Apakah Penyakit Radang Lambung Berbahaya ?

makanan untuk radang lambung, obat tradisional radang lambung, radang lambung kronis, penyebab infeksi lambung, makanan untuk penderita infeksi lambung, penyebab radang lambung, cara mengobati radang lambung, obat radang lambung di apotik

Apakah Penyakit Radang Lambung Berbahaya ? Berbahaya atau tidaknya gejala luka lambung dan peradangan pada lambung baik yang terjadi pada kalangan anak-anak maupun kalangan manula memang perlu adanya pencegahan sedini mungkin agar mendapatkan kepastian penyebab dan cara mengatasinya secara maksimal.

Luka dan radang lambung sebagai akibat terjadinya infeksi baik yang berasal dari dalam tubuh seperti adanya kerusakan sebelumnya pada bagian lambung atau diakibatkan karena infeksi dari luar tubuh misalnya infeksi bakteri, parasit dan virus. Perlu di ketahui bahwa infeksi baik dari luar maupun infeksi dari dalam tubuh sehingga mengakibatkan adanya radang lambung cukup berbahaya, maka sudah sepantasnya perlu penanganan baik dari ahli medis dan terapi pengobatan.

Radang lambung pada dasarnya diakibatkan adanya luka infeksi cukup serius sebagai akibat adanya iritasi dan pengikisan pada sel-sel atau enzim lambung. Enzim-enzim ini  memiliki kegunaan cukup penting bagi keberlangsungan pada proses pencernaan makanan di dalam organ lambung yang nantinya akan di salurkan kembali ke sistem pencernaan yang lain. Radang lambung sangat berbahaya sekali jika terlalu berlarut-larut diabaikan karena dengan kondisi semacam itu, berakibat pada keluhan kesehatan yang sampai kronis dan perlu melakukan prosedur operasi.

Jika hal tersebut sangat tidak anda inginkan dalam hal tindakan operasi masih banyak cara yang mesti dilakukan agar senantiasa mendapatkan beberapa cara yang aman. Radang lambung yang terjadi dikarenakan pengikisan sel-sel penghasil asam lambung atau enzim lambung. Dalam melinduni lapisan asam lambung maka kondisi gejala radang lambung atau pengikisan asam lambung dengan banyak sekali gejala yang terjadi sebagai berikut :

■ Rasa perih, nyeri, mual dan panas di area ulu hati.

■ Kehilangan selera makan dan merasa pahit ketika makan.

■ Perut tiba-tiba terasa mengeras saat di tekan dengan jari telunjuk terutama di area seputar perut.

■ Selalu sendawa terus menerus dan cegukan.

■ Mual dan serasa mau muntah.

■ Adanya masalah di area sistem pencernaan.

■ Tingkat Buang air Besar secara terus menerus dengan warna feses menghitam pekat.

■ Ada kondisi lain dengan munculnya kejadian muntah darah akibat luka di lambung.

■ Sakit maag secara berlarut-larut sekitar seminggu lebih, terus menerus Buang Air Besar dan muntah darah. Maka hal ini terjadi harus segera temui dokter atau spesialis terkait dengan kondisi tersebut.

Berikut yang menjadikan terjadinya berbagai gejala radang lambung itu terjadi baik kepada kalangan anak-anak maupun kalangan dewasa antara lain :

■ Infeksi akibat bakteri yang lebih umum H. Pylori.

■ Efek samping pengunaan obat-obatan tertentu seperti obat antiinflamasi non stroid dan obat-obatan yang lainnya.

■ Penyalahgunaan obat-obatan terlarang dan alkoholisme.

■ Dampak dari kelemahan daya tahan tubuh sehingga tubuh termasuk sistem pencernana mudah terinfeksi.

■ Faktor usia.

■ Penyakit Crohn dan penyakit HIV/AIDS.

■ Refluks Empedu.

■ Stres dan depresi termasuk adanya gangguan pada sistem saraf seperti alzheimer, epilepsi, parkinson dan penyakit degeneratif lainnya.

■ Muntah yang sangat parah dengan adanya darah.

