Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

√ Belasan Khasiat Jahe Yang Selama Ini Dirahasiakan dan Terkuak Faktanya

Jahe? Bukannya Jahe Itu Hangat dan Pedas ? Kenapa Banyak Orang yang Suka dengan Jahe? Berikut Fakta Hasil penelitian yang menjelaskan

Belum banyak yang mengetahui akan khasiat-khasiat lain dari rimpang jahe, sebab para ahli hingga sampai saat ini masih sedang melakukan perkembangan riset terkait khasiat jahe dan jenis rimpang lainnya.

Sudah dari dulu, bahkan mungkin berabad-abad lamanya orang mengetahui jika jahe itu sendiri sangat berkhasiat terlebih untuk dijadikan bahan ramuan. Namun, orang-orang kebanyakan lebih menggunakan jahe sebagai bahan bahan campuran bumbu masakan saja, padahal jahe adalah ramuan.

Jahe, sangat dikenal dalam istilah lain Zingiber Officinale, merupakan tanaman berbunga yang berhubungan erat dengan kunyit dan kapulaga. Batang bawah tanah, atau rimpang dari tanaman jahe biasanya dikenal sebagai akar jahe dan terkenal karena sifat obatnya.

Hal demikian juga didapatkan dalam bentuk serbuk, kapsul, cairan dan semacamnya atau dibuat menjadi minyak atsiri jahe dan hal itu terkait dengan daftar ekstensif manfaat jahe.

Riset perkembangan dalam penelitian para ahli meyakini sejumlah manfaat yang dirahasiakan selama ini dan kali ini kita akan mengupas lebih dalam lagi mengenai khasiat jahe sekian lama baru terbongkar faktanya.

Dari memerangi infeksi hingga menurunkan kolesterol dan meningkatkan penurunan berat badan, jelas bahwa menambahkan rimpang jahe ke dalam diet harian dapat memiliki efek yang kuat pada kesehatan.

Nutrisi Jahe

Diantara beragam jenis jahe ada banyak perbedaan dari segi khasiatnya tetapi nutrisinya pun boleh jadi sama berdasarkan sumber riset para ahli dibawah ini.

100 gram (sekitar 3,5 ons) jahe mentah mengandung sekitar :

  1. Kandungan kalori
  2. Protein
  3. Karbohidrat
  4. Lemak
  5. Serat Makanan
  6. Potasium
  7. Tembaga
  8. Mangan
  9. Magnesium
  10. Vitamin C
  11. Vitamin B6
  12. Niacin
  13. Fosfor
  14. Zat besi
  15. Tembaga.
  16. Kalsium.
  17. Seng
  18. Asam pantotenat
  19. Riboflavin
  20. Thiamin

Perlu diingat jika kebanyakan orang mengonsumsi sebagian kecil jahe, sehingga mengombinasikan dengan berbagai makanan padat nutrisi lainnya untuk memenuhi kebutuhan mikronutrien.

Terdapat beberapa jenis jahe yang populer di Indonesia dan mempunyai khasiat cukup besar terutama dimanfaatkan untuk bahan ramuan atau jamu antara lain :

  • Jahe Emprit

Jahe emprit mempunyai kandungan minyak atsiri paling besar dibandingkan dengan jahe yang lain, yakni sekitar 1,7-8% jahe kering. Minyak atsiri juga biasa kita kenal dengan minyak esensial atau aromatik yang sangat mudah menguap. Jahe emprit ini paling sering digunakan sebagai rempah-rempah memasak dan campuran jamu.

  • Jahe Gajah (jahe Badak)

Dari namanya itu terlihat jelas kalau jahe gajah tentu memiliki ukuran sangat besar, tepat sekali. Jahe gajah mempunyai ruas rimpangnya jauh lebih menggembung dibanding jenis jahe lainnya. Warna dagingnya cenderung putih kekuningan, sehingga tak jarang orang menyebut jahe gajah sebagai kunyit, padahal itu tidak sama.

Disebabkan mengandung minyak atsiri rendah dari jahe emprit, maka untuk cara pengolahan biasanya industri mengolahnya untuk bahan permen jamu, atau biasa pula untuk bahan masakan.

  • Jahe merah

Dikarenakan tumbuh pada bulan-bulan tertentu saja, jahe merah termasuk cukup langka, itu karenanya harganya juga jauh lebih mahal dibandingkan dengan jahe emprit dan jahe gajah. Kendati demikian, jahe merah tetap banyak dimanfaatkan dan dicari bagaimana pun.

