Edisi Terbatas Khusus Untuk Hari Bisa Kirim Barang Dulu Transfer Bayar Setelah Barang Diterima

Klik =>>> GO-SEND GRAB

   

Apa Saja Perbedaan Manfaat Madu Hutan dengan Madu Ternak ?

Masih mengenai pembahasan seputar madu karena sebelumnya membahas mengenai cara minum madu sebelum atau sesudah makan memang aman saja untuk langsung di minum.

Dalam hal ini banyak yang menanyakan apa saja perbedaan manfaat madu hutan dengan madu ternak ? Tentu sangat berbeda sekali, hal itu tidak asal-asalan karena madu ternak dengan madu hutan, berdasarkan banyak sekali yang membedakan mana madu hutan dan mana pula madu ternak.

Pada dasarnya madu memiliki manfaat dan keunggulannya, baik itu madu hutan dan madu ternak sekali pun manfaatnya sangat banyak sekali. Manfaat madu hutan dengan madu ternak bisa dirasakan ketika mencoba meminumnya dan hal itu terdapat beberapa perbedaan baik dari segi rasa, aroma dan kualitas madu itu sendiri.

Disebabkan kebutuhan madu yang sangat tinggi untuk di zaman modern, sekarang ini banyak mengenal khasiat alami dari sumber zat gizi lengkap madu. Informasi yang sudah sangat berkembang pesat menyajikan sarana informasi secara akurat tentang keunggulan yang bisa di dapat dengan mengkonsumsi madu.

Semua kalangan masyarakat berbondong bondong ingin merasakan keunggulan khasiat mujarab madu asli, sehingga banyak yang mencari dan berburu madu baik itu dengan cara melakukan ternak lebah untuk di ambil madunya atau pun dengan jalan pergi ke hutan untuk mencari sarang lebah.

Madu hutan lebih banyak hidup di batang dan dahan pohon besar lagi sangat tinggi sehingga memungkinkan manusia untuk susah sekali dalam mencapainya. Madu hutan tersebar hampir di hutan-hutan yang jarang sekali di jamah oleh manusia.

Mengapa khasiat madu hutan lebih tinggi dibandingkan madu ternak ? berikut ulasannya

Perpedaan khasiat madu hutan dengan madu ternak terletak pada tempat pembuatannya, nektar (makanan alias sari makanan pada bunga), perbedaan kandungan madu, beda harga, beda khasiatnya serta kualitasnya.

Padahal selama ini kita lebih mengenal madu hutan bila dibandingkan dengan madu ternak, namun hal itu ternyata madu ternak pun sama memiliki khasiat dan keunggulan yang membedakannya dengan madu hutan.

Nah, terlintas dalam pemikiran bahwa madu hutan sudah barang tentu menghasilkan sumber alami karena memang hutan memberikan manfaat alaminya untuk sarang lebah khususnya pada batang pohon dan sarang lebah di hutan-hutan.

Hal yang menjadikan pembeda antara madu hutan dengan madu ternak itu berdasarkan kandungan berupa komposisi yang dimiliki oleh lebah hutan dan lebah yang diternakan. Madu hutan memiliki sarang lebah khusus di hutan pedalaman dan batang pohon sementara madu ternak di buat oleh manusia berupa kotak kayu khusus yang memungkinkan adanya madu hinggap ke kota kayu tersebut.

Diantara perbedaan selanjutnya bahwa paling banyak dilakukan hasil penelitian bahwa madu hutan memiliki kandungan Propolis dan Bee Pollen yang hanya terdapat pada madu yang menghasilkan secara alami di hutan.

Kandungan antioksidan dalam madu hutan sangat banyak sekali sehingga membedakan antara madu hutan dengan madu ternak. Selain itu, madu hutan biasanya lebahnya itu bersifat liar, ganas dan bisa menyengat siapa saja sedangkan madu ternak umumnya boleh saja dikatakan baik hati, tidak ganas, tidak liar dan tidak menyengat untuk beberapa spesies saja.