■ Kekurangan darah alias anemia.

■ Dehiderasi berkepanjangan.

■ Infeksi bakteri, jamur, virus, dan cacing.

Pemeriksaan Penyakit Radang Lambung

Beberapa pemeriksaan akan dilakukan oleh ahli medis dalam menemukan terapi yang dapat memulihkan kondisi radang lambung baik yang terjadi pada anak-anak atau pun kalangan dewasa. Beberapa pemeriksaan berikut di bawah ini akan dapat membantu memulihkan kondisi tubuh dari infeksi bakteri atau pun virus yang masuk ke dalam organ lambung.

Tes Nafas. Memerlukan adanya tes nafas dari seseorang yang tengah menderita sakit radang lambung atau luka lambung termasuk sakit maag kronis dan maag akut. Melalui tes ini diharapkan akan dapat membantu menemukan jenis infeksi bakteri terutama bakteri H. Pylori. Endoskopi guna melihat adanya tanda-tanda peradanga di dalam lambung pemeriksaan ini terkadang di padukan dengan pengambilan sampel jaringan pada daerah yang dicurigai mengalami radang untuk kemudian di diagonisia lebih lanjut di laboratorium.

Pemeriksaan X ray. jenis metode penanganan ini bertujuan melihat adanya cairan dan keberadaan bakteri H Pylori. Tidak hanya itu meneliti tentang kondisi feses yang berwarna hitam pekat ada atau tidaknya di dalam alat medis.

Pemeriksaan kadar sel darah dalam menelaah apakah pasien menderita anemia atau tidak.

Cara Mencegah dan Mengobati Radang Lambung Baik Pada Anak-Anak Atau Kalangan dewasa

Apabila anda rentan dengan gejala radang lambung, biasakan untuk selalu tidak mengonsumsi makanan yang tidak diperbolehkan oleh organ lambung. Sebisa mungkin untuk selalu mengonsumsi makanan yang serba mudah di cerna tidak mengandung asam tinggi tidak pedas berlebihan dan tidak mengandung makanan yang serba instan atau makanan berbahan kimia.

Apabila anda mengonsumsi ketergantungan obat-obatan tertentu seperti obat anti inflamasi non stroid maka hal yang tidak boleh anda lakukan adalah memakanannya. Jika kondisi ini diakibatkan anda terlalu stres dan beban pekerjaan sehingga menjadikan anda bekerja keras termasuk sistem pencernaan maka anda sebaiknya untuk selalu menyegarkan diri dan menenangkan pikiran.

Gejala penyakit gastritis bisa reda jika ditangani sesuai prosedure. Terdapat beberapa obat yang umummnya diresepkan oleh ahli medis antara lain :

○ Obat penghambat histamin 2 (H2 blocker). Obat ini mampu meredakan gejala gastritis dengan cara menurunkan produksi asam di dalam lambung. Salah satu contoh ○ obat penghambat histamin 2 adalah ranitidine.
○ Obat penghambat pompa proton (PPI). Obat ini memiliki kinerja yang sama seperti penghambat histamin 2, namun lebih efektif. Salah satu contoh obat penghambat pompa proton adalah omeprazole.

○ Obat antasida. Obat ini dapat membantu meredakan gejala gastritis (terutama rasa nyeri) secara cepat dengan cara menetralisir asam lambung.
○ Obat antibiotik. Obat ini diresepkan pada penderita gastritis yang kondisinya dikenali diakibatkan oleh infeksi bakteri. Contoh obat antibiotik adalah amoxicillin, clarithromycin, dan metronidazole.
Komplikasi Gastritis

Komplikasi akibat gastritis bisa saja terjadi jika kondisi tersebut tidak diobati. Beberapa di antaranya adalah:

Tukak lambung
Pendarahan di dalam lambung
Kanker lambung.

Demikian tentang penyakit soal perntanyaan apakah penyakit radang lambung berbahaya atau tidak. Mudah-mudahan uraian kali ini bisa memberikan gambaran yang baik dan bermanfaat untuk para pembaca sekalian.

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *