Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Amankah Ibu Menyusui Minum Air Rebusan Daun Sirsak

Jika sebelumnya membahas mengenai bolehkan ibu hamil muda minum air rebusan daun sirsak dan kali ini dengan kasus yang sama mengenai pernyataan amankah ibu menyusui minum air rebusan daun sirsak ?

Daun sirsak mempunyai banyak nama khususnya digunakan terutama pada pengobatan tradisional berbagai jenis keluhan kesehatan dari mulai keluhan ringan hingga obat kanker sekali pun. Tanaman sirsak memiliki nama berupa nama Graviola, Guanabana, Annoma Muricata dan sebagainya.

Pengobatan tradisional dengan daun sirsak hingga sampai sekarang sudah terbukti nyata dan hasil kajian berlangsung hingga sampai saat ini yang mana berkaitan dengan kandungan acetogenins annonaceous yang terdapat pada daun, biji bahkan buah sirsak.

Dalam hasil sebuah penelitian di lab farmasi bahwa kandungan tersebutkan di atas mampu mencegah pertumbuhan sel kanker. Maka dengan alasan lain pula bahwa daun sirsak baik di konsumsi melalui racikan rebusan air atau suplemen bermanfaat untuk pengobatan kanker.

Sesudah mengetahui akan manfaat daun sirsak untuk kanker, sepertinya sangat butuh konsultasi dengan ahli medis sebelum konsumsi daun sirsak. Terutama bagi kalangan wanita hamil dan ibu menyusui supaya bisa melakukan konfirmasi sebelum konsumsi atau minum ramuan daun sirsak.

Bagaimana apa amankah ibu menyusui minum air rebusan daun sirsak ?

Banyak sekali manfaat yang bisa di dapat dari efektivitas konsumsi air rebusan daun sirsak terutama untuk kalangan wanita yang sedang menyusui diantara mampu memperlancar produksi ASI (Air Susu Ibu). Daun sirsak mempunyai khasiat untuk memperlancar ASI bagi ibu yang baru anaknya masih kecil.

Banyak beberapa ahli menerangkan jika kandungan nutrisi ASI lebih besar dibanding jenis susu lain. Sehingga dianjurkan untuk memberikan ASI untuk bayi baru lahir hingga usia 6 bulan secara ekslusif.

Kandungan daun sirsak terdapat beberapa senyawa kimia  positif yang memberikan nutrisi untuk kesehatan. Melalui berbagai teknik pengolahan yang sesuai, maka daun sirsak ini bisa menjadi jalan alternatif dalam hal pengobatan herbal yang aman untuk kalangan wanita khususnya sedang menyusui bayinya.

Ekstrak daun sirsak mempunyai banyak kandungan pengobatan herbal karena kandungan senyawa kimia organik dengan keragaman nutrisi tertinggi khususnya anti oksidan dan anti bakteri yang terbukti membunuh sel kanker secara mudah.

Kandungan nutrisi tesebut diantaranya riboflavin, niacin, trythopan, metionin, lysine, rotein, lemak, karbohidrat, serat dan vitamin A. Mendapatkan manfaat daun sirsak untuk kalangan ibu menyusui memang sangat dibutuhkan bahkan selama masa kehamilan. Kandungan daun sirsak mempunyai fungsi yang sama dengan daun katuk, diantaranya menstimulant produksi ASI ketika masa kehamilan.

Ketika bayi lahir ke alam dunia bisa mendapatkan cairan colostrum nutrisi ASI yang dikeluarkan untuk pertama kali ibunya. Colostrum pada ASI ibu mampu meningkatkan daya tahan tubuh anak  dan berpengaruh besar dalam membantu perkembangan organ tubuh bayi yang baru lahir.

Air rebusan daun sirsak meningkatkan produksi ASI ibu menyusui dianjurkan untuk mengkonsumsi lebih banyak lemak tak jenuh tunggal diantaranya terkandung dalam ekstrak daun sirsak. Akan tetapi, wanita hamil dan ibu menyusui harus mengindari asupa makanan berlemak kaya kolesterol tinggi.

Kandungan senyawa yang di kenal dengan nama Galactogogue dalam ekstrak daun sirsak dimanfaatkan untuk meningkatkan dorongan keluarnya ASI.

Ekstrak daun sirask dapat meningkatkan mencukupi kebutuhan energi harian sang ibu

Masih banyak keunggulan daun sirsak terutama untuk kalangan wanita yang sedang menyusui anaklnya. Dengan minum air rebusan daun sirsak pasca melahirkan dapat mengembalikan energi pasca persalinan berlangsung.

Berbagai kandungan bahan herbal yang bermanfaat dari ekstrak daun sirsak bermanfaat untuk ibu menyusui terutama kandungan nutrisi cukup lengkap dan bisa memenuhi energi harian saat menyusui anaknya.

Dengan adanya minum air rebusan daun sirsak bagi ibu menyusui dapat mencegah munculnya kondisi depresi yang sering terjadi atau bahkan tingkat emosional ketika hamil dan pasca persalinan wanita.

Kandungan senyawa alkaloid, yakni asimilobine, nornuciferine, dan annonaine yang dapat menghambat pengambilan serotonin yang menjadi pemicu terjadinya depresi pada otak.

Nah, berkenaan dengan hal yang sudah dijelaskan di atas bahwa pernyataan amankah ibu menyusui minum air rebusan daun sirsak ?  Hal ini boleh saja di konsumsi minuman herbal tersebut asalkan berdasarkan aturan dan anjuran ahli medis sehingga memerlukan konfrmasi terlebih dahulu sebelum di minum air rebusan daun sirsak.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.