Perbedaan manfaat madu hutan dengan Madu Ternak

Nah, meski pun madu itu banyak sekali manfaat tetapi perlu dipahami pula jika madu itu memiliki perbedaan yang sangat banyak dari segi khasiatnya. Perbedaan manfaat madu hutan dengan madu ternak pada intinya terletak dari segi kandungan yang terdapat pada madu itu sendiri.

Kandungan yang sudah dijelaskan diatas yang mana madu hutan manfaatnya lebih besar dibanding manfaat madu ternak karena madu hutan memiliki zat biologis pengobatan alami berupa Propolis dan Bee Pollen bersama antioksidan tinggi. Sementara madu ternak tidak memiliki kandungan Propolis dan Bee Pollen sama sekali dan kalau pun itu ada hanya sedikit saja tidak seperti madu hutan banyak kandungan manfaatnya.

Demikian juga kandungan madu ternak sangat berbeda dengan madu hutan karena secara umum lebah hutan lebih banyak hidupnya di hutan sedangkan madu ternak boleh hidup di daerah sekitar manusia.

Namun, kini habitat lebah hutan penghasil madu terancam punah akibat dari eksploitasi sumber daya alam yang secara berlebihan mengakibatkan pohon tempat sarang lebah hancur dan musnah. Kini lebah hutan lebih senang bermigrasi ke daerah pemukiman dan yang terdekat dengan lingkungan manusia.

Kendati pun tempat tinggal lebah itu berbeda ada yang di hutan tetapi kebanyakan lebah ternak pun di buat di daerah hutan yang jaraknya hampir dekat dengan pemukiman. Sementara itu, madu hutan kebanyakan hidup di tengah pedalaman hutan sehingga sukar dalam mencarinya. Masih dalam bahasan lebah madu yang mana kedua lebah sama-sama menghasilkan madu dan berasal dari berbagai wilayah hutan.

Di lihat dari vegetasi sumber makanan lebah (nektar) yang dihasilkan dari bunga, maka lebah hutan akan menghasilkan madu yang multiflora artinya dari berbagai jenis bunga, sementara madu ternak menghasilkan madu yang monoflora berarti hanya beberapa jenis bunga saja.

Lebah ternak untuk nektar atau sumber makanannya, maka lebah ternak menghasilkan madu bunga randu, madu bunga pohon karet, madu bunga kopi, madu bunga sonokeling, madu bunga kelangkang, madu bunga pohon durian, madu bunga jeruk dan madu bunga stroberry.

Yang menjadikan perbedaan sumber asal nektar (makanan lebah) sehingga menjadi perbedaan dari segala bentuk manfaat yang diperoleh. Madu ternak dengan madu asli yang membedakan diantaranya dari proses kristalisasi madu, sebab madu hutan asli sangat lama menjadi kristal karena kandungan air yang cukup tinggi.

Walaupun kandungan air cukup tinggi pada madu lebah hutan ini tidak mudah encer sama sekali dari tektursnya sementara madu mentah ternak meski pun belum di olah akan menjadi kental begitu saja mengkristal dengan sendirinya.

Karakteristik dan tekstur kekentalan dari madu hutan akan memiliki warna yang gelap keruh akibat proses alamiah karena terkandungan propolis, bee pollen dan royal jelly. Meski pun sudah diproses sedemikian rupa, madu hutan bersama kandungannya tidak dapat dipisahkan .

Nah, berkaitan dengan yang sudah dijelaskan sebelumnya mengenai perbedaan manfaat dari segi karakteristik, kandungan, dan habitatnya, maka yang selanjutnya perbedaan jenis lebah. Seperti yang sudah diterangkan bahwa memang baik itu lebah hutan atau lebah ternak sama-sama berasal dari hutan meski pun lebah ternak tidak hidup di hutan pedalaman yang liar.

Spesies lebah hutan dengan nama ilmiah Apis Dorsata akan berbeda dengan lebah ternak Apis Trigona, Apis Cerana, Apis Melifera dan sebagainya. Jenis pembeda antara lebah hutan dan lebah ternak diantaranya lebah hutan biasanya memiliki tubuh yang lebih besar dibandingkan dengan lebah ternak (lebah biasa).

Yuk mari simak ulasan artikel berhubungan : Cara Minum Madu Baik Sebelum atau Sesudah Makan ?

 

 

 

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *