala yang dianugrahkan.
  • Teknik relaksasi layaknya proses pemijatan baik itu dalam bentuk relaksasi di luar daerah dengan cara berdarmawisata atau lainnya mampu menghiraukan perasaan untuk tidak sama sekali merokok.
  • Hipnose latihan psikologi dan teknik untuk menggerakan ke dalam keadaan konsentrasi dan fokus dimana dan lebih terbuka terrhadap sumber luar. Sangat peting untuk melakukan hipnterapis untuk bisa menghentikan kerteganutngan merokok dan mengubah prilaku menjadi lebih baik lagi.
  • Berlatih bela diri. Ya biasanya di setiap tempat-tempat latihan bela diri orang yang ingin menjadi atlet bela diri diharuskan untuk tidak merokok, mengonsumsi obat-obatan terlarang dan semacamnya dan aturan itu sudah banyak hampir ada di tempat-tempaty latihan bela diri.

 

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.