Ciri-ciri jahe merah ini adalah warna rimpangnya yang kemerahan, berserat kasar, dengan ukuran jauh lebih kecil dibanding jahe lain.

Unsur minyak atsiri yang terkandung dalam jahe merah tidak kalah tingginya dari jenis jahe yang lain yaitu sekitar 2,58-90% dari berat kering, sehingga rasanya sangat pedas. Itu sebabnya jahe merah lebih sering dimanfaatkan sebagai bahan utama pembuatan minyak jahe dan obat obatan oleh para produsen.

Berlainan dengan jenis jahe dari luar negeri ada komoditas paling terkenal sekarang ini dari beberapa negara khususnya mengenai jahe antara lain sebagai berikut :

  • Jahe India

Kendati pun jahe itu tumbuh banyak di beberapa wilayah di India, ada 2 varietas yang tumbuh di negara bagian barat daya. Menurut paling populer diantara jenis jahe di India adalah Cochin Jahe dan Calicut Jahe.

Cochin jahe secara luas dianggap sebagai salah satu yang paling terbaik di dunia, dengan harga premium, sebab rasanya yang seperti lemon, kandungan serat yang sangat rendah dan kadar air yang cukup tinggi.

Pasar utama untuk jenis jahe adalah Timur Tengah (khususnya Arab Saudi), Amerika Serikat, Inggris dan Belanda.

Peningkatan permintaan jahe di India ditambah dengan penurunan produksi domestik menjadikan India menjadi pengimpor netto. India merupakan produsen dan konsumen jahe terbesar di dunia.

  • Jahe jamaika

Tidak kalah populernya juga dari jahe India, sebagai paling terbaik di dunia. Jahe jamaika mempunyai aroma cukup kuat dan rasa yang lembut seperti kayu ekaliptus. Jahe jamaika biasanya dimanfaatkan dalam membuat campuran bir jahe Jamaika yang terkenal secara internasional. Produksi terpusat sekitar paroki St.Ann di pantai utara pulau.

  • Jahe Cina

Jahe Cina biasanya berbeda dari jahe India dan cenderung kandungan serat banyak. Pada umumnya jahe cina di ekspor ke jepang. China bersaing dengan India untuk menjadi produsen terbesar jahe di dunia.

  • Jahe Australia

Meskipun Australia tidak termasuk dalam produsen jahe terbesar, namun jahe Australia tumbuh dan mempunyai aroma seperti lemon dan pohonnya cukup tinggi dibandingkan jahe pada umumnya.

Jahe Australia yang menjadi komoditas masyarakat Australia bertempat di wilayah Coast Queensland dan banyak diekspor, mempunyai cita rasa yang bersih dan renyah.

  • Jahe Nigeria

Nigeria menjadi wilayah terbesar di dunia dibawah bidudaya jahe namun hanya menempati urutan kelima untuk produksi menurut statistik tahun 2007. Banyak jahe nigeria yang dimanfaatkan dalam distilasi minyak esensial dan ekstraksi oleoresin untuk penyedap dan bumbu.

Dua varietas jahe nigeria yang mendominasi prouksi jahe pasar dunia adalah Tafin Giwa, rimpang kekuning-kuningan, dan Yatsun Biri, rimpang hitam atau lebih gelap yang lebih kecil. jahe nigeria sangat diakui pasar dunia karena kandungan dan oleoresinnya yang cukup besar.

Khasiat dan keunggulan jahe itu hingga kini dirahasiakan dan baru setelah ini terbongkar faktanya

1. jahe bisa mencegah pertumbuhan kanker

Diantara manfaat jahe yang paling mengesankan adalah sifat anti kankernya, berkat kehadiran senyawa kuat yang disebut 6-gingerol.

Menurut penelitian jika rimpang jahe mampu mencegah pertumbuhan dan perkembangan sel kanker yang meliputi kanker ovarium, kanker pankreas, dan kanker prostat.

2. Jahe mampu meringankan penderita menstruasi tidak lancar

Keluhan rasa sakit, kram dan sebagainya itu bisa terjadi akibat menstruasi pada wanita yang tidak normal. Di sisi lain, terdapat beragam jenis obat yang dijual bebas terutama obat genertik dalam membantu meredakan gejala menstruasi atau keputihan abnormal. Pengobatan alami seperti halnya menggunakan jahe dapat membantu mengurangi gejala yang terjadi pada periode menstruasi.

