Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Alasan Penting Imunisasi Campak dan Rubella (Vaksin MR) untuk Anak

Sudah tahukah anda sebagai orang tua apa itu penyakit campak dan penyakit rubella yang bisa menyerang anak kecil ?

Penyakit campak dan rubella bukan penyakit langka itu sebabnya tidak hanya terjadi di negeri ini saja, melainkan sudah mewabah ke semua wilayah di dunia.

Mungkin kedengarannya campak dan rubella terkesan disebabkan oleh virus dan memang benar sekali, jika campak dan rubella itu terjadi karena virus sebagai salah satu pemicu utamanya. Penyakit ini bisa menular sehingga memerlukan perawatan secepatnya agar tidak mudah menyebar ke orang terdekat.

Tidak hanya dialami oleh kalangan anak-anak, kasus penyakit campak dan rubella juga bisa terjadi bagi sebagian kecil kalangan dewasa. Penyakit ini menjangkit beberapa kalangan khususnya anak-anak dalam kurun waktu cukup lama.

Sampai saat ini sangat susah sekali menemukan jenis obat dan perawatan yang cukup baik dalam membantu menyembuhkan kedua penyakit tersebut. Biasanya penyakit campak dan rubella dapat dicegah perkembangannya melalui kegiatan imunisasi atau vaksinasi campak dan rubella yang populer sekarang ini dinamakan VAKSIN MR.

Penyakit campak dan rubella banyak orang membicarakan akhir-akhir ini dikarenakan terdapat kasus serupa yang disiarkan di media publik atas kasus terjangkitnya penyakit campak dan rubella pada kalangan balita.

Sangat menjadi kehawatiran tersendiri bagi orang tua terhadap balita yang masih kecil dan lucu imut menggemaskan itu bisa terjangkit penyakit sehingga tentunya membuat kalangan orang tua sedih sekali.

Sebenarnya pada kebanyakan kasus penyakit campak dan rubella itu tidak berdampak pada kematian, namun perlu diwaspadai “anak yang masih dalam perkembangan sistem daya kekebalan tubuhnya itu sangat berisiko melemahkan sistem imun si anak.

Dengan adanya vaksin ditujukan sebagai upaya dalam merangsang kekuatan sistem daya tahan tubuh anak dari serangan virus campak dan rubella khususnya.

Apa itu Imunisasi campak dan Rubella?

Imunisasi campak merupakan usaha dalam melemahkan infeksi virus campak khususnya jenis campak mobillivirus campak terhadap kesehatan anak.

Melalui kegiatan program imunisasi campak baik dilingkungan masyarakat atau pun langsung kepada kalangan spesialis anak supaya ada usaha pencegahan anak dari jenis penyakit tersebut.

Pada umumnya kalangan anak-anak lebih rentan sekali mengalami infeksi penyakit campak. Penyakit campak untuk sifatnya ada yang ringan gejalanya, sedang hingga campak cukup serius dan memerlukan penanganan secepat mungkin.

Sementara itu, apa yang dimaksud dengan penyakit rubella atau campak jerman? kenapa rubella disebut campak Jerman?

Meskipun dari namanya tertulis “campak jerman” bukan berarti berasal dari negara Jerman wabah penyakit ini. Rubella atau campak Jerman ialah sejenis campak tapi pada tingkatan lebih parah dan umum menjangkit kalangan orang di usia muda seperti balita dan anak usia diatas 5 tahun.

Penyakit rubella diakibatkan oleh infeksi virus rubella dan bisa mewabah ke semua orang dengan sangat mudah. Faktor pemicu tertularnya penyakit ini bisa saja melalui butiran liur atau dahak anak saat bersin dan batuk dari jalur udara ke pernapasan orang terdekatnya.

Makanan dan minuman atau benda yang sering dipakai penderita campak dan rubella  tidak boleh dipakai kembali bagi orang terdekatnya misalnya oleh orang tua. Sebab gejala umum dari campak dan rubella akan terjadi ruam-ruam merah dan bintik-bintik dari sekujur badannya seperti layaknya cacar air.

Anak anda yang tertular dan terinfeksi perlu dilindungi segera dari serangan penyakit ini dengan alasan penting imunisasi campak dan rubella (vaksin mr) untuk anak sekaligus terutama di lingkungan masyarakat.

Pemerintah pusat, dan ikatan dokter seluruh Indonesia mencanangkan program wajib imunisasi sudah semenjak dulu. Kini adanya imunisasi program wajib imunisasi campak dan rubella membantu masyarakat supaya memahami arti pentingnya imunisasi bagi kesehatan anak anak.

Vaksin MR adalah kombinasi sekaligus dari pemberian vaksin Campak (Measles) dan Rubella (R). Adapun vaksin MMR berupa vaksin yang terdiri dari 3 komponen vaksin yaitu Mumps (gondongan), Measles (campak) dan Rubella.

Tujuan diadakannya vaksin MR (vaksin campak dan rubella) diantaranya diberikan untuk anak-anak dalam rangka pencegahan penyakit yang terjadi akibat infeksi virus campak dan rubella (campak jerman).

Campak dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh si kecil sehingga faktor gejala yang timbul berupa demam tinggi, ruam-ruam merah di kulit, pilek, batuk, mata merah serta berair.

Penyakit campak kerap kali memicu komplikasi serius seperti infeksi telinga, diare, gizi buruk, pneumonia, kerusakan otak, pengapuran otak hingga cacat lumpuh tidak mampu berjalan.

Sama halnya dengan jenis campak jerman alias Rubella merupakan salah satu infeksi virus yang mengakibatkan demam, sakit tenggorokan, ruam-ruam merah di sekujur badan, sakit kepala, mata merah dan gatal..

Diberlakukannya vaksin MR di negara ini sebagai wujud kepedulian pemerintah dan semua yang turut andil untuk peningkatan sektor kesehatan masyarakat.

Jelas sekali diatas bahwa uraian mengenai manfaat vaksin MR itu sangat dipentingkan untuk sekarang ini. Maka dari itu, berikut dibawah ini alasan pentingnya mengikuti program pemerintah berupa imunisasi campak dan rubella di lingkungan sekitar atau kepada dokter langsung.

Imunisasi campak dan rubella sebagai cara yang sangat efektif dalam melindungi diri pribadi dan perlindungan keluarga. Imunisasi bekerja dengan merangsang sistem kekebalan tubuh untuk melawan infeksi penyakit tertentu.

Apabila orang yang divaksinasi bersentuhan dengan penyakit tersebut, maka sistem kekebalan tubuhnya mampu merespons dengan lebih efektif dan efisien.

Imunisasi mampu mencegah penyakit berkembang dan mengurangi tahap gejala serius. Maka dari itu, imunisasi adalah alat pencegahan yang aman sekaligus perlindungan seseorang dari serangan penyakit terutama campak dan rubella.

Alasan Penting Imunisasi Campak dan Rubella (Vaksin MR) untuk Anak

 

 

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.