Salah satu studi menunjukan dalam Journal Alternatif dan Medicine Complemen bahwa jahe mengurangi nyeri haid sama efektifnya dengan obat seperti ibuprofen dan asam mefamic.

3. Jahe bisa membantu dalam mengontrol kadar gula darah (diabetes)

Gula darah tinggi dapat mengakibatkan banyak gejala negatif, dari sering buang air kecil terus menerus hingga sakit kepala (termauk migrain) dan peningkatan rasa haus berlebihan.

Peneliti memperoleh bukti bahwa jahe membantu mendukung gula darah normal untuk mencegah efek samping yang serius. Dalam satu studi 2015, suplemen jahe sebenarnya mengurangi gula darah hingga 12 % dari meningkatkan kontrol gula darah jangka panjang hingga 10 persen.

4. Membantu mengobati mual

Jahe yang dimanfaatkan secara tradisional untuk penyembuhan keluhan pada wanita hamil berupa mual, muntah, jahe juga biasanya dimanfaatkan untuk mencegah masuk angin terutama ketika sedang bepergian jauh.

5.Mencegah infeksi jamur dan virus

Infeksi jamur mengakibat berbagai sumber penyakit luar tubuh, contohnya sering merasakan gatal-gatal pada kaki atlet. Luar dugaan, jika jahe membantu mematikan jamur pemicu penyakit karena sifat anti jamurnya yang cukup kuat.

6. Jahe bisa membantu meredakan nyeri otot dan nyeri persendian

Disebabkan kemampuan dalam mengurangi peradangan, menambahkan jahe ke dalam diet harian bisa membantu mengobati masalah nyeri otot dan nyeri persendian berlangsung.

7.Membantu melindungi terhadap tukak perut

Ulkus lambung merupakan luka yang bisa menyakitkan yang terbentuk di lapisan lambung dan mengakibatkan gejala seperti gangguan pencernaan, kelelahan, nyeri ulu hati dan ketidaknyamanan perut. Maka oleh sebab itu, jahe sesuai hasil riset bisa membantu mengurangi gejala ulkus di perut alias peradangan.

8.Jahe bisa membantu menurunkan kadar kolesterol jahat

Dari memproduksi empedu hingga pembentukan hormon-hormon dalam tubuh, kolesterol sangat penting untuk kesehatan secara keseluruhan. Akan tetapi, kadar kolesterol yang tinggi bisa menumpuk di dalam darah, mengakibatkan penyumbatan dan meningkatkan risiko penyakit jantung.

9. Meningkatkan fungsi otak dari kandungan jahe

Kondisi neurodegeneratif seperti Alzheimer dan parkinson sudah dihubungkan dengan stres oksidatif dan peradangan kronis di otak. Dengan kekayaan antioksidan dan sifat anti inflamasi yang cukup, jahe diyakini memainkan peran penting dalam kesehatan otak.

10.Memblokir perkembangan infeksi bakteri

Berbeda dengan infeksi jamur, infeksi bakteri ini bisa mnyerang organ-organ dalam tubuh seperti halnya memicu infeksi pada saluran pernapasan, infeksi saluran kemih hingga paru-paru atau bronkhitis.

11. Mempu merdakan peradangan

Kendati memang peradangan bisa pulih seperti sedia kala, respons imun yang sehat terhadap cedera dan infeksi, peradangan kronis dipercaya dapat menyumbang utama dalam masalah penyakit jantung, obesitas dan diabetes atau bahkan kanker.

Salah satu ulasan dalam Internasional Journal Of Preventive Medicine mencatat bahwa ekstrak jahe dapat membantu menghambat sintesis penanda-penanda peradangan tertentu. Selain gingerol, itu juga mengandung senyawa anti inflamasi lain seperti shogaol, paradol dan zingerone.

Terdapat kemampuan lain bahwa manfaat jahe termasuk mencegah pembekuan darah (sehingga mengurangi potensi serangan jantung) karena asam lami yang terdapat didalamya bisa mengencerkan darah.

12. Jahe membantu untuk meningkatkan pencernaan yang baik bagi tubuh

Satu diantara manfaat jahe kebanyakan ialah mampu mendukung kesehatan bagi sistem pencernaan makanan. Mencegah permasalahan seperti dispepsia, nyeri ulu hati, perut mual dan muntah dan rasa tidak nyaman di perut.

Nah, itulah beberapa hasil kajian ilmiah yang dilakukan oleh para ahli terkait adanya belasan khasiat dan kandungan serta manfaat jahe bagi kesehatan.

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.